Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Meski Turun, Pengangguran di Bojonegoro Masih Tinggi

blokbojonegoro.com | Monday, 30 July 2018 15:00

Meski Turun, Pengangguran di Bojonegoro Masih Tinggi

Reporter : Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Adanya sumberdaya alam yang melimpah di Kabupaten Bojonegoro rupanya masih membuat orang bingung mencari pekerjaan. Meskipun jumlah pengangguran tiap tahunnya bisa dikatakan menurun, namun berdasarkan data yang tercatat di Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Kabupaten Bojonegoro masih terbilang cukup tinggi dengan jumlah sekitar 23.000 ribu orang.

Disperinaker Bojonegoro merilis, pengangguran pada tahun 2017 masih ada peningkatan angka pengangguran meski kecil dibandingkan tahun 2016. Pada tahun 2016 jumlah pengangguran sebanyak 23.320 orang sedangkan pada bulan Januari hingga Oktober tahun 2017 berjumlah 23.329 orang.

“Jumlah tahun ini mengalami penurunan sekitar 329 pengangguran dibanding tahun 2016,” kata  Kepala Disperinaker, Agus Supriyanto.

Menurutnya, penyebab banyaknya pengangguran di Kota Ledre disorot dari berbagai hal. Mulai dari banyaknya lulusan baru tiap tahun, lulusan pendidikan yang tak sesuai dengan jurusan dan minimnya lowongan pekerjaan di Bojonegoro lantaran kebanyakan mempunyai kapasitan menengah ke bawah.

"Beda dengan Kabupaten tetangga seperti Lamongan, Gresik, Surabaya maupun Sidoarjo yang banyak perusahaan besarnya," lanjut Agus Supriyanto.

Dinas sendiri terus mengupayakan penuruna angka yang mencapai puluhan ribu tersebut. Salah satu upayanya dengan mengadakan Job Market Fair (JMF) setiap tahunya, pelatihan kepada masyarakat maupun optimalisasi bursa kerja baik yang ada di Disperinaker maupun Bursa Kerja Khusus (BKK) di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Bojonegoro.

Selain itu, Disperinaker juga melakukan kerja sama dengan perusahaan baik lokal maupun luar daerah untuk merekrut tenaga kerja dari Kabupaten Bojonegoro dan melakukan kunjungan ke perusahaan atau job canvasing untuk mencari lowongan kerja.

"Seperti halnya sebelumnya, kita sudah melakukan seleksi yang bekerjasama dengan salah satu perusahaan di gedung Pusat Pelatihan Industri Kreatif (PPIK) di Jalan Veteran," tutupnya kepada blokBojonegoro.com.[din/col]

Tag : KERJA, profesi



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini