17:00 . 270 Ahli Waris Menerima Dana Kematian dari Pemkab Bojonegoro   |   16:00 . Peternak Kerbau Beralih Sapi, inilah Faktornya   |   15:00 . Masa Kampanye, DPMD Berharap Cakades Tidak Profokatif   |   14:00 . 36 PNS di Bojonegoro Terima SK Pensiun   |   13:00 . Pemkab Targetkan Sertifikasi Aset - aset Pembelian Sejak 1997-2018   |   12:00 . Satu SMK di Bojonegoro Jadi Pilot Project Menko Perekonomian RI   |   11:00 . Populasi Kerbau di Bojonegoro Setiap Tahun Terus Menurun   |   10:00 . Walaupun Hasilnya Sama, Pilkades Hanya Digelar Satu Putaran   |   09:00 . Persiapan Pengamanan Jelang Pilkades, ini Pesan Wabup...   |   08:00 . LSP Pertanian Gelar Uji Kompetensi di SMK Migas Bojonegoro   |   07:00 . Doa-doa dari Al-Quran untuk Dibaca Suami Istri Selama Masa Kehamilan   |   19:00 . Tinggal Hitungan Hari, Porprov Jatim Segera Bergulir   |   18:00 . Kuota Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua Terpenuhi   |   17:00 . Pagu Siswa SMA Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua Terpenuhi   |   16:00 . PPDB Offline Jalur Inklusi Sepi Peminat   |  
Tue, 18 June 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tuesday, 31 July 2018 20:00

Busa Bertebaran di TBS, Tercium Pula Bau Busuk

Busa Bertebaran di TBS, Tercium Pula Bau Busuk

Kontributor: Apriani

blokBojonegoro.com - Sungai Bengawan Solo di wilayah Kabupaten Bojonegoro, yang biasa dimanfaatkan oleh masyarakat salah satunya untuk pengairan pertanian, saat ini telah tercemar. Terlihat ada busa yang berwarna kecoklatan dan airnya berwarna kehijauan.

Kejadian tersebut tepatnya terjadi di Tambangan Banjasari (TBS) Kabupaten Bojonogoro, yang mana tambangan tersebut sebagai salah satu jalur penghubungung antara Kelurahan Banjarejo, Kecamatan Bojonegoro dengan Desa Banjarsari, Kecamatan Trucuk.

Air yang seharusnya berwarna jernih tersebut tampak berubah warna menjadi kehijauan. Selain itu, terlihat ada busa yang bertebaran dan juga menggumpal di sekitar bebatuan yang berada di sebelah selatan serta terlihat ada sampah di sekitar lokasi. Hal itu diperparah dengan bau yang tidak sedap.

Menurut keterangan warga sekitar, Mak Ten, hal tersebut sudah biasa terjadi di saat musim kemarau. "Kemungkinan sampah yang terbawa angin kemudian masuk ke sungai," ujar warga yang berasal dari Desa Banjarsari, Kecamatan Trucuk kepada blokBojonegoro.com, Selasa (31/7/2018).

Di tempat terpisah, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bojonegoro mengaku belum dapat memastikan penyebab dari kejadian tersebut.

"Tadi juga sudah ke sana, memang ada busa tapi belum tahu secara pasti apa penyebabnya. Kalau bau busuk saya kira bukan dari busa karena tadi pas di situ tercium juga bau busuk dari ayam yang mati," ujar Kasi Pengendalian Pencemaran DLH Bojonegoro, Nur Rahmawati.

Diduga busa tersebut berasal dari limbah yang telah berbusa lama, kemudian keluar secara bersamaan, dan berkumpul di lokasi tersebut.

"Itu warnanya kan sudah agak kecoklatan, kemungkin limbah busa yang sudah lama kena angin kemudian bertemu di situ, biasanya hal tersebut juga terjadi di saat musim pancaroba," jelas Kasi Pengaduan DLH Bojonegoro, Moch. Hanif. [ani/lis]

Tag : limbah, busa

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 02 June 2019 08:00

    IPNU-IPPNU Temayang Gelar Grand Finas Festival Oklek

    IPNU-IPPNU Temayang Gelar Grand Finas Festival Oklek Mengambil tema "Pelajar Millineal Menjaga Tradisi Budaya Lokal" Pimpinan Anak Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Temayang gelar grand final Festival Oklek Ke-7,...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Friday, 24 May 2019 13:00

    Apprentice Program PEPC 2019

    Akan Ditutup, Pendaftar Beasiswa Diploma Membludak

    Akan Ditutup, Pendaftar Beasiswa Diploma Membludak Beberapa jam lagi menjelang penutupan pendaftaran, jumlah pelamar beasiswa pendidikan diploma guna menjaring Calon Operator Proyek Jambaran-Tiung Biru yang dikelola oleh PT Pertamina EP Cepu (PEPC). Hingga Jumat (25/4/2019) pagi...

    read more