16:00 . Musrenbangkab Pemkab Bojonegoro Susun Arah Kebijakan Daerah 20 Tahun ke Depan   |   13:00 . War Takjil Fenomena Toleransi Berdampak Ekonomi Masyarakat   |   07:00 . Rugi 925 Juta, Korban Arisan Bodong Lapor Polisi   |   21:00 . Ada Apa dengan Puasa?   |   18:00 . Persibo Bojonegoro Ditunjuk Tuan Rumah Liga 3 Nasional   |   16:00 . 67 Orang Lolos Verifikasi Administrasi Calon Komisioner KPU Bojonegoro   |   15:00 . Puluhan Korban Arisan Bodong Lapor ke Polres Bojonegoro, Kerugian Capai Rp925 Juta   |   14:00 . Belum Genap 3 Bulan 74 Kasus HIV Jadi Catatan Dinkes   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Buka Posko Aduan Bagi Karyawan Swasta Tak Dapat THR   |   21:00 . EMCL Ajak Media Bikin Konten Kreatif Dukung UMKM Naik Kelas   |   15:00 . Diduga Korsleting Listrik, Empat Rumah dan 1 Ekor Sapi di Bojonegoro Ludes Terbakar   |   13:00 . Kemenag Bojonegoro Bentuk Satgas Khusus Tangani Kasus Pelecehan Seksual   |   20:00 . Kelompok 23 Buka Program AM UNUGIRI di MA Tanwiriyah Baureno   |   19:00 . Musrenbang Perempuan, Anak dan Disabilitas, Ini Harapan PDKB   |   15:00 . Musrenbang, PJ Bupati Harapkan Semua Terlibat dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan   |  
Fri, 29 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Blok Buku

Tentang Rasa yang Ingin Mencari Jawab

blokbojonegoro.com | Sunday, 25 March 2018 06:00

Tentang Rasa yang Ingin Mencari Jawab

Oleh:  Diyah Fika Della
 
Novel “Tentang Rasa yang Ingin Mencari Jawab” ini ditulis oleh Ratna DKS, Finalis Jiffest Script Devolopment 2007 kategori shot fiction yang telah menulis lima buku solo dan belasan antologi. Lima buku solonya antara lain ; Lilia di Negeri Akraland (2011), Winter Hearts (2014), Benci tapi Cinta (2014), Suami untuk Istriku (2014). Penulis bisa dihubungi di FB ratna.dks atau follow twitter @ratnadks1.
 
Penulis menceritakan kisah seorang gadis yang bernama Embun. Dia memiliki keluarga yang tidak bahagia. Dia mempunyai ayah tiri yang sangat jahat dan sering kali memukuli dirinya dan ibunya apabila mereka tidak memberi uang kepada ayah tirinya.kejadian itu membuatnya depresi , sementara dia harus memendam perasaan gelisahnya sendiri karena sama sekali tidak punya teman curhat. Dalam kegelisahannya, Embun memilih mencari teman curhat lewat aplikasi Yahoo.massenger.  Embun menggunakan sama “Blue” itu berkenalan dengan seorang cowok yang menggunakan nama samaran “Angel” padahal nama aslinya Arbi. 
 
Mereka berdua akhirnya saling bertemu. Walaupun sering bertemu Arbi tidak mengetahui nama asli Embun yang dia tau hanyalah Blue. Sampai saat Arbi mengutarakan isi hatinya ke Embun tapi Embun menolaknya dengan alasan dia takut kalau Arbi tidak bisa menerima kondisi keluarganya saat itu. Walaupun pada saat itu Embun juga mencintai Arbi tapi dia tidak bisa menerima cintanya Arbi dengan kondisinya saat itu.  Dari perkataan itu Arbi mulai membeci Embun dan dia merasa dipermainkan perasaannya.
 
Setelah ibunya di bunuh oleh ayah tirinya, Embun diangkat anak oleh seorang polisi yang menangasi kejadian pEmbunuhan ibunya. Keluarga barunya jauh lebih baik dibandingkan dengan keluarganya sebelumnya. Di sana Embun tidak merasa jadi orang asing. Dia memiliki kakak angkat yang bernama Sani.
 
Kisahnya dimulai saat dia lulus kuliah, Sani dan juga temennya ingin pulang dan merayakan kelulusan Embun. Tak pernah diduga sebelumnya ternyata teman Sani adalah Arbi. Pertemuan mereka membuat Embun mengingat kejadian waktu itu dan membuat Arbi semakin membenci Embun.
 
Apalagi, ternyata alasan Sani datang bukanlah hanya untuk merayakan kelulusan Embun, tapi dia memiliki niat lain yaitu untuk melamar Embun. Hal itu membuat Arbi bingung, karena Sani ingin melamar adiknya sendiri. Sani hanya tertawa sambil mencerita kejadian yang sebenarnya. Setelah Sani menceritakan semua kisah Embun, hal itu membuat Arbi merasa tidak enak sudah menuduh Embun yang tidak tidak.
 
Saat itu, Arbi ternyata sudah memiliki pacar bernama Miranti. Hal itu diketahui Embun, dan membuatnya kecewa. Malamnya Sani melamar Embun, dia bingung mau menerima atau menolak karena dia sudah menganggap Sani sebagai kakak kandungnya dan dia juga sangat mencintai Arbi. Tapi di lain sisi dia harus membalas budi kepada keluarnga Sani karena sudah merawatnya dan memberi kasih sayang. Akhirnya Embun menerimanya dan itu membuat Arbi kecewa dan cemburu.
 
Setelah itu Embun diajak Sani ke Jakarta untuk ikut bekerja dengannya. Selama bekerja dia terus diganggu oleh Arbi padahal Embun sudah menjauh. Di situ Embun hanya memikir Sani yang pada saat itu sebagai tunangannya dan dia haru menjaga perasaannya agar tidak kecewa .Tapi Arbi tidak pernah memikirkan itu. Yang dia mau adalah dia harus mendapatkan Embun lagi karena dia yakin kalau Embun masih cinta padanya. 
 
Sampai terakhir karena kondisi Jakarta hujan dan Sani bilang kalau Arbi disuruh mengantarkan Embun pulang. Itu membuat Arbi mempunyai alasan untuk pulang bersama Embun. Tapi, ternyata Embun menolak untuk pulang dengan Arbi dengan alasan dia masih banyak pekerjaan yang harus dia selesaikan. 
 
Setelah beberapa menit Arbi keluar dari ruangan Embun pikir kalau Arbi sudah pulang akhirnya dia bergegas pulang. Ternyata Arbi masih menunggunya di lobi depan. Arbi langsung mengejar Embun untuk pulang bareng. Tapi Embun masih tetap menolaknya sampai mereka ribut di pinggir jalan. Pada saat itu ada mobil yang melaju sangat cepat menghantam tubuh Arbi, Membuat Arbi jatuh hinggah tak sadarkan diri. Sani yang melihat kejadia itu langsung berlari menolong Arbi, Embun tidak berhenti menangis dia marah dengan dirinya dendiri dia berpikir kalau kejadia tersebut adalah karena dirinya.
 
Setelah kejadian itu Sani merasa ada yang janggal oleh sikapnya Embun dan Arbi karena dia melihat sebelum Arbi kecelakaan Arbi dan Embun sempat berantem. Akhirnya Sani mengetahui masa lalu Arbi dan Embun akhirnya dia mengiklaskan Embun untuk sahabatnya Arbi. 
 
Kelebihan novel ini yaitu bisa menarik pembaca dan pembelinya karena sinopsis yang terdapat pada cover belakang yang sangat menarik. Dan novel ini bisa membuat pembaca ikut merasakan emosi yang ada.Sayangnya, alur novel ini maju mundur tanpa ada pertanda. Dan itu bisa membuat pembaca sulit membedakan yang mana yang sedang terjadi saat ini dan mana yang sedang terjadi pada saat masa lalu. Sehingga butuh untuk membacanya berulang kali.
 
Judul        : Tentang Rasa yang Ingin Mencari Jawab
Penulis        : Ratna DKS
Penerbit    : Jl. Pandan Alas No.48 Cijantung-Jakarta Timur
Penata sampul    : Tarompey
Penata letak    : Retno
Editor        : Agoes Kusuma
Cetakan    : 1
Tahun        : 2016
Dimensi    : 130cm x 19cm
Halaman    : 130 Hlm
Peresensi    : Diyah Fika Della
 

Tag : Blok buku, resensi



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat