22:00 . LPPNU Bojonegoro Sosialisasikan Program Bantuan Tanam Jagung   |   21:17 . Bupati Terima Api Abadi   |   21:00 . Filosofi Musik 'Ning Nong Gung' dalam Iringan Grebek Berkah   |   20:00 . Pagu Anggaran APK Partai di Bojonegooro Capai Rp299 Juta   |   19:30 . Tari Encek Grenjeng Ramaikan Serah Terima Api Abadi   |   19:00 . Hore...!!! Pencairan ADD Tahap 2, Sekitar Rp52 M Tuntas   |   18:00 . Rombongan Pembawa Api Abadi Tiba di Bakorwil   |   17:00 . Gerakan Ngetwit Bareng meriahkan Grebek Berkah HJB-341   |   16:00 . Siswa dan Masyarakat Sambut Arak-arakan Api Abadi   |   15:30 . Prosesi Pengambilan Api Abadi   |   15:00 . 50 Ton Tembakau di Gudang Baureno Ludes Terbakar   |   14:30 . Revolusi Industri 4.0 Jadi Peluang dan Tantangan   |   14:30 . Gunungan Siap Dikirim ke Pendopo   |   14:00 . Kapolres Terima Api Abadi   |   13:30 . Kelelahan, Peserta Jambore Purwosari Pingsan Saat Upacara   |  
Sat, 20 October 2018
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Sunday, 05 August 2018 22:00

Tutup PKL FKM, Edukasi Masyarakat dengan Teater

Tutup PKL FKM, Edukasi Masyarakat dengan Teater

Pengirim: Deviyanti Wahyu Izati

blokBojonegoro.com - Tidak hanya melulu mengenai penyuluhan atau sosialisasi kesehatan yang biasa dilakukan mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) tetapi juga teater.

Acara teater yang dilakukan mahasiswa yang tengah melakukan Praktik Kerja Lapangan (PKL) FKM pada 4 Agustus 2018 di Balai Desa Brangkal, Kecamatan Kepohbaru, Kabupaten Bojonegoro ini berjudul “Lidah Mertua.”

Dan diperankan langsung oleh mahasiswa dengan mengisahkan seorang anak menantu yang hamil, namun terkena pre-eklamsi karena terlalu sering mengkonsumsi ikan asin ditambah suami yang sering merokok di dalam rumah dan ibu mertua yang percaya oleh mitos mengenai memakan sayuran hijau dapat menyebabkan darah tinggi, dan jika memakan telur si jabang bayi bisa berbau amis saat lahir.

“Karena penyuluhan tentang rokok dan hipertensi sudah sering dilakukan dengan metode ceramah. Maka dari itu kami membuat metode penyuluhan berupa teater yang mana berbeda dari metode–metode sebelumnya,” ujar Yusuf, ketua PKL Desa Brangkal, kampus Universitas Airlangga (Unair) Surabaya.

“Kami mengambil cerita tentang anak menantu yang hamil dan terkena pre-eklamsi karena memang di Desa Brangkal ini pernah terjadi kasus ibu hamil meninggal karena pre-eklamsi, nah dari cerita teater ini kami ingin mencegah hal tersebut terjadi lagi dengan cara mengedukasi melalui teater, serta kami juga memberikan pengetahuan tentang BPJS yang memang harus dimiliki oleh masyarakat,” tambahnya.

Teater yang mengajak sekretaris desa, bidan desa dan kader kesehatan di Desa Brangkal ini cukup menarik perhatian dari masyarakat, karena juga menampilkan pertunjukan dari murid sekolah dasar dan madrasah ibtidaiyah setempat.

“Acara yang dilakukan ini cukup bagus karena bisa untuk membantu perilaku dan cara berfikir masyarakat di desa ini yang masih mempercayai mitos-mitos yang belum tentu baik untuk kesehatan. Dari teater ini masyarakat jadi lebih mudah mengerti, informasi yang disampaikan mudah mengena karena berbeda dari yang pernah ada,” ungkap Siti Khoiriyah, Bidan Desa Brangkal.

Acara ini menjadi penutup PKL dari mahasiswa FKM di Desa Brangkal setelah melaksanakan tiga acara sebelumnya yakni: pembuatan buku panduan memasak MP-ASI bagi bayi 0 sampai 11 bulan, demo masak MP-ASI dan Lomba masak MP-ASI, serta Kajian Islam mengenai Hipertensi pada Ibu hamil. [mu]

*Pengirim adalah Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Airlangga Surabaya.


PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




Video bB

Redaksi

  • Sunday, 14 October 2018 11:30

    3th blokTuban.com dan HJT ke-725

    AMSI Jatim Ajak Masyarakat Lebih Cerdas Konsumsi Berita

    AMSI Jatim Ajak Masyarakat Lebih Cerdas Konsumsi Berita Dalam kesempatannya menghadiri agenda Gowes 3 tahun blokTuban.com berkarya di Bumi Wali yang dibalut nuansa semarak menyambut Hari Jadi Tuban (HJT) ke-725, Ketua Asosiasi Media Siber Indonesia Wilayah Jawa Timur (Jatim), Arif Rahman memberi himbauan kepada masyarakat umum, khususnya yang ada dalam kegiatan tersebut agar lebih cerdas dalam mengkonsumsi berita....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Tabloid bB

  • Friday, 31 July 2015 13:16

    Tabloid bB Edisi Juli 2015

    Tabloid bB Edisi Juli 2015 Untuk Edisi Juli 2015, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin menyajikan beberapa hal yang baru, terutama di halaman Investigasi. Dengan tema besar...

    read more