21:00 . Relawan Cinta NKRl Kutuk Petualang Politik Rongrong Wibawa Pemerintah   |   20:00 . Selangkah Lagi 5 Komisioner KPU Ditentukan   |   19:00 . Lansia Dapat Rp2 Juta Setahun, Ini Kata Gubernur Jatim   |   18:00 . Ngaji Bareng Ahlussunah Wal Jamaah PAC IPNU-IPPNU Sumberrejo   |   17:00 . 10 Hari Terakhir Ramadhan, Ada Apa? Cek Disini   |   16:00 . Perpusda Bojonegoro, Tempat Alternatif untuk Ngabuburit   |   15:00 . Gudang Kayu Jati di Balen Ludes Terbakar   |   14:00 . Hore....! WhatsApp, IG, dan FB Kembali Normal   |   13:00 . Dishub Bakal Buka Dua Rest Area di Jalur Mudik   |   12:00 . Disperinaker Pastikan Tak Ada Perusahaan Telat Berikan THR   |   11:00 . Matangkan Skema, Bojonegoro U21 Akan Lawan Pesekaba Blora   |   10:00 . Pengumuman Kelulusan SMP, Hanya Undang Orang Tua Siswa   |   09:00 . 15 Kuota Tambahan CJH Segera Lakukan Pelunasan Tahap III   |   08:00 . Disbudpar Bojonegoro Siapkan Hiburan Saat Lebaran   |   07:00 . Bicara dengan Diri Sendiri Ternyata Bermanfaat, Percaya?   |  
Sun, 26 May 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tuesday, 31 July 2018 13:00

Belum 1 Jam, Transaksi Lelang Hasil Pertanian Capai Rp88 Miliar

Belum 1 Jam, Transaksi Lelang Hasil Pertanian Capai Rp88 Miliar

Reporter: M. Safuan

blokBojonegoro.com - Transaksi yang dicapai pada pasar lelang hasil pertanian dan olahan produk yang dihadiri para pengusaha besar mencapai hingga Rp88.802.000.000 (88 miliar). Jumlah tersebut dicapai hanya selang 1 jam saat dimulai dibukanya pasar lelang.

"Transaksi ini sungguh luar biasa, padahal kurang 1 jam capaian transaksi sudah mencapai 88 miliar lebih," ungkap Plt. Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Bojonegoro, Agus Hariyana.

Pasar lelang ini guna memperkenalkan aneka hasil potensi setiap pertanian yang dihasilkan, sehingga nanti para pengusaha tidak perlu susah mencari apa yang dibutuhkan, karena pada kegiatan ini hadir para pengusaha dari berbagai wilayah Kabupaten yang memperkenalkan hasil pertanian sekaligus olahan produk makanan hasil pertaniannya.

Pada kegiatan itu, peserta dan pengusaha yang hadir bisa langsung bernegosiasi dan bertransaksi sekaligus membeli dari pemilik bahan hasil pertanian dari seluruh hasil pertanian itu.
Dalam kegiatan ini, semua barang hasil pertanian apapun bisa ditransaksikan, bahkan kulit ubi dan rambut jagung pun dicari.

"Ini merupakan kegiatan pasar lelang yang kedua, dimana sebelumnya kegiatan serupa diadakan pada bulan April dan bisa menghasilkan transaksi sebesar Rp25 miliar," cakap Agus saat ditemui blokBojonegoro.com.

Pada kesempatan itu hadir Asisten Perekonomian Bojonegoro, Setyo Yuliono, Ketua HKTI Jatim Andreas, Perwakilan Koperasi HKTI, Darmaji, Pengelola Pasar Kayun Surabaya, Samsul, Ketua Pasar Keputran Surabaya Makruf dan Pengusaha asal Bojonegoro, Nur Fajriah.

Selain para pengusaha pada kegiatan itu hadir pula beberapa komunitas dan kelompok yang menawarkan aneka hasil pertanian dari berbagai wilayah kabupaten seperti Lamongan, Tuban, Lumajang, Gresik dan kota Surabaya.

Ketua HKTI Jatim, Andreas mengatakan, semua barang hasil dari pertanian saat ini bisa bernilai, bahkan hal yang dianggap sepele pun mempunyai harga seperti rambut jagung dan kulit ubi jalar.

"Pokoknya saat ini semua jenis olahan pasti ada nilai jualnya," tambahnya.

Adapun hasil pertanian yang terjual dari transaksi meliputi, beras, jagung, kacang hijau, bawang merah, buah salak, katul, kacang tunggak, briket kubus, arang, mokaf, sebuk kelor, kentang, wortel, mahoni dan masih banyak lagi. [saf/mu]

Tag : pertanian, lelang, lelang hasil pertanian

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Friday, 24 May 2019 13:00

    Apprentice Program PEPC 2019

    Akan Ditutup, Pendaftar Beasiswa Diploma Membludak

    Akan Ditutup, Pendaftar Beasiswa Diploma Membludak Beberapa jam lagi menjelang penutupan pendaftaran, jumlah pelamar beasiswa pendidikan diploma guna menjaring Calon Operator Proyek Jambaran-Tiung Biru yang dikelola oleh PT Pertamina EP Cepu (PEPC). Hingga Jumat (25/4/2019) pagi...

    read more