13:00 . Sambut Hari Kartini Pemkab Bojonegroro Gelar Lomba Masak Nasi Goreng   |   11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |  
Sat, 20 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Jaga Kesehatan Saat Puasa, ini Tips dari Dinkes

blokbojonegoro.com | Sunday, 20 May 2018 19:00

Jaga Kesehatan Saat Puasa, ini Tips dari Dinkes

Reporter : Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com -
Pada bulan Ramadan, kerap dijumpai masyarakat yang mengalami perubahan tidur maupun pola makan. Padahal, jika dilakukan dengan benar, puasa Ramadan justru akan mendatangkan banyak manfaat untuk kesehatan.

Kepala Bidang Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Bojonegoro, Totok Ismanto memberikan pemahaman akan pentingnya menjaga kesehatan di bulan puasa. Sebab, kesadaran akan kesehatan menjadi hal yang perlu diperhatikan setiap masyarakat agar terhindar dari penyakit.

"Cara yang paling penting untuk menjaga tubuh tetap bugar pada bulan puasa yaitu dengan menerapkan pola makan yang baik pada saat sahur maupun berbuka," terangnya.

Untuk menjaga agar daya tahan tubuh serta kesehatan tetap terjaga, Dinas Kesehatan coba memberikan tips untuk warga muslim yang menjalankan ibadah wajib puasa. Sehingga, jika masyarakat menjalani pola makan yang sehat, maka dipastikan tubuh akan tetap bugar meskipun sedang puasa.

Pertama sangat penting untuk memilih menu makanan sahur dan buka puasa yang menyehatkan. Kemudian, buatlah daftar menu untuk mempermudah ketika akan menentukan apa yang akan dikonsumsi saat buka puasa maupun makan sahur.

"Yang harus perlu diperhatikan yaitu memasukkan jenis-jenis makanan yang bergizi tinggi pada menu makanan saat puasa," lanjutnya kepada blokBojonegoro.com.

Selain itu, kalau bisa juga harus mengurangi minum es ketika berbuka lantaran turut memengaruhi kesehatan. Meskipun minuman dingin sangat nikmat ketika berbuka, namun es dapat membuat sistem pencernaan dan sirkulasi darah bekerja semakin lambat.

”Biasanya banyak orang yang merasa pusing setelah minum es, terlebih setelah perut kosong selama seharian atau bisa disebut kaget,” imbuhnya.

Ke dua, minum air putih yang cukup agar tubuh tetap bugar. Sebab saat berpuasa, tubuh akan banyak kehilangan cairan dan akan mengalami dehidrasi.

”Selama waktu berbuka sampai sahur kita harus banyak minum air putih agar kebutuhan cairan bisa tergantikan, minimal dua liter air,” jelas Totok.

Selain itu, Dinkes juga menghimbau agar masyarakat menghindari mengonsumsi minuman energi, lebih baik minum air kelapa yang alami untuk mengembalikan stamina tubuh. Pasalnya, air kelapa memiliki banyak khasiat untuk kesehatan sehingga sangat baik diminum saat berbuka.

Dirinya juga menegaskan tidak diperbolehkan tidur setelah makan sahur karena akan memperlambat metabolisme. Serta, menghindari minum soda dan kopi terlalu banyak karena bisa memperburuk kesehatan.

Kemudian perlu tidur yang cukup, jika sempat usahakan tidur pada siang hari. Karena pada bulan Ramadan, mungkin akan mengalami kurang tidur lantaran banyak aktivitas yang dilakukan pada malam hari seperti harus bangun untuk makan sahur.

Selanjutnya, masyarakat juga disarankan untuk olahraga karena memiliki banyak manfaat untuk kesehatan sekaligus akan membuat tubuh bugar selama berpuasa. Pasalnya, olahraga bisa memperlancar peredaran darah, melancarkan sirkulasi oksigen dalam tubuh dan melancarkan metabolisme.

"Dengan menjalani olahraga saat puasa minimal 30 menit, tubuh akan tetap sehat dan bugar. Sehingga, walapun menjalankan ibadah puasa keseharian kita akan tetap menyenangkan," tutup Totok Ismanto.[din/ito]

Foto: .net

Tag : tips, sehat, puasa, dinkes



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat