18:00 . PTSL 2020, Kabupaten Bojonegoro Tempati Urutan ke-2 Se-Jatim   |   13:00 . Pascakebakaran, Pertamina Targetkan CPP Gas Gundih Beroperasi November   |   12:00 . Jelang Idul Adha, Harga Telur Ayam Turun   |   11:00 . Polres dan Dishub Bojonegoro Siapkan Grid Bagi Pengendara Motor   |   10:00 . Intip Kuliner Khas Arab di Teras Alfaros   |   09:00 . Tingkatkan Pembangunan Desa, DPMD Bersama P3MD Fasilitasi Penyusunan RKPDes   |   08:00 . 16 Pot Bunga di Kota Dirusak Orang   |   07:00 . Kesalahan Pakai Masker yang Amat Berbahaya Tapi Sering Dilakukan Keluarga   |   21:00 . Sehari, 16 Orang di Bojonegoro Terkonfirmasi Positif Covid 19   |   20:00 . Sumur Bor di Margomulyo Keluar Gas, Gegerkan Warga   |   15:00 . Ada Penyaluran Beras Bansos ke KPM, ini Tanggapan Bulog   |   14:00 . Rapid Test Gratis Masyarakat Bojonegoro Didominasi Pekerja   |   13:00 . Pemohon Akta Kematian Rata-rata 20-25 Orang Per Hari   |   12:00 . Petani di Mulyorejo ini Mengadukan Nasib Tanam Tembakau   |   11:00 . Baksos Wujud Kejari Bojonegoro Hadir Bantu Kepedulian Sesama   |  
Thu, 16 July 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Monday, 28 May 2018 07:00

Minum Jus Buah Tiap Hari Tingkatkan Potensi Obesitas pada Anak

Minum Jus Buah Tiap Hari Tingkatkan Potensi Obesitas pada Anak

Reporter: -

blokBojonegoro.com -
Anak-anak yang mengonsumsi jus buah saat sarapan cenderung mengalami obesitas.

Jus -meski dianggap sebagai pilihan yang sehat, justru dapat berakibat buruk bagi kesehatan anak-anak. Ini terjadi karena kandungan gula di dalamnya.

Oleh karena itu, pakar kesehatan menyarankan agar orangtua tidak mengganti buah-buhan segar dengan jus sebagai menu sarapan anak-anak.

Dilansir laman the Independent, riset dari Medical University of Vienna telah membuktikan kesimpulan ini.

Terungkap bahwa anak-anak yang mengonsumsi jus jeruk atau apel saat sarapan, 50 persen lebih potensial untuk mengalami kelebihan berat badan.

Sebaliknya, mereka yang mengonsumsi air putih mengalami penurunan risiko obesitas hingga 40 persen.

Selain itu, riset juga membuktikan, melewatkan sarapan juga berefek sama karena membuat anak-anak lebih mungkin untuk "ngemil" di siang hari.

Riset ini telah dipublikasikan dalam the European Congress on Obesity di Vienna.

Untuk mendapatkan hasil yang akurat, periset meneliti kebiasaan sarapan 652 anak-anak berusia 13 tahun.

Sebagian besar jenis makanan memang tidak memiliki hubungan yang jelas dengan berat badan.

Tapi, periset menemukan mereka yang mengonsumsi jus buah lebih dari tiga kali seminggu 50 persen lebih potensial mengalami kelebihan berat badan, bahkan obesitas.

Hasil riset juga membuktikan, mereka yang sarapan memiliki bobot tubuh rata-rata satu kilogram lebih ringan, daripada mereka yang melewatkan sarapan.

Menurut peneliti, hasil riset ini bukan bermaksud membuktikan jika jus buah tak memiliki manfaat apapun bagi kesehatan anak-anak.

"Kami tertarik untuk mempromosikan manfaat jus buah karena memang memiliki vitamin dan mineral, dan jus juga mengandung banyak serat."

Demikian dikatakan Aisling Pigott, pakar diet anak dari Pigott, British Dietetic Association.

Namun menurut Aisling Pigott, mengonsumsi jus buah dalam jumlah besar tak akan memberikan manfaat tambahan.

Oleh karena itu, sebaiknya jus buah ini dikonsumsi dalam jumlah kecil.

Pigott juga menyarankan agar orangtua menambahkan air saat membuat jus untuk anak-anaknya.

Rasio terbaik antara jus buah dan air untuk konsumsi anak-anak adalah 1:4, satu bagian untuk buah dicampur empat untuk air.

Sementara itu, mereka yang berusia lebih dewasa bisa mengggunakan rasio 0,5:0,5.


Sumber: https://lifestyle.kompas.com/read/2018/05/27/160000720/
minum-jus-buah-tiap-hari-tingkatkan-potensi-obesitas-pada-anak

Tag : makan, buah, anak, obesitas


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Sunday, 12 July 2020 14:00

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB, Berikut Syaratnya!

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB, Berikut Syaratnya! Perkembangan blokMedia Group (blokBojonegoro media dan blokTuban media) semakin pesat dengan pembaca yang terus meningkat untuk wilayah Bojonegoro dan sekitarnya. Hal itu membuat manajemen melakukan pembenahan, termasuk menambah jumlah reporter...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 16 June 2020 19:00

    Dampingi Petani, Disperta Bojonegoro Adakan SL-PTT Tembakau

    Dampingi Petani, Disperta Bojonegoro Adakan SL-PTT Tembakau Guna meningkatkan SDM petani, khususnya petani tembakau, Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro mengadakan Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu (SL-PTT) tembakau di kelompok tani Sumber Rejeki, Desa Bulu, Kecamatan Sugihwaras, Kabupaten Bojonegoro,...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat