07:00 . 5 Tanda Anda Berada dalam Pernikahan Tanpa Cinta   |   14:00 . Semangat Gerak Jalan, Banser Balen Siap Jaga NKRI   |   12:00 . Aneh, Pisang di Kapas Berbuah Dari Tengah Batang   |   11:00 . Agustus, Konveksi Mulai Kebanjiran Pesanan   |   10:00 . Balap Becak, Perempuan Pun Ikut Andil   |   09:00 . Rangkaian HUT RI, Warga Ngasinan Jalan Sehat Bersama   |   08:00 . Dilirik 9 Perusahaan, Disperta Butuh 10.400 Ton Tembakau   |   07:00 . Tips Alami Merawat Payudara Agar Tetap Kencang   |   06:00 . Premenstrual Syndrome   |   19:00 . Kurban Semakin Dekat, Harga Kambing Terus Naik   |   18:00 . Meriahnya Pawai Sepeda Hias Gayam   |   17:00 . Pertamina EP Tajak Sumur Wolai-001 Tepat HUT RI   |   16:00 . Ditetapkan, Inilah Total DPT di Masing-masing Dapil   |   15:00 . Perapian di Kandang Meludeskan Sebagian Rumah Warga Purwosari   |   14:00 . Kreatif, Anyaman Bambu di Sumuragung Dijadikan Hiasan   |  
Mon, 20 August 2018
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Sunday, 05 August 2018 12:00

Agrowisata Kebun Jambu Kristal Memprihatinkan

Agrowisata Kebun Jambu Kristal Memprihatinkan

Kontributor: Apriani

blokBojonegoro.com - Agrowisata Kebun Jambu Kristal yang berada di Desa Padang Kecamatan Trucuk Kabupaten Bojonegoro yang kini telah berusia sekitar tiga tahun, perlu perhatian dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro.

Agrowisata Kebun Jambu Kristal yang terletak di sebelah timur tanggul yang memiliki jarak tempuh sekitar 5-10 menit dari Bendungan Gerak itu, belum ada penanda khusus ataupun gerbang utama yang menjadi penanda dari Agrowisata Kebun Jambu Kristal.

Jika anda dari Bendungan Gerak, hanya akan melihat sebuah tanda penunjuk arah, yang tertuliskan arah menuju Kebun Jambu Kristal yang berada di kanan jalan/tanggul. Selain itu akses jalan juga didandang perlu untuk diperbaiki.

Tak heran jika pengunjung di Agrowisata Kebun Jambu Kristal mengeluhkan akses jalan yang layak untuk diperbaiki itu, karena jalannya terbuat dari batu kapur putih (katel) yang tidak rata. Apalagi saat ini musim kemarau yang sering disertai angin, tentunya debu-debu dari jalan tersebut akan berterbangan saat tertiup angin dan saat kendaraan melintas.

"Jalannya semoga segera diperbaiki, jadi misal ada rombongan bawa mobil juga enak kalau mau putar balik. Bawa motor saja kadang masih 'nyaruk' kok. Harus hati-hati jika akses jalannya seperti ini," ujar salah seorang pengunjung, Silvi dari Kapas, Bojonegoro.

Agrowisata Kebun Jambu Kristal yang yang memiliki lahan dengan luas sekitar tujuh puluh dua hektar, yang dikelola oleh sekitar empat puluh tiga petani dari warga setempat. Pengunjungnya akan membludak saat hari libur atau akhir pekan.

Untuk masuk ke kebun dari jalan harus menyebrangi jembatan yang terbuat dari kayu bambu yang panjangnya sekitar satu sampai dua meter. Nah jalan pembatas antar kebun pun masih alami yakni masih berupa jalan yang terbuat dari tanah.

Selain itu nampak ada sebuah rumah bambu yang sudah tidak layak atau hampir roboh. Terlihat, ada banner yang bertuliskan Agrowisata Kebun Jambu Kristal, namun dalam keadan yang sudah compang-camping (rusak).

"Sudah beberapa kali ada yang survai, ngukur jalan, tapi sampai saat ini belum sampai juga bantuannya. Pernah ngajukan untuk pembangunan jalan sekitar satu setengah kilometer tapi malah dibengkakkan mau dibangun jalan, parit, dan musala, jadinya sampai sekarang belum dapat apa-apa," ujar Ketua Kelompok Petani Jambu Kristal, Ahmad Majid.

Pak Jid menyampaikan, bangunan dari bambu yang hampir roboh itu, sebelumnya digunakan untuk bersantai oleh pengunjung. Namun, sengaja belum direnovasi karena katanya akan mendapatkan bantuan sekitar Gazebo, namun Ia belum tahu secara pasti bantuan tersebut kapan datangnya.

"Semoga saja segera turun bantuannya, demi kenyamanan pengunjung yang datang ke sini, supaya bisa untuk acara pertemuan atau sekadar bersantai dan berteduh pengunjung," jelas pria yang berusia sekitar 62 tahun. [ani/lis]

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.


You need to sign in or register for this service



Video bB

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Wednesday, 15 August 2018 06:00

    Desa Kalianyar Rencanakan Pembangunan IPAL

    Desa Kalianyar Rencanakan Pembangunan IPAL Desa Kalianyar, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro terus berbenah. Setelah tahun lalu masuk di Gerakan Bojonegoro Bersinar (GBB) dan tahun ini Desa Berseri tingkat Pratama di provinsi, untuk menambah penataan lingkungan menjadi lebih baik lagi, di desa ini merencanakan pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL)....

    read more

Tabloid bB