07:00 . Jangan Makan 4 Bagian Ayam Berikut Demi Kesehatan   |   06:00 . Aksi Panggung Kesenian Negara Thailand di Bojonegoro   |   00:00 . Wow...! Perang Nasi di Tondomulo, Ada Apa?   |   23:30 . Syahdunya Jagong Pitulasan Bareng Gusdurian   |   23:00 . Kesenian Sandur Pukau Ratusan Masyarakat Bojonegoro   |   22:00 . KKM MI Kapas Gelar Bimtek K13 Revisi Tahun 2018   |   21:00 . Pecah, Tawa Penonton Saat Saksikan Persembahan Drama PBSI   |   20:00 . Tingkatkan Jiwa Sosial, SMPN 1 Kanor Tutup MPLS dengan Baksos   |   19:00 . Harga Murah, Bule Borong Belimbing Di Ngringinrejo-Bojonegoro   |   18:00 . Forpimka Cup 2019, Sumuragung Fc Ungguli Tuluungrejo FC   |   17:00 . Sosialisasi Hukum, Terungkap Narkoba Rawan Beredar di Bojonegoro   |   16:00 . Target Serapan Beras Ke Petani Kini Tinggal 10 Persen   |   15:00 . Berdayakan Lansia Menjadi Semakin Produktif   |   14:30 . Kegiatan 12 Meter di Jalur Pipa Harus Dapat Izin EMCL   |   14:00 . Lawan Timnas U-19, Persibo Bawa 20 Pemain   |  
Thu, 18 July 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tuesday, 10 July 2018 17:00

Kartar di Wilayah Operasi EMCL ikuti Pelatihan Agrowisata

Kartar di Wilayah Operasi EMCL ikuti Pelatihan Agrowisata

Kontributor: Apriani

blokBojonegoro.com -
Bertempat di Pusat Inkubasi Bisnis (PIB) Bojonegoro, puluhan pemuda anggota karang taruna dari kawasan operasi migas Lapangan Banyu Urip, Blok Cepu mengikuti pelatihan pengembangan agrowisata, Selasa (10/7/2018). Anggota karang taruna tersebut mendapat kepercayaan dari SKK Migas dan ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) untuk memanfaatkan lahan negara di sekitar warga.

Agrowisata dinilai sangat cocok bagi para pemuda. Selain mengembangkan pertanian di kalangan anak muda, juga menumbuhkan kreativitas dalam memperkuat daya tarik wisata desa. Khususnya di Desa Mojodelik, Gayam, Brabowan, dan Bonorejo.

“Agrowisata ini merupakan bagian dari pembangunan ekonomi kita, sehingga harus direncanakan dengan baik dan berkerjasama dengan semua stakeholder desa serta Pemerintah Kabupaten,” ucap Kepala Bidang Perencanaan Bappeda Bojonegoro, Ike Widiya Sari.

Ike menyatakan dukungannya terhadap inisiatif EMCL dalam Program Pengembangan Agrowisata dan Penghijauan bagi pemuda ini. Dia mendorong para pemuda agar menjaga konsistensi semangat mengelola usaha tersebut.

“Program ini ada anggarannya, menggunakan uang negara, jadi harus betul-betul dimanfaatkan dengan baik,” jelas Ike yang dalam kesempatan tersebut memaparkan tentang Perencanaan dan Implementasi Pengembangan Agrowisata di Bojonegoro.

Selain Ike, pemateri lainnya adalah penggerak agrowisata dari Desa Ngringinrejo, Suwoto. Dia berbagi kisah mengenai susah dan sukses membangun Kebun Belimbing Ngringinrejo.  Sedangkan dari Dinas Pertanian, Djoko Poedjowijono menyampaikan materi bertema Strategi Sukses Membangun Agrowisata.

Menurut perwakilan EMCL Ichwan Arifin, semangat para pemuda dalam mengembangkan agrowisata di sekitar wilayah Lapangan Banyu Urip ini patut diapresiasi. Sebagai wujudnya, EMCL melanjutkan program agrowisata dan penghijauan bagi pemuda di tahun 2018 ini.

“Pertama kali EMCL menginisiasi program pada November 2016, setelah itu kita lanjutkan lagi pada Desember 2017 hingga Agustus 2018 nanti,” tuturnya.

Ichwan mengatakan, semangat para pemuda diharapkan bisa menginspirasi yang lain. Upaya positif dalam melakukan penghijauan sekaligus bernilai ekonomi ini patut didukung semua pihak. “Generasi berikutnya bisa menikmati hasilnya juga,” katanya.

Pembukaan acara dihadiri pula oleh Sekretaris Camat Gayam, Komandan Posramil Gayam, dan LSM Tropis yang mendampingi program tersebut.

Pada sesi akhir kegiatan, peserta diajak melihat kebun rintisan agrowisata yang telah dimulai oleh karang taruna Desa Brabowan. Para pemuda di sana telah berhasil mengembangkan jambu kristal dan sudah memanen hasilnya. [ani/ito]

Tag : emcl, pemuda, kartar, pelatihan

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Wednesday, 17 July 2019 22:00

    KKM MI Kapas Gelar Bimtek K13 Revisi Tahun 2018

    KKM MI Kapas Gelar Bimtek K13 Revisi Tahun 2018 Kelompok Kerja Madrasah (KKM) MI Kecamatan Kapas melaksanakan Bimbingan Teknis K13 Revisi Tahun 2018 yang akan berlangsung selama 4 hari dari tanggal 17 hingga 20 Juli 2019. Kegiatan ini berlangsung...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat