15:00 . 1.543 Calon Jemaah Haji Bojonegoro Ikuti Manasik Haji   |   14:00 . Jelang Pilkada Bojonegoro, PKS Rapatkan Barisan   |   13:00 . Dramatis, Petugas Damkar Dihadang Anjing saat Hendak Evakuasi Jasad Majikan   |   12:00 . Inilah Pemenang Duta Pemuda Pelopor Kabupaten Bojonegoro Tahun 2024   |   11:00 . Ikrar Setia ke NKRI, Napi Teroris di Lapas Bojonegoro Dibebaskan Bersyarat   |   18:00 . HPN 2024, PWI Bojonegoro Gelar Seminar Literasi Media dalam Mengawal Clean and Good Governance   |   13:00 . PJ Bupati Adriyanto Launching Program Paman Sehati   |   12:00 . Penambang Pasir di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Bawah Jembatan Kare   |   09:00 . Berikut ini Nama Finalis Seleksi Duta Pemuda Pelopor Bojonegoro Tahun 2024   |   15:00 . Sudahkah Pancasila sebagai Pondasi Pendidikan Selaras dengan Implementasinya   |   13:00 . Bojonegoro Jadi Tuan Rumah Pertemuan Rutin PKK, DWP, Perwosi se-Bakorwil II   |   17:00 . Perahu Penambang Pasir di Bojonegoro Tenggelam, Satu Penumpang Hilang   |   15:00 . 44 Peserta Ikuti Seleksi Duta Pemuda Pelopor Tahun 2024   |   13:00 . 106 Kontingen LKS Bojonegoro-Tuban Bertarung di Provinsi   |   10:00 . Sukses Gelar Ramadan Heppiii, Kartar di Bojonegoro Bangun Fasum hingga Turnamen ML   |  
Thu, 25 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Pembaruan Sistem RSUD

Pelayanan Setiap Pasien Butuhkan Waktu Enam Menit

blokbojonegoro.com | Saturday, 07 April 2018 08:00

Pelayanan Setiap Pasien Butuhkan Waktu Enam Menit

Reporter : Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com -
Ratusan bahkan ribuan pasien setiap hari mendatangi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sosodoro Djati Koesoemo Bojonegoro, untuk berobat. Bahkan, selama satu minggu ini banyak pasien yang terlantar di ruang tunggu, ada juga yang menunggu sampai di luar pintu.

Banyaknya antrean, kata Humas RSUD Bojonegoro, Thomas Djaja, disebabkan banyaknya pasien yang mendaftar. Selain itu, ada pembaruan sistem yang dilakukan oleh manajemen Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di RSUD. Sebelumnya, RSUD sudah menyediakan lima loket untuk melayani pasien dan itu sudah terlbilang cepat.

"Perubahan sistem BPJS untuk memasukan data calon pasien itu sudah berlangsung sejak 2 Aprli 2018 lalu," terang Thomas.

Untuk sistem yang lama, pasien yang mendaftar perawatan data pasien langsung dimasukkan ke data Sistem Informasi Manajemen (SIM) RSUD. Tetapi, yang terbaru terjadi perubahan dengan melakukan dua kali input data, yaitu masuk ke SIM RSUD dan input ke BPJS.

Dengan adanya pembaruan sistem itu, lanjut Thomas, lumayan mempengaruhi waktu pelayanan. Bahkan, sistem pelayan pendaftaran pasien tersebut setiap pasiennya membutuhkan waktu selama enam menit. Padahal, per harinya RSUD bisa menangani pasien sampai seribu orang.

"Kenaikan pasien juga disebabkan karena ada beberapa RS yang putus kontrak dengan BPJS, sehingga banyak yang ke sini," terangnya.

Akibat pembaruan itu, penyelesaian yang biasanya hanya membutuhkan waktu sekitar pukul 12.00 sampai pukul 13.00 WIB. Dengan sistem baru ini pelayanan pendaftaran pasien bisa sampai pukul 16.00 sampai 17.00 WIB.

"Hasil koordinasi dengan BPJS akan dipasang aplikasi lagi, dengan cara satu ketik bisa langsung diinput kedua SIM di RSUD dan BPJS. Rencananya mulai minggu depan," imbuhnya.

Sementara itu, kepala Cabang BPJS Kesehatan, Kabupaten Bojonegoro, Masrur Ridwan mengatakan, sejauh ini pihak BPJS Kesehatan mengaku tidak melakukan pembaruan sistem pelayanan di RSUD. Sehingga, input data tersebut masih sama seperti yang dahulu.

"Kita tidak melakukan perubahan sistem input dan masih sama seperti yang sebelumnya," tutur Masrur Ridwan.[din/ito]

Tag : rsud, bojonegoro, pelayanan, bpjs



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat