20:00 . Forkopimcam Baureno Sinergi Bantu Korban Bencana   |   18:00 . Bappeda Gelar Lokakarya Expose tentang Sanitasi Air   |   17:00 . Kemenag Hanya Jalankan Aturan, Diska Wewenag PA   |   16:00 . Pilbox Peninggalan Belanda   |   15:00 . Melihat Tradisi Nyekar Jumat Pahing   |   14:00 . Senin, Peserta Lelang Jabatan Tes Wawancara   |   13:00 . Bulog Pastikan Mutu Beras di Bojonegoro Layak   |   12:00 . Per 15 Desember KA Argo Bromo Anggrek Berhenti di Stasiun Bojonegoro   |   11:00 . Mengenal Lala, Security Wanita Gedung Pemkab   |   10:00 . Komisi C DPRD Bojonegoro Berkunjung ke Kantor PEPC   |   09:00 . Melihat Pasar Hewan di Bojonegoro Selatan   |   08:00 . Pengajian, Moment Guyub Warga Desa   |   07:00 . Tips Pekerjaan: Begini Cara Atasi Baper di Kantor   |   20:00 . Emak Emak Modin Belajar Merawat Jenazah   |   19:00 . 7 Kecamatan ini Terkena Dampak Hujan Disertai Angin Kencang   |  
Sat, 14 December 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Saturday, 26 May 2018 07:00

Molor di Akhir Pekan Memperpanjang Umur?

Molor di Akhir Pekan Memperpanjang Umur?

Reporter: -

blokBojonegoro.com -
Dikarenakan berbagai kesibukan, Anda mungkin akan kekurangan tidur selama hari kerja dan molor di akhir pekan. Kebiasaan ini sering kali dipandang sebelah mata oleh kebanyakan orang.

Namun, rupanya kebiasaan mengisi akhir pekan dengan tidur bermanfaat bagi kesehatan. Demikian yang tercantum dalam Journal of Sleep Research garapan peneliti Swedia.

Kesimpulan ini mereka dapatkan seusai mendalami temuan dari penelitian sebelumnya pada tahun 1997.

Penelitian yang melibatkan 38.000 responden dewasa tersebut mengulas tentang korelasi kuantitas tidur dan tingkat kematian. Kelompok peserta berumur 65 tahun yang tidur kurang dari lima jam setiap hari ditemukan memiliki tingkat kematian yang 65 persen lebih tinggi daripada golongan peserta yang tidur cukup antara enam hingga delapan jam per hari.

Kini, para peneliti membuktikan kebenaran kesimpulan tersebut dengan menyelidiki nasib para partisipan berdasarkan daftar kematian nasional Swedia pada tahun 2010

Hasilnya masih sama, kuantitas tidur tetap berpengaruh pada mortalitas responden.

Akan tetapi, para peneliti kali ini juga menemukan bahwa bila responden menebus kekurangan tidur mereka di akhir pekan, maka tidak ada peningkatan risiko kematian dibanding mereka yang tidur cukup di hari kerja.

Sebaliknya, para peneliti tidak menyarankan untuk tidur dengan waktu yang terlalu lama atau lebih dari delapan jam. Sebab, mereka yang tidur melewati durasi yang dianjurkan setiap harinya rentan mengalami kematian dini, bahkan risikonya 25 persen lebih tinggi.

“Hasilnya menunjukkan tidur pendek pada hari kerja bukan faktor risiko kematian bila dikombinasikan dengan tidur pada akhir pekan (dengan durasi) panjang atau menengah,” ujar peneliti dikutip IFL Science, Kamis (24/5/2018).

“Tandanya, tidur pendek di hari kerja dapat dikompensasi selama akhir pekan. Dan ini berimplikasi untuk (tingkat) kematian,” imbuh peneliti utama Torbjörn Åkerstedt dari Universitas Stockholm

Meskipun temuan ini terbilang memberi pengetahuan baru, penyempurnaan tetap dibutuhkan. Sebab, peneliti tidak mengobservasi langsung durasi tidur responden. Responden hanya melaporkan sendiri tentang lama tidur mereka, dan itupun cuma dilakukan sekali saja.


Sumber: http://health.kompas.com/read/2018/05/25/170700423/
jangan-salah-molor-di-akhir-pekan-ternyata-memperpanjang-umur

Tag : tidur, akhir, pekan


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Thursday, 12 December 2019 00:00

    Inilah Cara Ibu Melenial Memperingati Hari Ibu

    Inilah Cara Ibu Melenial Memperingati Hari Ibu Ada hal yang beda dalam pertemuan Arisan Rutin ibu PKK Gg. Namlo RT.04/RW.01 Kelurahan Mojokampung Bojonegoro. Dalam pertemuan kali ini dikemas dengan memperingati hari ibu, para ibu PKK sangat...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat