17:00 . Dana Tak Terduga untuk Bantuan Bencana Rp1,3 M   |   16:00 . Rp750 Juta, Disperta Buat Sumur Bor di 5 Titik Tahun 2020   |   15:00 . EMCL Gelar Seminar Pemanfaatan Platform Berita Digital Kepada PBG Tuban   |   14:00 . Setelah Turun, Harga Cabai Mulai Naik   |   12:00 . Siswi SMKN I Sabet Juara Lomba Desain Batik Bengawan dan Kayangan Api   |   08:00 . BPKAD: Pemkab Transparan Kelola Keuangan   |   07:00 . Membiarkan Balita Bilang 'Enggak Mau' Ternyata Ada Manfaatnya   |   21:00 . Selamat Jalan Dek Kamila   |   19:00 . Bangunan Misterius Muncul di Bengawan Solo   |   16:00 . Wisata Kracakan Niagara Mini dan Rajut yang Tembus Amerika   |   15:00 . Polsek Kota dan Dishub Gelar Pembinaan Bagi Operator Perahu   |   14:00 . Pemerintah Tetap Pakai Skema Bagi Hasil Gross Split di Sektor Migas   |   13:00 . PMII Desak Bupati Jelaskan Uang Rakyat yang Didepositokan Rp2,9 T   |   12:00 . Aksi Mahasiswa Bojonegoro Soroti Silpa Tahun 2018   |   10:00 . DPRD Datangi Rumah Korban Dugaan Malpraktik RSUD Bojonegoro   |  
Fri, 15 November 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Wednesday, 25 July 2018 20:00

MAN 1 Bojonegoro, Sekolah Siaga Kependudukan

MAN 1 Bojonegoro, Sekolah Siaga Kependudukan

Pengirim: Hanik Fauziyah

blokBojonegoro.com - Masalah kependudukan adalah masalah yang sangat penting dan menarik untuk di pertimbangkan , untuk itu permasalahan kependudukan dapat ditangani secara cepat dan tepat. Karena hal inilah pemerintah melalui Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) bekerjasama dengan instansi pendidikan untuk bergabung dalam SSK yakni kepanjangan dari Sekolah Siaga Kependudukan. Salah satu sekolah yang turut andil didalamnya adalah MAN 1 Model Bojonegoro.

Menurut Kepala MAN 1 Model Bojonegoro, Saifuddin Yulianto, hal yang melatar belakangi MAN 1 Model Bojonegoro ditunjuk sebagai bagian dari SSK tidak lain tidak bukan di kerenakan prestasi yang telah di raih oleh Siswa MAN 1 Model Bojonegoro, diantaranya, Juara 1 Pidato bidang Kependudukan yang diwakili oleh Sonia Arinta W. kelas XII UP 3 & juara 3 Esay Kependudukan yang diwakili oleh Putri Agustina Nur Baiti kelas XII UP 4 tingkat Provinsi pada tahun 2017.

"Dengan ditetapkannya MAN 1 Model Bojonegoro sebagai SSK, maka pihak management sekolah menetapkan unsur materi kependudukan masuk ke dalam materi pembelajaran, diantaranya: Geografi, Biologi, Sosiologi, Ekonomi, Aqidah Akhlaq, Olahraga, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Perwujudan dari metode ini adalah dengan diciptakannya lagu bertemakan Kependudukan," jelasnya.

Selain memasukkan unsur kependudukan dalam materi pembelajaran, MAN 1 Model Bojonegoro juga menciptakan inovasi dengan menyediakan ruang Pojok Kependudukan dimana tersedia berbagai informasi kependudukan yang ada di kabupaten Bojonegoro. Misalnya: Usia dan Jenis kelamin, Angka Beban Ketenagakerjaan, Blog kependudukan dengan alamat sekolahsiagakependudukanmansabo.blogspot.co.id , perpustakaan mini, dll.

"Dari inovasi Pojok Kependudukan inilah yang menjadikan Siswa MAN 1 Model Bojonegoro yakni  Safira Nurdiana kelas XII U IPS 2 berhasil meraih juara 1 provinsi dalam lomba Karya tulis ilmiah pada tahun 2018 dengan judul “Penggunaan Lagu dan Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Minat Siswa Terhadap Pendidikan Siaga Kependudukan”," paparnya. 

Dengan pembimbing KIR IPS Ibu Hanik Fauziyah M.Pd serta Kepala Unit KIR Olimpiade Ibu Anita Wijayanti,M.Ed . [lis]

 

Tag : man, sekolah

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat