Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Musim Pancaroba, Domba dan Sapi Rentan Sakit Diare

blokbojonegoro.com | Saturday, 16 June 2018 19:00

Musim Pancaroba, Domba dan Sapi Rentan Sakit Diare

Reporter: M. Safuan

blokBojonegoro.com - Musim panas tahun ini kondisi hewan ternak jenis domba dan Sapi di Kabupaten Bojonegoro terbilang sehat. Pasalnya hingga kini, saat memasuki kemarau Dinas Peternakan dan Perikanan belum menerima laporan hewan ternak sakit.

"Memang hingga kini belum ada peternak domba dan Sapi yang lapor bahwa hewan ternaknya mengalami sakit," kata Kabid Kesehatan Hewan, Disnakkan Bojonegoro, Sugiharti Sri Rahayu.

Dirinya menjelaakan, biasanya hewan ternak domba dan sapi rentan terkena penyakit saat musim peralihan dari Kemarau ke Hujan (Pancaroba) atau sebaliknya, namun biasanya penyakit yang diderita adalah diare, pasalnya hewan ternak tersebut enggan makan atau banyak minum.

"Selain itu, hewan ternak tersebut berat badanya juga menurun," sambung wanita yang akrab disapa Yayuk ini.

Pada musim peralihan (pancaroba) biasanya tidak hanya ternak domba atau sapi yang terkena diare, namun hampir keseluruhan hewan ternak, sehingga peternak harus jeli dan cepat tanggap untuk segera mengobati.

"Ya hanya diberi obat diare serta menjaga stabilnya suhu kandang saja, agar cepat sembuh," tandas Yayuk kepada blokBojonegoro.com. [saf/mu]

Tag : hewan ternak



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini