09:00 . Curva Nord Bakal Berikan Teror dan Koreografi Kejutan   |   08:00 . Tandon Air, Solusi Petani Mayangkawis Bercocok Tanam di Musim Kemarau   |   07:00 . Tak Usah Isap dan Ikat Luka Gigitan Ular, Lakukan Ini Saja!   |   06:00 . Raker IKAMI Attanwir untuk Kebesaran Pondok   |   19:00 . Kwartir Ranting Sumberrejo Kembali Gelar Jambore Tingkat Penggalang   |   18:00 . Membanggakan, Produk Kripik Singkong Bojonegoro Expor ke Cina   |   18:00 . Rekind Akan Memberikan Penguat pada 5 Jembatan dan Melebarkan Jalan   |   17:00 . Geliat Literasi di Kedai Kopi Second   |   16:00 . Periode Juli 2019, ini Jumlah Tenaga Kerja di Proyek JTB   |   15:00 . Anggaran BPPDGS untuk Madin Meningkat Capai Rp15,5 M   |   14:00 . Petani Tembakau Balenrejo Mulai Panen   |   10:00 . Bansos Lansia, 505 Diverifikasi, 179 Orang Sudah Cair   |   09:00 . Sakit dan Butuh Pengobatan, Satu Jemaah Haji Pulang Awal   |   08:00 . Benih Bibit Tembakau Rusak, Petani Tidak Dapat Bantuan   |   07:00 . Menyikapi Dilema Anak Multilingual   |  
Sat, 24 August 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tuesday, 31 July 2018 13:00

Belum 1 Jam, Transaksi Lelang Hasil Pertanian Capai Rp88 Miliar

Belum 1 Jam, Transaksi Lelang Hasil Pertanian Capai Rp88 Miliar

Reporter: M. Safuan

blokBojonegoro.com - Transaksi yang dicapai pada pasar lelang hasil pertanian dan olahan produk yang dihadiri para pengusaha besar mencapai hingga Rp88.802.000.000 (88 miliar). Jumlah tersebut dicapai hanya selang 1 jam saat dimulai dibukanya pasar lelang.

"Transaksi ini sungguh luar biasa, padahal kurang 1 jam capaian transaksi sudah mencapai 88 miliar lebih," ungkap Plt. Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Bojonegoro, Agus Hariyana.

Pasar lelang ini guna memperkenalkan aneka hasil potensi setiap pertanian yang dihasilkan, sehingga nanti para pengusaha tidak perlu susah mencari apa yang dibutuhkan, karena pada kegiatan ini hadir para pengusaha dari berbagai wilayah Kabupaten yang memperkenalkan hasil pertanian sekaligus olahan produk makanan hasil pertaniannya.

Pada kegiatan itu, peserta dan pengusaha yang hadir bisa langsung bernegosiasi dan bertransaksi sekaligus membeli dari pemilik bahan hasil pertanian dari seluruh hasil pertanian itu.
Dalam kegiatan ini, semua barang hasil pertanian apapun bisa ditransaksikan, bahkan kulit ubi dan rambut jagung pun dicari.

"Ini merupakan kegiatan pasar lelang yang kedua, dimana sebelumnya kegiatan serupa diadakan pada bulan April dan bisa menghasilkan transaksi sebesar Rp25 miliar," cakap Agus saat ditemui blokBojonegoro.com.

Pada kesempatan itu hadir Asisten Perekonomian Bojonegoro, Setyo Yuliono, Ketua HKTI Jatim Andreas, Perwakilan Koperasi HKTI, Darmaji, Pengelola Pasar Kayun Surabaya, Samsul, Ketua Pasar Keputran Surabaya Makruf dan Pengusaha asal Bojonegoro, Nur Fajriah.

Selain para pengusaha pada kegiatan itu hadir pula beberapa komunitas dan kelompok yang menawarkan aneka hasil pertanian dari berbagai wilayah kabupaten seperti Lamongan, Tuban, Lumajang, Gresik dan kota Surabaya.

Ketua HKTI Jatim, Andreas mengatakan, semua barang hasil dari pertanian saat ini bisa bernilai, bahkan hal yang dianggap sepele pun mempunyai harga seperti rambut jagung dan kulit ubi jalar.

"Pokoknya saat ini semua jenis olahan pasti ada nilai jualnya," tambahnya.

Adapun hasil pertanian yang terjual dari transaksi meliputi, beras, jagung, kacang hijau, bawang merah, buah salak, katul, kacang tunggak, briket kubus, arang, mokaf, sebuk kelor, kentang, wortel, mahoni dan masih banyak lagi. [saf/mu]

Tag : pertanian, lelang, lelang hasil pertanian

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Wednesday, 07 August 2019 15:00

    26 Peserta UKW PWI Jatim Dinyatakan Kompeten

    26 Peserta UKW PWI Jatim Dinyatakan Kompeten Sebanyak 29 wartawan telah bekerja keras melewati Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan ke-27 Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur, yang bekerjasama dengan SKK Migas dan KKKS. Selama dua hari 6-7...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Friday, 23 August 2019 14:00

    Petani Tembakau Balenrejo Mulai Panen

    Petani Tembakau Balenrejo Mulai Panen Musim ini para petani tembakau Desa Balenrejo, Kecamatan Balen, Kabupaten Bojonegoro tengah panen tembakau. Hanya sebagian petani yang menanam komoditas bahan utama rokok ini, alhasil harganya pun relatif mahal...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat