07:00 . 5 Tanda Anda Berada dalam Pernikahan Tanpa Cinta   |   14:00 . Semangat Gerak Jalan, Banser Balen Siap Jaga NKRI   |   12:00 . Aneh, Pisang di Kapas Berbuah Dari Tengah Batang   |   11:00 . Agustus, Konveksi Mulai Kebanjiran Pesanan   |   10:00 . Balap Becak, Perempuan Pun Ikut Andil   |   09:00 . Rangkaian HUT RI, Warga Ngasinan Jalan Sehat Bersama   |   08:00 . Dilirik 9 Perusahaan, Disperta Butuh 10.400 Ton Tembakau   |   07:00 . Tips Alami Merawat Payudara Agar Tetap Kencang   |   06:00 . Premenstrual Syndrome   |   19:00 . Kurban Semakin Dekat, Harga Kambing Terus Naik   |   18:00 . Meriahnya Pawai Sepeda Hias Gayam   |   17:00 . Pertamina EP Tajak Sumur Wolai-001 Tepat HUT RI   |   16:00 . Ditetapkan, Inilah Total DPT di Masing-masing Dapil   |   15:00 . Perapian di Kandang Meludeskan Sebagian Rumah Warga Purwosari   |   14:00 . Kreatif, Anyaman Bambu di Sumuragung Dijadikan Hiasan   |  
Mon, 20 August 2018
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Sunday, 05 August 2018 22:00

Tutup PKL FKM, Edukasi Masyarakat dengan Teater

Tutup PKL FKM, Edukasi Masyarakat dengan Teater

Pengirim: Deviyanti Wahyu Izati

blokBojonegoro.com - Tidak hanya melulu mengenai penyuluhan atau sosialisasi kesehatan yang biasa dilakukan mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) tetapi juga teater.

Acara teater yang dilakukan mahasiswa yang tengah melakukan Praktik Kerja Lapangan (PKL) FKM pada 4 Agustus 2018 di Balai Desa Brangkal, Kecamatan Kepohbaru, Kabupaten Bojonegoro ini berjudul “Lidah Mertua.”

Dan diperankan langsung oleh mahasiswa dengan mengisahkan seorang anak menantu yang hamil, namun terkena pre-eklamsi karena terlalu sering mengkonsumsi ikan asin ditambah suami yang sering merokok di dalam rumah dan ibu mertua yang percaya oleh mitos mengenai memakan sayuran hijau dapat menyebabkan darah tinggi, dan jika memakan telur si jabang bayi bisa berbau amis saat lahir.

“Karena penyuluhan tentang rokok dan hipertensi sudah sering dilakukan dengan metode ceramah. Maka dari itu kami membuat metode penyuluhan berupa teater yang mana berbeda dari metode–metode sebelumnya,” ujar Yusuf, ketua PKL Desa Brangkal, kampus Universitas Airlangga (Unair) Surabaya.

“Kami mengambil cerita tentang anak menantu yang hamil dan terkena pre-eklamsi karena memang di Desa Brangkal ini pernah terjadi kasus ibu hamil meninggal karena pre-eklamsi, nah dari cerita teater ini kami ingin mencegah hal tersebut terjadi lagi dengan cara mengedukasi melalui teater, serta kami juga memberikan pengetahuan tentang BPJS yang memang harus dimiliki oleh masyarakat,” tambahnya.

Teater yang mengajak sekretaris desa, bidan desa dan kader kesehatan di Desa Brangkal ini cukup menarik perhatian dari masyarakat, karena juga menampilkan pertunjukan dari murid sekolah dasar dan madrasah ibtidaiyah setempat.

“Acara yang dilakukan ini cukup bagus karena bisa untuk membantu perilaku dan cara berfikir masyarakat di desa ini yang masih mempercayai mitos-mitos yang belum tentu baik untuk kesehatan. Dari teater ini masyarakat jadi lebih mudah mengerti, informasi yang disampaikan mudah mengena karena berbeda dari yang pernah ada,” ungkap Siti Khoiriyah, Bidan Desa Brangkal.

Acara ini menjadi penutup PKL dari mahasiswa FKM di Desa Brangkal setelah melaksanakan tiga acara sebelumnya yakni: pembuatan buku panduan memasak MP-ASI bagi bayi 0 sampai 11 bulan, demo masak MP-ASI dan Lomba masak MP-ASI, serta Kajian Islam mengenai Hipertensi pada Ibu hamil. [mu]

*Pengirim adalah Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Airlangga Surabaya.

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.


You need to sign in or register for this service



Video bB

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Wednesday, 15 August 2018 06:00

    Desa Kalianyar Rencanakan Pembangunan IPAL

    Desa Kalianyar Rencanakan Pembangunan IPAL Desa Kalianyar, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro terus berbenah. Setelah tahun lalu masuk di Gerakan Bojonegoro Bersinar (GBB) dan tahun ini Desa Berseri tingkat Pratama di provinsi, untuk menambah penataan lingkungan menjadi lebih baik lagi, di desa ini merencanakan pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL)....

    read more

Tabloid bB