Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tradisi Gumbrekan, Buat Ketupat Khusus Hewan Ternak

blokbojonegoro.com | Thursday, 26 April 2018 16:00

Tradisi Gumbrekan, Buat Ketupat Khusus Hewan Ternak

Reporter: Sutopo

blokBojonegoro.com - Acara membuat ketupat tak hanya pada saat Hari Raya Idul Fitri saja. Di Bojonegoro selatan, ada tradisi unik dengan menu ketupat yang dikenal dengan  budaya' gumbrekan'.

Warga masyarakat setempat tak banyak yang tahu apa arti kata gumbrekan. Namun, bagi mereka tradisi yang diwarisi dari nenek moyang tersebut masih tetap dilestarikan hingga sekarang.

"'Gumbrekan' itu membuat ketupat yang nantinya di kasih untuk makan hewan ternak," kata seorang warga Sekar, Warso kepada blokBojonegoro.com.

Uniknya lagi, ada hari khusus untuk pelaksanaan 'gumbrekan' yakni bertepatan dengan Jumat Pahing. Itu pun bertepatan dengan Jumat Pahing kedelapan dala satu tahun. Biasanya, ketika hari Kamis Legi malam Jumat Pahing, warga Sekar sudah mulai mempersiapkan ketupat yang akan diberikan ke hewan ternak esok harinya. 

"Ini buat ketupat 15 biji. Buat 'Gumbrekan," kata warga Bubulan, Sugeng kepada blokBojonegoro.com, Kamis, (26/4/2018).

Sugeng menjelaskan, dengan 'gumbrekan' ini diharapkan rojo koyo (hewan ternak) bisa menjadi bermanfaat pada pemiliknya. Oleh karenanya, masyarakat masih melestarikan tradisi tersebut.

"Selain diberikan pada hewan ternak (sapi, kambing) juga dimakan sendiri sekeluarga," tutur Sugeng. [top/lis]

 

Tag : ketupat, hewan, ternak



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini