19:00 . Bermain di Sungai, Anak 9 Tahun Ditemukan Meninggal Tenggelam   |   18:00 . Ngabuburit, Masyarakat Disuguhi Lukisan Komunitas Sangrupa   |   17:00 . Banyak Warga Keluar Ngabuburit, Jembatan Glendeng Sesak   |   16:00 . Antre Lewat Jelang Berbuka   |   14:00 . Calon Jema’ah Haji Khususnya Lansia Divaksin   |   13:00 . Upaya Penanganan Pertamina EP Direspons Positif   |   12:00 . Melesat Naik, Harga Emas Dibanderol Rp937.000   |   11:00 . Bersama Realfood, DMI Bojonegoro Bagi Takjil di Ribuan Masjid   |   10:00 . Perempuan Asal Bojonegoro Diamankan Satpol PP Tuban di Eks Lokalisasi Gandul   |   09:00 . Gerak Cepat, Jasa Raharja Santuni Korban Laka di Sumberrejo   |   08:00 . Dewan Kehormatan dan Pengurus PMI Kab. Bojonegoro Resmi Dilantik   |   07:00 . Tips Memilih Makanan Sehat Agar Tetap Bugar Selama Puasa   |   05:00 . Kasus Baru Tambah 2, Konfirmasi Positif Menjadi 14 Orang   |   17:00 . Asal Muasal Desa Ngringinrejo, Sesepuh: Ada Senopati Moksa di Beringin Raksasa   |   16:00 . Menuju Smart Green City, Bojonegoro Berupaya Jadi Kota Ramah Disabilitas   |  
Sun, 18 April 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Harga Elpiji Capai Rp40 Ribu, Disdag Nilai Ada Oknum Nakal

blokbojonegoro.com | Thursday, 21 June 2018 23:00

Harga Elpiji Capai Rp40 Ribu, Disdag Nilai Ada Oknum Nakal

Reporter : Muhammad Qomarudin
 
blokBojonegoro.com - Harga elpiji 3 kilogram atau gas melon di Kabupaten Bojonegoro sampai menembus Rp40.000. Selain mahal, gas melon juga bisa dikatakan barang yang cukup langka di Kota Ledre sejak awal puasa sampai pasca Lebaran ini.
 
Dinas Perdagangan Kabupaten Bojonegoro menilai, mahal dan sulitnya gas elpiji diindikasi ada oknum yang memanfaatkannya. Sebab, Bojonegoro sendiri pada bulan Ramadan dan Lebaran mendapatkan tambahan stok sampai sekitar 25 ribu lebih.
 
"Bulan Mei kita mnyediakan 851 ribu tabung dan ditambah 11.666 lantaran bulan puasa. Sedangkan untuk bulan Juni kita menyediakan 823 ribu dan ada tambahan 14 ribu lantaran Lebaran," terang Kepala Dinas Perdagangan, Agus Supriyanto.
 
Sehingga ia menilai ada indikasi oknum yang memanfaatkanya, karena hampir setiap satu bulan Bojonegoro mendapatkan hampir 1 Juta tabung. Memang pada bulan ramadan dan Lebaran memang menjadi momen yang sangat fital, karena hampir setiap kebutuhan dapur mengalami kenaikan harga.
 
"Saat Lebaran biasanya para penyedia ataupun pangkalan libur, sehingga menjadi langka. Kemudian dengan kelangkaan tersebut dimanfaatkan oknum untuk menjualnya dengan harga yang lebih tinggi," ujarnya.
 
Melihat kelangkaan tabung elpiji, Dinas Perdagangan pada hari pertama masuk pasca libur Lebaran langsung melakukan Sidak dibeberapa pangkalan lpg dibeberapa lokasi. Alhasil, Dinas Perdagangan menemukan dua pangkalan di Kecamatan Kota dan Kecamatan Dander ada menjual di atas harga eceran tertinggi yaitu Rp16.000
Padahal menurut peraturan gubernur, pangkalan elpiji tidak boleh menjual ke konsumen dengan harga lebih dari HET. Sedangkan untuk pertokoan seharusnya menjual kepada konsumen sebesar Rp18.000 atau mengampil keuntungan sebanyak Rp2.000.
 
"Kita tadi melakukan sidak ke lima titik dan menemukan 2 tempat yang menjual diatas HET. Padahal sudah ada peraturan yang melarang walau apapun alasanya," lanjut Agus.
 
Untuk kedua pangkalan tersebut langsung mendapatkan Surat Peringatan (SP) dari Dinas Perdagangan. Jika kedepanya kedua perusahaan masih menjual dengan harga diatas HET, maka Dinas Perdagangan akan bersikap tegas dengan menutup izin dari pangkalan tersebut.
 
Selain itu, dirinya juga berharap kepada masyarakat ikut mengawasi distribusi ataupun penjualan elpiji di tengah-tengah masyarakat. Serta kalau bisa, ketika ada kelangkaan lpg bisa langsung membeli di pangkalan langsung ataupun SPBU terdekat. Sehingga, tidak ada lagi permainan dari oknum-oknum nakal.
 
"Saya juga berharap untuk masyarakat yang tergolong cukup kaya tidak menggunakan lpg melon, karena itu ditujukan untuk masyarakat miskin. Bahkan ia juga mengarahkan agar menggunakan gas 5,5 kg dan 12 kg atau pun nonsubsidi," tutupnya kepada blokBojonegoro.com.[din/col]
 

Tag : elpiji, serapan, stok


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat