19:00 . Belasan CJH Bojonegoro Dipastikan Gagal Berangkat ke Tanah Suci   |   18:00 . Jamaah Haji Bojonegoro Bakal Diberangkatkan Mulai 31 Juli   |   17:00 . Puluhan CJH Bojonegoro Termasuk Kelompok Risti   |   16:00 . Jelang Idul Adha, Harga Cabai Merangkak Naik   |   15:00 . Musim Kemarau, Disnakkan Klaim Petani Ikan Sudah Panen   |   14:00 . Laga Kontra Arema Malang United Jadi Uji Coba Terakhir Persibo   |   13:00 . DPD AGPAII Bojonegoro Resmi Dikukuhkan   |   12:00 . Perkuat Pengembangan Operasional Kilang Nasional, Pertamina Gandeng 5 PTN   |   11:00 . Penetapan Caleg Tepilih, KPU Hanya Diberi Waktu Lima Hari   |   10:00 . Ratusan Guru PAI se-Bojonegoro Ikuti Pembinaan dan Halal Bihalal   |   09:00 . Cinta NKRI, Urus KTP Diusia Senja   |   08:00 . Abimanyu Dilantik Jadi Pj. Sekda Bojonegoro   |   07:00 . Mau Naik Haji? Periksa Kesehatan Ini Sebelum Berangkat   |   22:00 . Awak Media Diminta Keluar Saat Liput Pelantikan, Ini Alasan Bupati   |   21:00 . Bupati Resmi Lantik Pj Sekda Bojonegoro   |  
Sun, 21 July 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Saturday, 14 July 2018 10:00

Jamur Tiram Tak Hanya Ditumis, Disate Juga Enak

Jamur Tiram Tak Hanya Ditumis, Disate Juga Enak

Kontributor: Apriani

blokBojonegoro.com - Sebagian masyarakat biasanya ketika memasak Jamur Tiram diolah atau dimasak tumis, namun tidak dengan perempuan satu ini, ia mengolah Jamur Tiram menjadi sate dengan cita rasa yang khas dengan bumbu kacang.

Nur Afidatus Sholihah, menjadi wirausaha adalah salah satu keinginannya, karena ia juga hobi  memasak, akhirnya mencari ide resep-resep masakan yang unik, dan dapatlah Sate Jamur Tiram.

"Udah beberapa kali coba berbagai resep, dan ternyata lebih suka dengan Sate Jamur Tiram," ujur perempuan yang akrab disapa Afida kepada blokBojonegoro.com.

Jika biasanya Jamur Tiram lebih sering dimasak tumis, di tangan Afida sapaan akrabnya, Jamur Tiram tersebut bisa dimasak menjadi sate, yang rasanya tentu tidak kalah enak dengan sate daging terlebih sate daging ayam.

"Dengan begini jamur tidak hanya dijual mentah saja, jadi bisa dijual sebagai makanan yang siap santap. Sebenarnya pembudidaya Jamur Tiram di Bojonegoro juga lumayan banyak, dan di sini juga ada," jelas perempuan asal Desa Tanjungharjo, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro.

Di tangan perempuan yang berusia sekitar 22 tahun ini, dengan adanya resep khusus rasa sate jamur tiram bisa menjadi seperti rasa sate daging ayam, itulah yang menjadikan sate jamur tiram tersebut digemari masyarakat.

"Jamur tiramnya direbus dengan bumbu, untuk menghilangkan bau tidak sedap dari jamurnya, dan supaya bumbunya juga meresap pada jamur tiram tentunya biar lebih enak juga," tutur mahasiswa semester akhir di IAI Sunan Giri Bojonegoro.

Ia juga menyebutkan, jamur tiram tersebut akan sulit ditusuk ketika jamur masih alot ataupun terlalu lembek, jadi harus memperhatikan waktu saat proses perebusan. Sedangkan sate jamur tiram ini lebih cocok ketika dipadukan dengan bumbu kacang yang dimasak saat itu juga. Dan jangan sampai ketinggalan taburan bawang merah irisnya, yang akan menambah cita rasa dari sate jamur tiram.

"Kalau dibuat sate lebih enak pakai yang jamur tiram putih, karena tekstur dari jamur tiram putih lebih mudah saat ditusuk, konsumen juga lebih suka rasa dari jamur tiram putih, dan lebih murah juga harganya. Untuk bumbunya saya buat langsung, setiap jualan pasti bumbunya baru, begitupun dengan jamurnya, sama-sama baru dimasak semua," ungkap perempuan yang juga penyayang hewan ini menandaskan.

Ia berjualan Sate Jamur Tiram sejak puasa ramadan 2018, awalnya ia berjualan di Stand Bazar Pasar Tanjungharjo, dan untuk saat ini ia hanya melayani Delivery Order (DO) saja.

Meski baru pemula berwirausaha kuliner, sampai saat ini dalam sehari ia mampu menghabiskan lima sampai enam kilogram Jamur Tiram. Perporsi sate jamur tiram ini patok dengan harga Rp11.000 yang berisi 10 tusuk sate jamur tiram.

"Tidak hanya untuk lauk saja tetapi digado (cemilan) juga enak," katanya. [ani/mu]

Tag : Jamur tiram, sate jamur tiram

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Wednesday, 17 July 2019 22:00

    KKM MI Kapas Gelar Bimtek K13 Revisi Tahun 2018

    KKM MI Kapas Gelar Bimtek K13 Revisi Tahun 2018 Kelompok Kerja Madrasah (KKM) MI Kecamatan Kapas melaksanakan Bimbingan Teknis K13 Revisi Tahun 2018 yang akan berlangsung selama 4 hari dari tanggal 17 hingga 20 Juli 2019. Kegiatan ini berlangsung...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat