18:00 . Jumlah DPT Pilkades Serentak Capai 428,437 Pemilih   |   17:00 . 270 Ahli Waris Menerima Dana Kematian dari Pemkab Bojonegoro   |   16:00 . Peternak Kerbau Beralih Sapi, inilah Faktornya   |   15:00 . Masa Kampanye, DPMD Berharap Cakades Tidak Profokatif   |   14:00 . 36 PNS di Bojonegoro Terima SK Pensiun   |   13:00 . Pemkab Targetkan Sertifikasi Aset - aset Pembelian Sejak 1997-2018   |   12:00 . Satu SMK di Bojonegoro Jadi Pilot Project Menko Perekonomian RI   |   11:00 . Populasi Kerbau di Bojonegoro Setiap Tahun Terus Menurun   |   10:00 . Walaupun Hasilnya Sama, Pilkades Hanya Digelar Satu Putaran   |   09:00 . Persiapan Pengamanan Jelang Pilkades, ini Pesan Wabup...   |   08:00 . LSP Pertanian Gelar Uji Kompetensi di SMK Migas Bojonegoro   |   07:00 . Doa-doa dari Al-Quran untuk Dibaca Suami Istri Selama Masa Kehamilan   |   19:00 . Tinggal Hitungan Hari, Porprov Jatim Segera Bergulir   |   18:00 . Kuota Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua Terpenuhi   |   17:00 . Pagu Siswa SMA Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua Terpenuhi   |  
Tue, 18 June 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tuesday, 08 May 2018 09:00

Muhammad Rafifnafia Hertianto

Raih Nilai Memuaskan, Berkat Usaha dan Doa

Raih Nilai Memuaskan, Berkat Usaha dan Doa

Kontributor: Apriani

blokBojonegoro.com -
Mendapatkan prestasi sebagai peringkat pertama Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun 2018 di tingkat Provinsi Jawa Timur, sebenarnya bukan menjadi target bagi Muhammad Rafifnafia Hertianto. Namun, dia tentu bersyukur dengan hasil nilai yang memuaskan itu.

Bagi dirinya mendapatkan peringkat pertama merupakan sebuah hadiah karena rajin belajar dan berdoa.

"Tidak pernah membuat target yang tinggi, targetnya dapat lulus dengan nilai sesuai standart kelulusan itu saja, tidak pernah memiliki target sebagai peraih peringkat pertama," ujar siswa laki-laki yang lahir pada 11 Mei 2000 itu.

Selain rajin belajar, anak yang bertempat tinggal di Wisma Indah Timur, Kelurahan Ledokkulon, Kecamatan Kota Bojonegoro tersebut, juga mengimbangi dengan berdoa di setiap usaha-usaha yang ia lakukan.

"Belajar memang penting, akan tetapi yang lebih penting atau yang lebih utama adalah doa," terang siswa lulusan SMA Negeri 1 Bojonegoro tahun ini.

Sama halnya dengan siswa lainnya, saat mengerjakan soal ujian ia juga mengalami sebuah kesulitan. Kesulitan yang ia alami adalah saat mengerjakan soal Matematika. Saat itu, cerita Rafif, waktu ujian hampir habis, akan tetapi masih banyak soal-soal yang belum ia kerjakan, ditambah lagi pengawas ujian berada di sampingnya, hal itu membuat dirinya semakin panik.

"Karena waktu sudah mau habis, ada pengawas di samping saya, jadi saya isi sembarangan saja," imbuh anak terakhir dari dua bersaudara tersebut.

Selain belajar, dan berdoa. Menjalin hubungan pertemanan dengan teman-temannya juga sangat penting, supaya ada hubungan pertemanan yang harmonis. Sedangkan saat ia belajar sebelum UNBK, ia fokus mempelajari materi-materi dari kisi-kisi ujian yang ia miliki.

Siswa yang aktif dikegiatan ekstrakulikuler Olimpiade Sains Nasional (OSN) dan Karya Ilmiah Remaja (KIR), semasa sekolah selalu mendapatkan peringkat sepuluh besar di kelasnya. Dan kini, anak pasangan dari Tatok Heru dan Titik Budi Puji telah diterima sebagai mahasiswa baru di Universitas Gajah Mada dengan mengambil jurusan Hukum jenjang S1. [ani/lis]

Tag : nilai, tinggi, ips, sma, bojonegoro

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 02 June 2019 08:00

    IPNU-IPPNU Temayang Gelar Grand Finas Festival Oklek

    IPNU-IPPNU Temayang Gelar Grand Finas Festival Oklek Mengambil tema "Pelajar Millineal Menjaga Tradisi Budaya Lokal" Pimpinan Anak Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Temayang gelar grand final Festival Oklek Ke-7,...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Friday, 24 May 2019 13:00

    Apprentice Program PEPC 2019

    Akan Ditutup, Pendaftar Beasiswa Diploma Membludak

    Akan Ditutup, Pendaftar Beasiswa Diploma Membludak Beberapa jam lagi menjelang penutupan pendaftaran, jumlah pelamar beasiswa pendidikan diploma guna menjaring Calon Operator Proyek Jambaran-Tiung Biru yang dikelola oleh PT Pertamina EP Cepu (PEPC). Hingga Jumat (25/4/2019) pagi...

    read more