21:00 . Relawan Cinta NKRl Kutuk Petualang Politik Rongrong Wibawa Pemerintah   |   20:00 . Selangkah Lagi 5 Komisioner KPU Ditentukan   |   19:00 . Lansia Dapat Rp2 Juta Setahun, Ini Kata Gubernur Jatim   |   18:00 . Ngaji Bareng Ahlussunah Wal Jamaah PAC IPNU-IPPNU Sumberrejo   |   17:00 . 10 Hari Terakhir Ramadhan, Ada Apa? Cek Disini   |   16:00 . Perpusda Bojonegoro, Tempat Alternatif untuk Ngabuburit   |   15:00 . Gudang Kayu Jati di Balen Ludes Terbakar   |   14:00 . Hore....! WhatsApp, IG, dan FB Kembali Normal   |   13:00 . Dishub Bakal Buka Dua Rest Area di Jalur Mudik   |   12:00 . Disperinaker Pastikan Tak Ada Perusahaan Telat Berikan THR   |   11:00 . Matangkan Skema, Bojonegoro U21 Akan Lawan Pesekaba Blora   |   10:00 . Pengumuman Kelulusan SMP, Hanya Undang Orang Tua Siswa   |   09:00 . 15 Kuota Tambahan CJH Segera Lakukan Pelunasan Tahap III   |   08:00 . Disbudpar Bojonegoro Siapkan Hiburan Saat Lebaran   |   07:00 . Bicara dengan Diri Sendiri Ternyata Bermanfaat, Percaya?   |  
Sun, 26 May 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Monday, 30 July 2018 12:00

SMA/SMK/MA Keluhkan Keterlambatan Pencairan DAK

SMA/SMK/MA Keluhkan Keterlambatan Pencairan DAK

Reporter : M Safuan

blokBojonegoro.com - Keterlambatan Dana Anggaran Khusus (DAK) Pendidikan bagi siswa SMA sederjat memang sangat disayangkan oleh pihak sekolah. Seharusnya dana tersebut bisa dicairkan siswa kelas XII sebelum Ujian Akhir Nasional (Unas), namun baru bisa dicairkan usai siswa sudah lulus.

Dengan keterlambatan itu, banyak siswa yang telah lulus belum banyak yang mencairkan DAK pendidikan. Dikarenakan untuk mencairkan dana, harus mendapat rekomendasi dari sekolah. Selain itu, siswa yang telah lulus itu ada pula yang belum melunasi tunggakan yang ada di sekolah.

"Memang untuk mencairkan DAK itu pihak sekolah hanya memberikan rekomendasi kepada siswa yang bersangkutan," ucap M Kamid salah satu guru Madrasah Aliyah Negeri yang ada di wilayah kota Bojonegoro.

Dirinya mengungkapkan, pencairan DAK bagi siswa yang sidah lulus, pihaknya tidak bisa mengontrol dan hanya bisa menghimbau DAK itu bisa digunakan untuk biaya kekurangan siswa. Karena bagi siswa yang sudah lulus itu usai mencairkan tidak langsung digunakan membayar biaya kekuranngannya.

"Padahal banyak siswa yang masih menunggak kekurangan biaya, saat ini siswa yang sudah lulus yang minta rekomendasi masih ada 20 an siswa," cakapnya kepada blokBojonegoro.com.

Di sisi lain, Didik salah satu guru Madrasah Aliyah dari Kecamatan Dander mengatakan, pencairan DAK Pendidikan itu harus ada rekomendasi dari sekolah, sama halnya bagi siswa yang telah lulus. Untuk pencairan DAK biasa dilakukan secara kolektif bagi siswa yang masih aktif.

"Namun, untuk kontrol bagi siswa yang sudah lulus sulit," bebernya kepada blokBojonegoro.com

Dengan keterlambatan pencairan DAK pendidikan itu, sangat disayangkan oleh pihak sekolah padahal DAK itu tujuannya untuk membantu dan meringankan pembiayaaan siswa yang hendak melaksanakan Ujian Nasional

Secara Terpisah, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Asset Daerah (BPKAD) Bojonegoro, M Ibnu Soeyoeti mengungkapkan keterlambatan DAK itu disebabkan dari pihak desa yang tidak segera merespon DAK itu.

"Padahal pemberitahuan DAK itu sudah disampaikan sejak bulan Februari lalu," tandas Ibnu kepada blokBojonegoro.com.[saf/ito]

Tag : dak, pendidikan

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Friday, 24 May 2019 13:00

    Apprentice Program PEPC 2019

    Akan Ditutup, Pendaftar Beasiswa Diploma Membludak

    Akan Ditutup, Pendaftar Beasiswa Diploma Membludak Beberapa jam lagi menjelang penutupan pendaftaran, jumlah pelamar beasiswa pendidikan diploma guna menjaring Calon Operator Proyek Jambaran-Tiung Biru yang dikelola oleh PT Pertamina EP Cepu (PEPC). Hingga Jumat (25/4/2019) pagi...

    read more