06:00 . Khotmil Quran Mahasiswa Kesehatan   |   05:00 . Pondok Jurnalistik Bersama LPM Kampus Ungu   |   21:00 . Relawan Cinta NKRl Kutuk Petualang Politik Rongrong Wibawa Pemerintah   |   20:00 . Selangkah Lagi 5 Komisioner KPU Ditentukan   |   19:00 . Lansia Dapat Rp2 Juta Setahun, Ini Kata Gubernur Jatim   |   18:00 . Ngaji Bareng Ahlussunah Wal Jamaah PAC IPNU-IPPNU Sumberrejo   |   17:00 . 10 Hari Terakhir Ramadhan, Ada Apa? Cek Disini   |   16:00 . Perpusda Bojonegoro, Tempat Alternatif untuk Ngabuburit   |   15:00 . Gudang Kayu Jati di Balen Ludes Terbakar   |   14:00 . Hore....! WhatsApp, IG, dan FB Kembali Normal   |   13:00 . Dishub Bakal Buka Dua Rest Area di Jalur Mudik   |   12:00 . Disperinaker Pastikan Tak Ada Perusahaan Telat Berikan THR   |   11:00 . Matangkan Skema, Bojonegoro U21 Akan Lawan Pesekaba Blora   |   10:00 . Pengumuman Kelulusan SMP, Hanya Undang Orang Tua Siswa   |   09:00 . 15 Kuota Tambahan CJH Segera Lakukan Pelunasan Tahap III   |  
Sun, 26 May 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Friday, 03 August 2018 09:00

Waspada Penipuan Kontrak/PO atas nama PT Pertamina EP Cepu

Waspada Penipuan Kontrak/PO atas nama PT Pertamina EP Cepu

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com - Penipuan yang berkedok pemberian kontrak pekerjaan dalam hal pengadaan barang (Purchase Order/ PO) atau pengadaan jasa (Kontrak/Perjanjian), berpotensi terjadi di lingkungan proyek-proyek yang besar, seperti Proyek Pengembangan Gas Lapangan Jambaran-Tiung Biru (JTB).

Biasanya oknum menipu korban dengan cara memberikan informasi bahwa oknum telah mendapatkan PO/Kontrak Pekerjaan dari PT Pertamina EP Cepu (PEPC) atau pelaksana pekerjaan proyek JTB yang ditunjuk oleh PEPC.
 
Oknum memberikan informasi dengan menunjukkan dokumen PO atau Kontrak Pekerjaan palsu yang mencantumkan nilai proyek yang seolah-olah telah diperoleh dan meminta kepada calon korban agar bersedia bekerja sama dengan cara menyertakan modal sebagian atau seluruhnya, dengan janji mendapatkan keuntungan yang besar/tidak wajar.

Public Government Affairs & Relations Manager PEPC, Kunadi, mengharapkan kepada masyarakat Bojonegoro dan sekitarnya untuk berhati-hati dan tidak begitu saja menerima penawaran investasi atau bisnis dengan janji pemberian keuntungan yang besar atau tidak wajar melalui modus penipuan dimaksud.

PEPC menghimbau, jika masyarakat Bojonegoro dan sekitarnya mendapatkan indikasi penipuan dengan modus dimaksud dan mengatasnamakan PEPC agar melakukan hal-hal sebagai berikut:
 
1. Melakukan pengecekan ulang kepada nama pejabat yang tercantum di dalam dokumen PO atau Kontrak.

2. Tidak memberikan respon atas janji-janji penawaran bisnis yang berasal dari orang atau alamat surat yang tidak diketahui atau diragukan.

3. Jangan mengungkapkan data pribadi/data keuangan/ memberikan uang untuk janji bisnis kepada siapapun yang tidak dikenal/dipercaya.

4. Waspada terhadap informasi dari alamat yang bukan alamat kantor atau email resmi PEPC, misalnya email dari yahoo.com; gmail.com; baik dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris yang mengajak kerjasama bisnis dengan meminta sejumlah uang.

Sebagai informasi Proyek Engineering, Procurement and Construction (EPC) Gas Processing Facility (GPF) di Jambaran-Tiung Biru ini dikerjakan oleh Konsorsium PT Rekayasa Industri - PT Japan Gas Corporation (JGC) Indonesia dan JGC Corporation.

Modus penipuan juga mungkin terjadi dengan mengatasnamakan EPC Kontraktor tersebut dan Sub kontraktornya; mencatut nama Pejabat Forpimda Provinsi Jawa Timur/Jawa Tengah, mencatut nama Pejabat Forpimda Bojonegoro; mencatut nama Pejabat Forpimka di Kecamatan serta Kepala Desa di sekitar Area Proyek JTB.

Untuk mencegah terjadinya penipuan seperti dimaksud, PEPC akan memberikan pengumuman pada papan informasi di Desa-Desa sekitar area proyek JTB dan di beberapa instansi terkait di Kabupaten Bojonegoro.

Dengan pemberitahuan melalui media dan papan informasi, PEPC berharap tidak akan ada korban penipuan dengan modus tersebut pada masa yang akan datang. [ito/mu]

Tag : pepc, jambaran tiung biru

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Friday, 24 May 2019 13:00

    Apprentice Program PEPC 2019

    Akan Ditutup, Pendaftar Beasiswa Diploma Membludak

    Akan Ditutup, Pendaftar Beasiswa Diploma Membludak Beberapa jam lagi menjelang penutupan pendaftaran, jumlah pelamar beasiswa pendidikan diploma guna menjaring Calon Operator Proyek Jambaran-Tiung Biru yang dikelola oleh PT Pertamina EP Cepu (PEPC). Hingga Jumat (25/4/2019) pagi...

    read more