13:00 . Bulog Pastikan Mutu Beras di Bojonegoro Layak   |   12:00 . Per 15 Desember KA Argo Bromo Anggrek Berhenti di Stasiun Bojonegoro   |   11:00 . Mengenal Lala, Security Wanita Gedung Pemkab   |   10:00 . Komisi C DPRD Bojonegoro Berkunjung ke Kantor PEPC   |   09:00 . Melihat Pasar Hewan di Bojonegoro Selatan   |   08:00 . Pengajian, Moment Guyub Warga Desa   |   07:00 . Tips Pekerjaan: Begini Cara Atasi Baper di Kantor   |   20:00 . Emak Emak Modin Belajar Merawat Jenazah   |   19:00 . 7 Kecamatan ini Terkena Dampak Hujan Disertai Angin Kencang   |   18:00 . 352 Modin Perempuan Ikuti Pelatihan Keperawatan Jenazah   |   17:00 . Kondisi Gedung 7 Lantai Pemda Rontok   |   16:30 . Pertamina EP Borong Penghargaan Local Hero dan PROPER Hero pada HUT Pertamina   |   16:00 . Kereta Anjlok dan Terguling di Stasiun Doplang Blora   |   15:00 . Warga Karangpacar Kembangkan Kerajinan Hiasan Kayu Jati   |   14:00 . Ini Harga Komoditas di Bojonegoro Jelang Natal dan Tahun Baru   |  
Fri, 13 December 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Thursday, 26 April 2018 15:00

Siswa SMAN 4 Bojonegoro Raih Juara 1 I3F di Malang

Siswa SMAN 4 Bojonegoro Raih Juara 1 I3F di Malang

Reporter : M Safuan

blokBojonegoro.com - Prestasi membanggakan diraih oleh siswa Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 4 Bojonegoro dalam ajang Indonesian Internasional Invention Festival (I3F), yang telah diselenggarakan di Malang pada 19 April 2018 lalu. Pada ajang tersebut, dengan menjadi juara pertama di dua tema berbeda yakni tulang ayam sebagai penyerap limbah batik dan limbah daun jati sebagai tinta.

Selain itu, dihari yang berbeda siswa SMAN 4 Bojonegoro juga menjadi juara ke tiga pada ajang Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Nasional yang di gelar di Universitas Gajahmada Yogyakarta pada kegiatan Engineering Physich For Environmental Innovation 2018.

Guru Pembimbing, Nurush Shobikah mengaku sangat senang atas apa yang telah diraih oleh anak didiknya tersebut, pasalnya mereka mampu bersaing dengan siswa sekolah seluruh Indonesia guna mendapatkan hasil yang memuaskan, bahkan pada I3F siswa berhasil membawa nama harum SMAN 4 Bojonegoro dengan meraih juara pertama di dua bidang.

Sebelum mengikuti lomba, seluruh yang akan mengikuti lomba, terus melakukan penelitian serta mematangkan tema yang akan diikutkan lomba. Tidak kurang 4 bulan persiapan dilakukan oleh siswa, mulai melakukan observasi hingga akhir pemerosesan penelitian tersebut.

Namun, yang paling banyak memakan waktu saat pemerosesan. Bahan yang dibutuhkan harus dihaluskan atau dicampur dengan bahan lain. Hal tersebut dilakukan guna membantu untuk hasil penelitian yang terbaik.

Seperti contoh, tulang ayam yang bisa menyerap limbah batik, tahapan yang dilakukan yakni awalnya menghancurkan tulang, kemudian dioven selama 20 menit kemudian dihaluskan sampai halus, terus di blender kemudian di saring dan terakhir diaktivasi NaCHCO3.

"Proses tersebut memakan waktu hingga 12 jam lamanya," terang Nurus Shobikhah kepada blokBojonegoro.com

Sedangkan untuk, Kategori Limbah Daun Jati menjadi tinta, juga membutuhkan waktu yang juga lumayan sama, seperti tahapannya 2 Kilogram daun Jati kering kemudian di shangrai dengan kuali diaduk terus hingga beberapa jam hingga hasil daun jati tersebut berwarna hitam, kemudian diblender, terus diayak hingga menghasilkan butiran sebanyak 50 gram terus diberikan alkohol sedikit lalu  diproses kembali hingga menghasilkan tinta.

"Namun yang sulit pada bidang ini cara aduknya bahan yang bercampur tersebut tidak boleh gumpal," Papar Nurush

Adapun lomba LKTI yang dilaksanakan di UGM, itu terkait energi terbarukan lingkungan yang mengambil sumber dari sekitar yang bisa dimanfaatkan untuk energi terbarukan. Dalam lomba ini SMAN 4 Bojonegoro harus bersaing dengan 500 peserta.

Siti Khoiriyah, Guru pembimbing mengatakan pada ajang ini anak didik memang banyak terobosan yang ditawarkan swbagai Konsep membuat energi terbarukan. Walaupun begitu pihaknya dan seluruh siswa yang tampil diajang ini telah mempersiapkan seluruhnya.

Salah satu siswa Bagus Anugrah Heri Irwanto, mengaku senang bisa meraih hasil yang cukup membanggakan, bahkan tidak menyangka bisa meraih juara lagi.

"Memang banyak waktu ekstra untuk memahami dan fokus guna mengikuti lomba ini, tapi bersyukur dapat hasil terbaik," cakapnya. [saf/ito]

Tag : sman 4, bojonegoro, juara


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Thursday, 12 December 2019 00:00

    Inilah Cara Ibu Melenial Memperingati Hari Ibu

    Inilah Cara Ibu Melenial Memperingati Hari Ibu Ada hal yang beda dalam pertemuan Arisan Rutin ibu PKK Gg. Namlo RT.04/RW.01 Kelurahan Mojokampung Bojonegoro. Dalam pertemuan kali ini dikemas dengan memperingati hari ibu, para ibu PKK sangat...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat