18:00 . 352.567 Rokok Ilegal Dimushakan   |   17:00 . DPMD Pastikan Seluruh Desa Sudah Terima Dana Oprasional Pilkades   |   16:00 . Persiapkan Kondisi Fisik, Tim Futsal Porprov Bojonegoro Check Up Kesehatan   |   15:00 . Tingginya Pengangguran Pencaker Kurang Manfaatkan Media Informasi   |   14:00 . Kurangi Penggangguran Pasca Kelulusan Sekolah, UPT BLK Gelar Job Market Fair 2019   |   13:00 . PU Fraksi DPRD Dijawab Pemkab   |   12:00 . Sejarah Pilkades dari Masa ke Masa   |   11:00 . Bea Cukai Bojonegoro Musnahkan 352.567 Batang Rokok   |   10:00 . Suporter Persibo Sambut Mantan Pemain Persipura di Juanda Surabaya   |   09:00 . Festival Tari Thengul Internasional, ini Rangkaian Acaranya...   |   08:00 . Juli, di Bojonegoro ada Acara Berskala Internasional   |   07:00 . 8 Cara Ciptakan Suasana Makan yang Menyenangkan untuk Anak   |   06:00 . Terima Kasih atas Dukungannya   |   23:00 . Intip Personil blokMedia Group   |   22:45 . Kue Ulang Tahun untuk Sang Bunda   |  
Tue, 25 June 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Wednesday, 25 July 2018 20:00

MAN 1 Bojonegoro, Sekolah Siaga Kependudukan

MAN 1 Bojonegoro, Sekolah Siaga Kependudukan

Pengirim: Hanik Fauziyah

blokBojonegoro.com - Masalah kependudukan adalah masalah yang sangat penting dan menarik untuk di pertimbangkan , untuk itu permasalahan kependudukan dapat ditangani secara cepat dan tepat. Karena hal inilah pemerintah melalui Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) bekerjasama dengan instansi pendidikan untuk bergabung dalam SSK yakni kepanjangan dari Sekolah Siaga Kependudukan. Salah satu sekolah yang turut andil didalamnya adalah MAN 1 Model Bojonegoro.

Menurut Kepala MAN 1 Model Bojonegoro, Saifuddin Yulianto, hal yang melatar belakangi MAN 1 Model Bojonegoro ditunjuk sebagai bagian dari SSK tidak lain tidak bukan di kerenakan prestasi yang telah di raih oleh Siswa MAN 1 Model Bojonegoro, diantaranya, Juara 1 Pidato bidang Kependudukan yang diwakili oleh Sonia Arinta W. kelas XII UP 3 & juara 3 Esay Kependudukan yang diwakili oleh Putri Agustina Nur Baiti kelas XII UP 4 tingkat Provinsi pada tahun 2017.

"Dengan ditetapkannya MAN 1 Model Bojonegoro sebagai SSK, maka pihak management sekolah menetapkan unsur materi kependudukan masuk ke dalam materi pembelajaran, diantaranya: Geografi, Biologi, Sosiologi, Ekonomi, Aqidah Akhlaq, Olahraga, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Perwujudan dari metode ini adalah dengan diciptakannya lagu bertemakan Kependudukan," jelasnya.

Selain memasukkan unsur kependudukan dalam materi pembelajaran, MAN 1 Model Bojonegoro juga menciptakan inovasi dengan menyediakan ruang Pojok Kependudukan dimana tersedia berbagai informasi kependudukan yang ada di kabupaten Bojonegoro. Misalnya: Usia dan Jenis kelamin, Angka Beban Ketenagakerjaan, Blog kependudukan dengan alamat sekolahsiagakependudukanmansabo.blogspot.co.id , perpustakaan mini, dll.

"Dari inovasi Pojok Kependudukan inilah yang menjadikan Siswa MAN 1 Model Bojonegoro yakni  Safira Nurdiana kelas XII U IPS 2 berhasil meraih juara 1 provinsi dalam lomba Karya tulis ilmiah pada tahun 2018 dengan judul “Penggunaan Lagu dan Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Minat Siswa Terhadap Pendidikan Siaga Kependudukan”," paparnya. 

Dengan pembimbing KIR IPS Ibu Hanik Fauziyah M.Pd serta Kepala Unit KIR Olimpiade Ibu Anita Wijayanti,M.Ed . [lis]

 

Tag : man, sekolah

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 24 June 2019 13:00

    Komunitas KBM Gelar Halal Bihalal dan Kopdar

    Komunitas KBM Gelar Halal Bihalal dan Kopdar omunitas Kita Belajar Menulis (KBM) Bojonegoro menggelar halal bihalal sekaligus kopi darat keempat. Acara tersebut dilaksanakan di kediaman salah satu rumah Anggota KBM, Roni Hardiawan, di Dusun Bakalan, Kepohbaru Bojonegoro....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat