13:00 . Bulog Pastikan Mutu Beras di Bojonegoro Layak   |   12:00 . Per 15 Desember KA Argo Bromo Anggrek Berhenti di Stasiun Bojonegoro   |   11:00 . Mengenal Lala, Security Wanita Gedung Pemkab   |   10:00 . Komisi C DPRD Bojonegoro Berkunjung ke Kantor PEPC   |   09:00 . Melihat Pasar Hewan di Bojonegoro Selatan   |   08:00 . Pengajian, Moment Guyub Warga Desa   |   07:00 . Tips Pekerjaan: Begini Cara Atasi Baper di Kantor   |   20:00 . Emak Emak Modin Belajar Merawat Jenazah   |   19:00 . 7 Kecamatan ini Terkena Dampak Hujan Disertai Angin Kencang   |   18:00 . 352 Modin Perempuan Ikuti Pelatihan Keperawatan Jenazah   |   17:00 . Kondisi Gedung 7 Lantai Pemda Rontok   |   16:30 . Pertamina EP Borong Penghargaan Local Hero dan PROPER Hero pada HUT Pertamina   |   16:00 . Kereta Anjlok dan Terguling di Stasiun Doplang Blora   |   15:00 . Warga Karangpacar Kembangkan Kerajinan Hiasan Kayu Jati   |   14:00 . Ini Harga Komoditas di Bojonegoro Jelang Natal dan Tahun Baru   |  
Fri, 13 December 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Sunday, 20 May 2018 20:00

Praktik Komunitas Profesi Ners Kampus Ungu

Mahasiswa STIKes ICsada Ajari Warga Buat Pupuk

Mahasiswa STIKes ICsada Ajari Warga Buat Pupuk


Reporter: Muharrom


blokBojonegoro.com –
Sampah di lingkungan masyarakat masih menjadi persoalan tersendiri. Namun, di tangan mahasiswa Profesi Ners Kampus Ungu, STIKes ICsada Bojonegoro, hal itu bisa dijadikan produk bermanfaat. Diantaranya diolah menjadi pupuk cair dan kompos padat.

Bersama warga Dusun Kalisari, Desa Banjarsari, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Bojonegoro, Minggu (20/5/2018), mahasiswa Ners angkatan 4 yang melaksanakan praktik komunitas menggelar pelatihan ke warga. Yakni mengajak untuk mengolah sampah melalui pelatihan pembuatan pupuk kompos dan bokasi.

“Kita mengajak bersama-sama untuk memanfaatkan barang bekas dalam menciptakan tempat sampah ajaib dengan mengadopsi polda dari Jepang,” kata salah satu mahasiswa Ners Angkatan 4 Kampus Ungu, STIKes ICsada Bojonegoro, Fatimatus Zahro.

Iza, sapaan karibnya menambahkan, ada dua Rukun Tetangga (RT) 07 dan 09 di Dusun Kalisari, Desa Banjarsari, yang ikut kegiatan. Pemateri yang hadir tidak tanggung-tanggung, yakni Hamzah Nata Siswara, S.Pt alumni ITB asal Kecamatan Balen.

“Bahan baku memanfaatkan kotoran hewan warga dan limbah rumah tangga. Selama ini belum dimanfaatkan dan dibuang ke sembarang tempat. Kita ingin mengedukasi warga untuk kesehatan lingkungan juga,” tegasnya.

Hal senada disampaikan mahasiswa lain, Ella. Menurutnya, kegiatan yang mengambil tema "Limbah Bernilai Tambah" disambut antusias warga. Sebab, pemanfaatan limbah tersebut bernilai ekonomis dan berguna untuk petani dan kesuburan tanah.

“Selain petani, ada juga peserta yang merupakan pengusaha jamur tiram di dusun setempat. Warga juga diajak memanfaatkan barang bekas untuk dijadikan tempat sampah ajaib adopsi konsep dari Jepang,” lanjutnya.

Terpisah, pemateri Hamzah Nata Siswara mengaku, tempat sampah ini menghasilkan dua pupuk sekaligus, yakni cair dan padat. Untuk pupuk cair bisa digunakan sebagai pembasmi tikus, hama, maupun pengganggu tanaman lain yang dinilai sangat ekonomis.

“Misal 1 liter pupuk cair dari hasil olahan ini bisa digunakan menjadi 10 liter dengan bahan yang mudah dijangkau masyarakat,” katanya. [mu/ito]
 

Tag : mahasiswa, ners, bojonegoro, stikes icsada


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Thursday, 12 December 2019 00:00

    Inilah Cara Ibu Melenial Memperingati Hari Ibu

    Inilah Cara Ibu Melenial Memperingati Hari Ibu Ada hal yang beda dalam pertemuan Arisan Rutin ibu PKK Gg. Namlo RT.04/RW.01 Kelurahan Mojokampung Bojonegoro. Dalam pertemuan kali ini dikemas dengan memperingati hari ibu, para ibu PKK sangat...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat