Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Kemarau, Petani Sekar Mulai Tanam Cabai

blokbojonegoro.com | Sunday, 17 June 2018 14:00

Reporter: Sutopo
 
blokBojonegoro.com -  Kecamatan Sekar tak hanya terkenal dengan tanaman bawang merah, masih ada satu lagi tanaman yang jadi ikon di daerah setempat yaitu cabai.
 
Tanaman cabai, biasanya ditanam secara tumpang sari bersama bawang merah. Sehingga, perawatanya bisa bersama sekaligus. Pemberian pupuk pun bisa dilakukan satu kali untuk dua tanaman.
 
"Warga sini sudah biasa menanam bawang kemudian di dalamnya disisipi oleh cabai," kata seorang warga sekar, Sumingkat, kepada blokBojonegoro.com, kemarin.
 
Menurut dia, penanaman model tersebut lebih efektif. Artinya, tak perlu menunggu bawang merah panen terlebih dahulu. Kalau, bawang merah sudah panen, biasanya cabai cepat tumbuh subur, karena, sebelumnya telah mendapat pestisida dan pupuk bersama.
 
"Kalau nanti bawang merah sudah panen, tanaman cabai tinggal memberikan perawatan sedikit. Dan tinggal menunggu beberpa minggu akan berbuah," tuturnya.
 
Petani lain, Warso menambahkan, cabai bibit yang ditanam adalah jenis rawit lokal. Yaitu dari hasil pembuatan dari para petani setempat.
 
"Bibit cabai lokal biasanya mudah untuk ditanam dan masa berbuahnya pun juga lebih lama dibanding dengan cabai jenis gobeh (jumbo)," terang Warso. [top/lis]

Tag : Cabai, petani, sekar



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini