22:30 . 2 Hari Stagnan Tak Ada Tambah Sembuh dan Positif Covid-19   |   16:00 . Total Hadiah Tabungan Jutaan Rupiah, ini Rincian untuk Lomba Foto   |   15:00 . Inilah Jadwal Pelayanan Donor Darah PMI Bojonegoro Juli 2020   |   14:00 . Hari Bhayangkara ke 74, PPA dan PDKB Kanor Gelar Bakti Sosial   |   13:00 . Persiapan Popda dan Porkab, Atlet Atletik Digenjot Latihan   |   12:00 . Berikut Panduan Naik KA Saat Pandemi Covid 19   |   10:00 . Resah, Ular Sanca Ukuran 1.5 Meter Diamankan   |   09:00 . Rapid Test Gratis untuk Peserta UTBK Calon Mahasiswa   |   08:00 . Intip Desa Sentra Perikanan   |   07:00 . Selain WFH, Ini 6 Hal yang Bikin Sakit Punggung   |   22:00 . Tak Ada Tambahan Sembuh dan Positif, PDP Bertambah 1 Orang   |   19:00 . Menggelitik....!!! Arga Marvel Pernah Juara Berhadiah 1 Sak Gabah   |   18:00 . Sesosok Mayat Wanita Mengapung di Bengawan   |   17:00 . Semangati Milenial Teladani Bung Karno Lewat Lomba Vlog dan Puisi   |   16:00 . Diduga Korsleting Listrik, 4 Rumah Warga Kasiman Terbakar   |  
Mon, 06 July 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Wednesday, 25 July 2018 20:00

MAN 1 Bojonegoro, Sekolah Siaga Kependudukan

MAN 1 Bojonegoro, Sekolah Siaga Kependudukan

Pengirim: Hanik Fauziyah

blokBojonegoro.com - Masalah kependudukan adalah masalah yang sangat penting dan menarik untuk di pertimbangkan , untuk itu permasalahan kependudukan dapat ditangani secara cepat dan tepat. Karena hal inilah pemerintah melalui Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) bekerjasama dengan instansi pendidikan untuk bergabung dalam SSK yakni kepanjangan dari Sekolah Siaga Kependudukan. Salah satu sekolah yang turut andil didalamnya adalah MAN 1 Model Bojonegoro.

Menurut Kepala MAN 1 Model Bojonegoro, Saifuddin Yulianto, hal yang melatar belakangi MAN 1 Model Bojonegoro ditunjuk sebagai bagian dari SSK tidak lain tidak bukan di kerenakan prestasi yang telah di raih oleh Siswa MAN 1 Model Bojonegoro, diantaranya, Juara 1 Pidato bidang Kependudukan yang diwakili oleh Sonia Arinta W. kelas XII UP 3 & juara 3 Esay Kependudukan yang diwakili oleh Putri Agustina Nur Baiti kelas XII UP 4 tingkat Provinsi pada tahun 2017.

"Dengan ditetapkannya MAN 1 Model Bojonegoro sebagai SSK, maka pihak management sekolah menetapkan unsur materi kependudukan masuk ke dalam materi pembelajaran, diantaranya: Geografi, Biologi, Sosiologi, Ekonomi, Aqidah Akhlaq, Olahraga, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Perwujudan dari metode ini adalah dengan diciptakannya lagu bertemakan Kependudukan," jelasnya.

Selain memasukkan unsur kependudukan dalam materi pembelajaran, MAN 1 Model Bojonegoro juga menciptakan inovasi dengan menyediakan ruang Pojok Kependudukan dimana tersedia berbagai informasi kependudukan yang ada di kabupaten Bojonegoro. Misalnya: Usia dan Jenis kelamin, Angka Beban Ketenagakerjaan, Blog kependudukan dengan alamat sekolahsiagakependudukanmansabo.blogspot.co.id , perpustakaan mini, dll.

"Dari inovasi Pojok Kependudukan inilah yang menjadikan Siswa MAN 1 Model Bojonegoro yakni  Safira Nurdiana kelas XII U IPS 2 berhasil meraih juara 1 provinsi dalam lomba Karya tulis ilmiah pada tahun 2018 dengan judul “Penggunaan Lagu dan Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Minat Siswa Terhadap Pendidikan Siaga Kependudukan”," paparnya. 

Dengan pembimbing KIR IPS Ibu Hanik Fauziyah M.Pd serta Kepala Unit KIR Olimpiade Ibu Anita Wijayanti,M.Ed . [lis]

 

Tag : man, sekolah


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 16 June 2020 19:00

    Dampingi Petani, Disperta Bojonegoro Adakan SL-PTT Tembakau

    Dampingi Petani, Disperta Bojonegoro Adakan SL-PTT Tembakau Guna meningkatkan SDM petani, khususnya petani tembakau, Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro mengadakan Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu (SL-PTT) tembakau di kelompok tani Sumber Rejeki, Desa Bulu, Kecamatan Sugihwaras, Kabupaten Bojonegoro,...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat