07:00 . 3 Minuman yang Perlu Dibatasi Pemberiannya pada Balita   |   06:45 . Kerja Nanti Dulu, Foto Sekarang   |   06:30 . Sampai Baureno, Alat Jumbo JTB Jadi Tontonan   |   06:15 . Foto Bersama Alat Jumbo di Jembatan Timbang   |   06:00 . Alat Gas JTB Jadi Tontonan Warga   |   20:00 . Meningkat, Tahun 2019 Ada 3.223 Perkara di Pengadilan Agama   |   19:00 . EMCL dan Eksekutif-Legislatif   |   18:00 . EMCL Gelar Lokakarya Bareng Eksekutif dan Legislatif   |   17:00 . Kementrian ESDM Jelaskan Mekanisme Lifting   |   16:00 . IKIP PGRI Bojonegoro Jalin Kerjasama dengan Kemenag Bojonegoro   |   15:00 . Bruak....! Truk Tabrak Pohon   |   14:00 . Warga Resah Marak Tambang Pasir Liar di Bantaran Bengawan Solo   |   13:00 . Jalan Ditutup Pohon Roboh Karena Ditabrak Truk   |   12:00 . Diduga Ngantuk, Truk Hantam Pohon Sampai Roboh   |   10:00 . Ajak Siswa Membaca di Era Teknologi Informasi   |  
Fri, 06 December 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Thursday, 02 August 2018 16:00

Geger, Bayi Perempuan Ditinggal di Warung

Duh...! Hampir Tiap Tahun Ada Kasus Pembuangan Bayi di Bojonegoro

Duh...! Hampir Tiap Tahun Ada Kasus Pembuangan Bayi di Bojonegoro

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com - Fenomena pembuangan bayi di Kabupaten Bojonegoro, rupanya hampir setiap tahun terjadi. Seperti yang terjadi penemuan bayi perempuan di warung tepatnya Jalan Raya Banjarsari, Desa Banjarsari, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Bojonegoro, Kamis (2/8/2018).

"Yang kita tangani baru ada tahun 2015 dan 2016 ada 1 kasus. per tahun lalu 2017 tidak ada kasus dan 2018 kemarin sudah ada 1 kasus yang kita tangani," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (P3AKB) Kabupaten Bojonegoro, Adie Witjaksono.

Disinggung terkait kasus penemuan bayi di Desa Banjarsari Kecamatan Trucuk, Pak Adi menuturkan, tetkait pembuangan bayi adalah sebab bahwa orang tua tidak menginginkan bayi tersebut. "Dan itu merupakan tindakan kekerasan terhadap anak," jelasnya kepada blokBojonegoro.com.

Pasalnya banyak hal penyebabnya bisa terkait ekonomi, atau hasil dari hubungan di luar nikah juga sebab lainnya. Sehingga bisa dituntut secara hukum karena ada undang-undang perlindungan anak.

"Untuk penghapusan kekerasan terhadap anak itu yang menjadi tema kita pada Hari Anak Nasional, termasuk nanti di Bojonegoro," tuturnya.

Rencananya nanti P3AKB bersama dinas instansi terkait, termasuk melibatkan Pita Merah, KPA, LPA dan yang lainnya akan memperingati hari anak nasional di alun-alun Bojonegoro, Minggu (5/8/2018). Dalam agenda tersebut ada beberapa rangkaian acara, selain orasi juga ada jalan bersama untuk menyerukan penghapusan kekerasan terhadap anak.

Seperti diketahui, warga Desa Banjarsari, Kecamatan Trucuk pagi tadi digegerkan dengan penemuan bayi perempuan disebuah warung. Bayi tersebut dibawa ke Pustu (Puskesmas Pembantu) Desa Banjarsari guna dilakukan pemeriksaan dan perawatan sementara. Serta mencari keterangan keberadaan identitas keluarganya. [ito/lis]

Tag : bayi, dibuang


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 01 December 2019 17:00

    Pegawai Kemenag yang Hobi Pertanian (2)

    Demi Kesehatan Orang Tuanya, M. Nafi' Tanam Padi Organik

    Demi Kesehatan Orang Tuanya, M. Nafi' Tanam Padi Organik - Di dalam kehidupanya manusia tidak bisa terlepas dari sektor pertanian, baik secara langsung atau tidak. Produksi pertanian dengan arti luas merupakan kebutuhan primer yang mereka konsumsi sehari-hari....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat