Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Disnakkan Bojonegoro Sabet Juara I Lomba Olah Masakan Tingkat Provinsi

blokbojonegoro.com | Wednesday, 25 July 2018 10:00

Reporter: M Safuan

blokBojonegoro.com - Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Bojonegoro yang menyaber juara I tingkat provinsi dalam lomba dalam olahan masakan yang berbahan dasar ikan bandeng yang diselenggarakan di Surabaya.

Dalam lomba itu, Disnakkan Bojonegoro bersaing dengan 26 peserta dari kabupaten lain dan berhasil meraih hasil manis pada kategori "Menu Masakan Keluarga" dengan bahan dasar Ikan bandeng. Pada acara itu Disnakkan Bojonegoro mengirimkan perwakilannya yang diwakilkan oleh ibu PKK Kecamatan Balen untuk mengolah aneka masakan dan hasilnya mendapat hasil yang membanggakan.

Kabid Perikanan, Dinas Peternakan dan Perikanan Bojonegoro, Imam Suprayogi mengungkapkan keikutsertaan dalam lomba tersebut sebagai upaya untuk meningkatkan konsumsi masyarakat Bojonegoro, sehingga nantinya konsumsi masyarakat bisa akan terus meningkat.

"Saat ini tingkat konsumsi masyarakat terhadap makanan berbahan dasar ikan masih belum seberap tinggi yakni sebesar 24,94 kg per kapita," terang Imam saat ditemui blokBojonegoro.com.

Sedangkan untuk persiapan mengikuti lomba, pihaknya menyiapkannya selama kurang lebih dua minggu untuk memberikan arahan terhadap persiapan ibu PKK asal kecamatan. Akan tetapi untuk cara pengolahan pastinya ibu PKK yang lebih tahu untuk cara penyajiannya. 

"Sedangkan menu yang disajikan adalah Bandeng Kacang Merah (Bancang), Bola Bandeng Saus Tauco (Bodeng), Bandeng Fantasia Kuah Lodeh dan Bandeng Njentit dan Nasi Sawut Kacang Tolo," ungkap Pria yang disapa Imam itu.

Pada lomba tersebut yang penilaian meliputi kandungan gizi, penampilan dan komposisi serta rasa dan penyajiannya. Penilaian itu dilakukan oleh 3 juri yakni Juri pertama dari Perwakilan Dinas kesehatan yang menilai kandungan gizi, Juri 2 dari Chef Hotel Eksekutif yang menilai penampilan dan cara penyajiannya dan juri 3 dari perwakilan Universitas yang menilai isi dan rasanya.

"Dengan menjadi juara 1 ini pastinya, kedepan akan mempersiapkan untuk mewakili Provinsi pada ajang lomba menu masakan keluarga tingkat nasional," pungkas Imam Kepada blokBojonegoro.com. [saf/lis]

 

 

Tag : masakan, olahan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini