15:00 . Hari Pertama Peserta Rapid Test Masyarakat Umum Capai 33 Orang   |   14:00 . Warga Mulyorejo Sulap Pelepah Pisang Jadi Kerajinan   |   13:00 . Yummy...! Nasi Bakar Aneka Isi Ada di Kafe Ini   |   12:00 . Berkeliaran dan Masuk Rumah Warga, Ular Pyton Ditangkap   |   07:00 . 5 Cara Agar Lekas Move On dari Seseorang yang Ghosting Kamu   |   23:00 . Ibu-ibu di Lokasi TMMD Imbangan Diberikan Pelatihan Pembuatan Jamu   |   22:00 . 8 Orang Dinyatakan Sembuh dari Covid-19   |   21:30 . Pemkab Bojonegoro Kembali Berikan Layanan Rapid Tes Gratis   |   21:00 . PMI Bojonegoro Edukasi Santri Cara Hindari Covid   |   20:30 . Sakit Jantung, Seminggu Lalu Dirujuk ke Surabaya   |   20:00 . Agar Berjalan Sesuai Target, 3 Hal ini Tidak Sampai Terulang   |   19:30 . Turut Berduka, Ramai Ucapan Pak Santoso Wafat   |   19:00 . Warga di Kota ini Gunakan Pertalite, ini Alasannnya...   |   18:00 . Danrem 082/CPYJ Bersama Wartawan Komitmen Perangi Hoax   |   17:00 . Kemenag Jadwalkan Rukyatul Hilal 21 Juli, Guna Tentukan 1 Zulhijjah 1441 H   |  
Thu, 09 July 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Thursday, 26 April 2018 15:00

Siswa SMAN 4 Bojonegoro Raih Juara 1 I3F di Malang

Siswa SMAN 4 Bojonegoro Raih Juara 1 I3F di Malang

Reporter : M Safuan

blokBojonegoro.com - Prestasi membanggakan diraih oleh siswa Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 4 Bojonegoro dalam ajang Indonesian Internasional Invention Festival (I3F), yang telah diselenggarakan di Malang pada 19 April 2018 lalu. Pada ajang tersebut, dengan menjadi juara pertama di dua tema berbeda yakni tulang ayam sebagai penyerap limbah batik dan limbah daun jati sebagai tinta.

Selain itu, dihari yang berbeda siswa SMAN 4 Bojonegoro juga menjadi juara ke tiga pada ajang Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Nasional yang di gelar di Universitas Gajahmada Yogyakarta pada kegiatan Engineering Physich For Environmental Innovation 2018.

Guru Pembimbing, Nurush Shobikah mengaku sangat senang atas apa yang telah diraih oleh anak didiknya tersebut, pasalnya mereka mampu bersaing dengan siswa sekolah seluruh Indonesia guna mendapatkan hasil yang memuaskan, bahkan pada I3F siswa berhasil membawa nama harum SMAN 4 Bojonegoro dengan meraih juara pertama di dua bidang.

Sebelum mengikuti lomba, seluruh yang akan mengikuti lomba, terus melakukan penelitian serta mematangkan tema yang akan diikutkan lomba. Tidak kurang 4 bulan persiapan dilakukan oleh siswa, mulai melakukan observasi hingga akhir pemerosesan penelitian tersebut.

Namun, yang paling banyak memakan waktu saat pemerosesan. Bahan yang dibutuhkan harus dihaluskan atau dicampur dengan bahan lain. Hal tersebut dilakukan guna membantu untuk hasil penelitian yang terbaik.

Seperti contoh, tulang ayam yang bisa menyerap limbah batik, tahapan yang dilakukan yakni awalnya menghancurkan tulang, kemudian dioven selama 20 menit kemudian dihaluskan sampai halus, terus di blender kemudian di saring dan terakhir diaktivasi NaCHCO3.

"Proses tersebut memakan waktu hingga 12 jam lamanya," terang Nurus Shobikhah kepada blokBojonegoro.com

Sedangkan untuk, Kategori Limbah Daun Jati menjadi tinta, juga membutuhkan waktu yang juga lumayan sama, seperti tahapannya 2 Kilogram daun Jati kering kemudian di shangrai dengan kuali diaduk terus hingga beberapa jam hingga hasil daun jati tersebut berwarna hitam, kemudian diblender, terus diayak hingga menghasilkan butiran sebanyak 50 gram terus diberikan alkohol sedikit lalu  diproses kembali hingga menghasilkan tinta.

"Namun yang sulit pada bidang ini cara aduknya bahan yang bercampur tersebut tidak boleh gumpal," Papar Nurush

Adapun lomba LKTI yang dilaksanakan di UGM, itu terkait energi terbarukan lingkungan yang mengambil sumber dari sekitar yang bisa dimanfaatkan untuk energi terbarukan. Dalam lomba ini SMAN 4 Bojonegoro harus bersaing dengan 500 peserta.

Siti Khoiriyah, Guru pembimbing mengatakan pada ajang ini anak didik memang banyak terobosan yang ditawarkan swbagai Konsep membuat energi terbarukan. Walaupun begitu pihaknya dan seluruh siswa yang tampil diajang ini telah mempersiapkan seluruhnya.

Salah satu siswa Bagus Anugrah Heri Irwanto, mengaku senang bisa meraih hasil yang cukup membanggakan, bahkan tidak menyangka bisa meraih juara lagi.

"Memang banyak waktu ekstra untuk memahami dan fokus guna mengikuti lomba ini, tapi bersyukur dapat hasil terbaik," cakapnya. [saf/ito]

Tag : sman 4, bojonegoro, juara


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 16 June 2020 19:00

    Dampingi Petani, Disperta Bojonegoro Adakan SL-PTT Tembakau

    Dampingi Petani, Disperta Bojonegoro Adakan SL-PTT Tembakau Guna meningkatkan SDM petani, khususnya petani tembakau, Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro mengadakan Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu (SL-PTT) tembakau di kelompok tani Sumber Rejeki, Desa Bulu, Kecamatan Sugihwaras, Kabupaten Bojonegoro,...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat