15:00 . Sudahkah Pancasila sebagai Pondasi Pendidikan Selaras dengan Implementasinya   |   13:00 . Bojonegoro Jadi Tuan Rumah Pertemuan Rutin PKK, DWP, Perwosi se-Bakorwil II   |   17:00 . Perahu Penambang Pasir di Bojonegoro Tenggelam, Satu Penumpang Hilang   |   15:00 . 44 Peserta Ikuti Seleksi Duta Pemuda Pelopor Tahun 2024   |   13:00 . 106 Kontingen LKS Bojonegoro-Tuban Bertarung di Provinsi   |   10:00 . Sukses Gelar Ramadan Heppiii, Kartar di Bojonegoro Bangun Fasum hingga Turnamen ML   |   17:00 . Ngopi Bareng Ojol, Kanit Kamsel Satlantas Polres Bojonegoro Sampaikan Pesan Ini   |   12:00 . Menyemai Asih, Merawat Asuh, Merajut Asah Menuju Terbitnya Generasi Fajar   |   13:00 . Sambut Hari Kartini Pemkab Bojonegroro Gelar Lomba Masak Nasi Goreng   |   11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |  
Wed, 24 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Puasa Ramdan, Dinkes Imbau Tingkatkan Pola Hidup Bersih

blokbojonegoro.com | Monday, 14 May 2018 12:00

Puasa Ramdan, Dinkes Imbau Tingkatkan Pola Hidup Bersih

Reporter: Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Dinas Kesehatan Kabupaten Bojonegoro mengimbau, agar masyarakat meningkatkan pola hidup bersih dan sehat selama menjalankan ibadah puasa pada bulan ramadan.

Pola hidup bersih dan sehat harus selalu diutamakan masyarakat selama menunaikan ibadah puasa. Sebab, ketika puasa daya tahan tubuh seseorang akan rentan terjangkit penyakit, lantaran mengalami perubahan pola makan maupun lainnya.

"Kami mengimbau masyarakat tetap menjaga lingkungan sekitar maupun mempraktekan pola hidup bersih dan sehat," terang Kepala Bidang Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Bojonegoro, Totok Ismanto.

Totok menyebutkan, pola hidup sehat dapat diwujudkan dengan mengkonsumsi makanan yang higienis dan bergizi seperti sayuran dan buah setiap buka puasa maupun saat sahur.

Selain itu, untuk menjaga kebutuhan cairan tubuh Dinkes juga menyuruh agar tidak lupa meminum air putih minimal 8 gelas per hari sebelum menjalankan puasa. Serta, masyarakat juga harus selektif terhadap jajanan untuk berbuka puasa yang biasanya banyak dijual di pinggir jalan.

"Sebelum membeli harus memperhatikan warna dan bentuk fisik makanan tersebut," terang dr. Totok.

Biasanya warna mencolok mengandung zat pewarna. sementara itu warna makanan yang memudar dan mengeluarkan cairan biasanya juga mengandung zat yang berbahaya. Sehingga, lebih amanya masyarakat bisa memasak sendiri agar tidak berdampak kepada kesehatan.

"Selain mengontrol makanan maupun minuman, masyarakat juga perlu melakukan aktivitas olahraga untuk menjaga kebugaran tubuh," terangnya kepada blokBojonegoro.com.

Pada bulan puasa tahun ini, kebetulan bersamaan dengan musim pancaroba. Yang mana, selain ada perubahan dalam pola makan ada juga perubahan suhu yang berdampak kepada kesehatan tubuh.

"Sebagai antisipasinya juga sama, namun untuk peralihan musim masyarakat bisa menggunakan masker untuk menghindari penyakit pernafasan," tutur Totok Ismanto. [din/mu]

Tag : Kesehatan, puasa



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat