23:00 . Berkas Lengkap, Dua Calon Rebutkan Kursi Ketua   |   22:30 . Praktek Padamkan Api   |   22:00 . PEPC Turut Berpartisipasi Tingkatkan Kewaspadaan Tanggap Darurat di Purwosari   |   21:00 . Ujian Perades di Balen, Inilah Nama-nama Peraih Nilai Tertinggi   |   20:00 . Desa Prayungan Masuk 5 Besar PPID Award, ini yang Dilakukan   |   19:30 . GP Ansor Ngambon Peringati Hari Santri dengan Donor Darah   |   19:00 . Inilah Pemenang Lomba Dalam Rangka Hari Santri   |   18:30 . Patuh Prokes Upacara Hari Santri Virtual Khidmat   |   18:00 . Harga Telur Ayam Ras Naik Kembali   |   17:30 . Berapa Lama Virus Corona Dapat Bertahan di Permukaan atau Benda?   |   17:00 . AMSI-EMCL Serahkan APD untuk Nakes di Bojonegoro dan Tuban   |   16:00 . Sah, Anang blokTuban Lepas Lajang   |   15:00 . BPJS Kesehatan Ikuti Workshop Virtual Anugerah Jurnalistik   |   14:00 . Peringatan HSN, Santri Harus Patuhi Prokes   |   13:30 . 3 Wajib Melawan Covid-19 (Iman, Aman dan Imun)   |  
Fri, 23 October 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tuesday, 24 April 2018 12:00

Pangkas Rantai Distribusi, Disdag Kembangkan Pasar Komoditi

Pangkas Rantai Distribusi, Disdag Kembangkan Pasar Komoditi

Reporter : Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com -
Melihat rantai distribusi antara petani dengan pengepul yang sangat panjang, Dinas Perdagangan (Disdag) Kabupaten Bojonegoro adakan Pasar Komodity pertanian dan industri makanan olahan. Kegiatan yang mempertemukan pemilik dengan pembeli ini, bertujuan untuk membantu memasarkan produk pertanian dan memangkas mata rantai perdagangan.

Dalam pengembangan pasar komodity tersebut banyak hasil pertanian yang dijual dengan cara lelang seperti polowijo, padi, dan rempah-rempah serta aneka kekayaan alam berupa umbi-umbian yang sudah diolah menjadi camilan. Bahkan, dalam acara lelang tersebut ada juga warga luar daerah yang hadir untuk menyaksikannya.

"Selain petani juga dihadiri 60 peserta dari kabupaten sekitar, di antaranya Kabupaten Tuban, Lamongan, Gresik,Surabaya, Blora Jawa Tengah dan para tamu undangan lainnya," terang Skretaris Dinas Perdagangan, Agus Hariyana.

Pria yang juga menjabat kepala PLT Dinas Perdangan ini menjelaskan, dengan cara tersebut bisa menciptakan perdagangan yang lebih baik melalui mekanisme penataan harga. Dan juga, bisa meningkatkan efisiensi dan efektifitas sistem perdagangan, serta menciptakan efisiensi dan efektifitas sistem perdagangan antara petani dengan pengepul dan bayer (pembeli).

"Kami berharap dengan sistem lelang ini petani bisa menikmati hasil panen dengan harga yang setara dengan kerja kerasnya," lanjutnya kepada blokBojonegoro.com.

Alhasil dalam acara itu, ada beberapa hasil panen masyarakat Kota Ledre yang dilirik antara lain beras kualitas standart, jagung, bawang merah, singkong, gaplek, kedelai, ketan hitam, kacang hijau, rempah seperti kunyit dan jahe, dan olahan camilan dari ubi dan pisang. Serta untuk produk lainya, seperti  produk peternakan yaitu  telur dan daging, sapi atau kambing hidup.

"Kala penjualan tahun lalu mencapai Rp 68 miliar, dari beberapa hasil penjualan beberapa komoditas seperti jahe gajah, jahe merah, kacang hijau, kedelai, jagung, gaplek, kacang tanah kulit dan beras," Ungkap Agus Hariyana.

Tak hanya itu saja, selain menggelar pasar Komoditi di Bojonegoro Dinas Perdagan juga mengikuti pasar lelang yang diselenggarakan di Kota Surabaya. Bahkan dalam hal tersebut transaksi penjualan itu mencapai 13 Miliyar, dari produk-produk yang dibawa seperti beras yang dibungkus 5 Kg dan produk unggulan lainnya.

"Kita ikut acara itu beberapa minggu yang lalu , tepatnya berada di pasar Puspa Agro Kota Pahlawan itu," tutup Agus Hariyana.[din/ito]

 

Tag : dinas, perdagangan, bojonegoro, pasar, komoditi


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Thursday, 22 October 2020 16:00

    Sah, Anang blokTuban Lepas Lajang

    Sah, Anang blokTuban Lepas Lajang M. Anang Febri Efendi reporter blokTuban.com resmi melepas lajang. Ikrar janji suci diucapkan Anang di akad nikah pukul 09.00 WIB hari Senin (19/10/2020) di kediaman mempelai wanita. Resespsi kedua, dilaksanakan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat