Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Warga 10 Desa Ikuti Pelatihan Olahan Makanan dari Ternak

blokbojonegoro.com | Sunday, 06 May 2018 12:00

Reporter: M Safuan

blokBojonegoro.com - Dinas Peternakan dan Perikanan Bojonegoro memberikan pelatihan pembelajaran kepada para ibu-ibu tentang pengolahan aneka makanan berbahan dasar dari hasil hewan ternak.

Menurut Kepala Bidang Agribisnis dan Peternakan, Dinas Peternakan dan Perikanan Bojonegoro, Wiwik Sulistyo, pelatihan itu untuk mengembangkan aneka pengolahan makanan berbahan dasar ternak agar menjadi nilai jual.

"Selain itu, untuk penambahan pemasukan dari hasil kreasi hasil masakan, pelatihan pengembangan produk peternakan ini hanya dititikberatkan pada pengolahan pembuatan tiga resep olahan makanan yakni nugget, pembuatan abon dan pembuatan bakso. Karena tiga olahan makanan itu banyak disukai," terang Wiwik saat ditemui blokBojonegoro.com.

Adapun pelatihan itu telah dimulai sejak April lalu dengan menyasar 10 desa di setiap Kecamatan yang diambil salah satu desa untuk diberikan pelatihan kegiatan pengembangan pengolahan produk-produk perternakan.

Adapun dari total 10 desa yang diberikan pelatihan tersebut di antara Desa Balenrejo Kecamatan Balen, Desa Bakung Kecamatan Kanor, Desa Bulaklo, Kecamatan Balen, Desa Pajeng, Kecamatan Gondang, Desa Kepohkidul, Kecamatan Kedungadem, Desa Tambakromo, Kecamatan Malo, Desa Sumengko, Kecamatan Kalitidu, Kelurahan Klangon, Kecamatan Kota Bojonegoro, Desa Sukosewu/Sukosewu dan Desa/Kecamatan Trucuk.

Salah satu peserta pelatihan Feli mengaku senang dapat belajar bagaimana cara memasak yang higienis serta tata cara pengelolaan aneka masakan itu agar biar punya nilai jual.

"Kalau Laku, kan lumayan untuk tambah uang pemasukan," celetuknya kepada blokBojonegoro.com

Dengan pengolahan hasil ternak menjadi aneka hasil makanan dapat menambah keragaman pangan sekaligus memiliki daya ekonomi yang lebih setelah mendapat sentuhan teknologi sehingga dapat menjadi nilai jual tersendiri.[saf/lis]


 

Tag : ketupat, hewan, ternak



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini