07:00 . 3 Kebutuhan Dasar Tumbuh Kembang Anak yang Harus Dipenuhi   |   21:00 . Total, 91 Orang Tekonfirmasi Positif di Bojonegoro   |   17:00 . Ini Alasan KSBB Difokuskan di Daerah Perbatasan   |   16:00 . Bupati Resmi Buka Karya Bakti Skala Besar Tahun 2020   |   15:00 . DPRD : Pemenuhan Hak Disabilitas Perlu Diperhatikan   |   14:00 . Antisipasi Kekeringan, BPBD Mulai Petakan Wilayah Rawan Kekeringan   |   13:00 . Hedonisme dan Pertaruhan Kredibilitas KPK   |   12:00 . 3 Hari, 613 Calon Mahasiswa Rapid Tes di Labkesda Bojonegoro   |   11:00 . Sebelum Operasi Sikat Semeru 2020, ini yang Dilakukan Polres Bojonegoro   |   10:00 . RUU PKS Ditarik dari Prolegnas, Kopri Bojonegoro Kecewa Kepada DPR   |   09:00 . Asti Pelihara Belasan Kucing Ras dan Kampung   |   08:00 . Haji Ditunda, 9 Jamaah Haji Ajukan Pembatalan Pelunasan BPIH 2020   |   22:30 . 2 Hari Stagnan Tak Ada Tambah Sembuh dan Positif Covid-19   |   16:00 . Total Hadiah Tabungan Jutaan Rupiah, ini Rincian untuk Lomba Foto   |   15:00 . Inilah Jadwal Pelayanan Donor Darah PMI Bojonegoro Juli 2020   |  
Tue, 07 July 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Sunday, 27 May 2018 19:00

Kampus Ungu Ajak Pramuka Jadi Tentara Kesehatan Remaja

Kampus Ungu Ajak Pramuka Jadi Tentara Kesehatan Remaja

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com –
Selama dua hari, Sabtu (26/5/2018) dan Minggu (27/5/2018), Tim PKM-M Kampus Ungu, STIKes ICsada Bojonegoro menggelar kegiatan di SMA Islam Nurul Ulum, Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro. Siswa-siswi yang tergabung di Pramuka sekolah setempat sangat antusias.

Penyuluhan dan pendampingan kesehatan terkait kegawatdaruratan dan infeksi seksual menular tersebut terangkai dalam program "PRAMUKA As A Teenage Health Soldier" yang lolos dan terdanai DIKTI. Tujuan program tersebut untuk mengembangkan organisasi Pramuka sebagai tentara kesehatan remaja yang tanggap kegawatdaruratan dan paham penyakit infeksi seksual menular.

Pihak sekolah mendukung penuh aktivitas kepanduan atau kepramukaan tersebut. Karena, selama ini belum pernah ada mahasiswa kesehatan yang memberikan penyuluhan dalam bentuk kepramukaan.

"Kami sangat gembira dengan adanya program dari mhasiswa STIKes ICsada ini, sebab bisa menambah wawasan dari siswa-siswi kami supaya lebih termotivasi untuk menjaga kesehatan dan berpendidikan tinggi nantinya," kata Kepala Sekolah SMA Islam Nurul Ulum, Fadhilah.

Sementara itu Ketua PKM-M, Sandi Ovinia Putri yang juga mahasiswa Prodi S1 Ilmu Keperawatan/Ners Kampus Ungu menjelaskan, Program "PRAMUKA As A Teenage Health Soldier" merupakan ide original dari Kampus Ungu dan saat ini telah lolos di tingkat Nasional.

“Lima anak di kelompok kami, yakni saya, Adhe Annisa Pramesti, M. Iqbal Ramdani, Meidalina Ardianti, dan Nur Indah lestari. Intinya, kami ingin membagikan ilmu kesehatan dasar pada remaja melalui organisasi Pramuka yang kami kemas unik dan seseru mungkin dengan berbagai media,” jelas Sandi, sapaan karibnya.

Di antara yang dipakai alat meliputi, kaos, scarf, buku saku, peraga kesehatan dan metode demonstrasi serta evaluasi. Pihaknya bersyukur, peserta menyambut dengan semangat dan berpartisipasi aktif. Di akhir kegiatan ada penobatan duta Teenage Health Soldier.

“Dari evaluasi nantinya akan dikembangkan dan dijalankan setiap Pramuka di SMA Islam Nurul Ulum. Duta yang terpilih yaitu Siti Fatimah dari kelas 11,” lanjutnya.

Terpisah, dosen pembimbing PKM-M STIKes ICsada Bojonegoro, Nurul Jariyatin mengaku bangga dengan kreatifitas mahasiswa. "Kami berharap apa yang mahasiswa berikan dapat bermanfaat bagi sekolah. Sebab ini juga merupakan salah satu moto kami yaitu bermanfaat sejak dalam proses pendidikan," pungkas Bu NJ, sapaan karib perempuan yang juga Ketua Yayasan Dharma Cendekia tersebut, induk Kampus Ungu. [ito/lis]
 

Tag : kampus, ungu, stikes, icsada


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 16 June 2020 19:00

    Dampingi Petani, Disperta Bojonegoro Adakan SL-PTT Tembakau

    Dampingi Petani, Disperta Bojonegoro Adakan SL-PTT Tembakau Guna meningkatkan SDM petani, khususnya petani tembakau, Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro mengadakan Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu (SL-PTT) tembakau di kelompok tani Sumber Rejeki, Desa Bulu, Kecamatan Sugihwaras, Kabupaten Bojonegoro,...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat