16:00 . Banyak Kendala, Para Peternak Berbagi Pengalaman   |   15:00 . Santunan Kematian, Ahli Waris Harus Memiliki Rekening   |   14:00 . 44S Poultry Berikan Pelatihan Kepada 57 Peternak Ayam   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Bakal Tingkatkan Kemampuan PMKS   |   12:00 . DLH dan Polres Bojonegoro Bersih Sampah di TBS   |   11:00 . Diburu Pembeli, Laju Penjualan Laptop-Komputer Meningkat   |   10:00 . Tanya Kejejelasan Nasib Persibo, Suporter akan Turun Jalan   |   09:00 . Jelang UNBK, Laptop Baru dan Bekas Masih Diburu   |   08:00 . Ini Alasan Pupuk Organik Lebih Disarankan Dibanding Kimia   |   07:00 . Awas, Jangan Biarkan Batuk Berkepanjangan   |   23:30 . Kenalkan SISTER, IKIP PGRI Bojonegoro Adakan Workshop Internal   |   23:00 . Emil Wagub Jatim Ajak Jaga Bengawan Solo - Bojonegoro   |   22:00 . Ha...Ada Ribuan Titik Kerusakan Akibat Penambangan Pasir Liar   |   21:00 . Emil Minta Sudetan Kaligandong Disegerakan   |   20:00 . Tepat Dua Jam, Emil Susuri Bengawan Solo   |  
Wed, 20 February 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Sunday, 05 August 2018 22:00

Tutup PKL FKM, Edukasi Masyarakat dengan Teater

Tutup PKL FKM, Edukasi Masyarakat dengan Teater

Pengirim: Deviyanti Wahyu Izati

blokBojonegoro.com - Tidak hanya melulu mengenai penyuluhan atau sosialisasi kesehatan yang biasa dilakukan mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) tetapi juga teater.

Acara teater yang dilakukan mahasiswa yang tengah melakukan Praktik Kerja Lapangan (PKL) FKM pada 4 Agustus 2018 di Balai Desa Brangkal, Kecamatan Kepohbaru, Kabupaten Bojonegoro ini berjudul “Lidah Mertua.”

Dan diperankan langsung oleh mahasiswa dengan mengisahkan seorang anak menantu yang hamil, namun terkena pre-eklamsi karena terlalu sering mengkonsumsi ikan asin ditambah suami yang sering merokok di dalam rumah dan ibu mertua yang percaya oleh mitos mengenai memakan sayuran hijau dapat menyebabkan darah tinggi, dan jika memakan telur si jabang bayi bisa berbau amis saat lahir.

“Karena penyuluhan tentang rokok dan hipertensi sudah sering dilakukan dengan metode ceramah. Maka dari itu kami membuat metode penyuluhan berupa teater yang mana berbeda dari metode–metode sebelumnya,” ujar Yusuf, ketua PKL Desa Brangkal, kampus Universitas Airlangga (Unair) Surabaya.

“Kami mengambil cerita tentang anak menantu yang hamil dan terkena pre-eklamsi karena memang di Desa Brangkal ini pernah terjadi kasus ibu hamil meninggal karena pre-eklamsi, nah dari cerita teater ini kami ingin mencegah hal tersebut terjadi lagi dengan cara mengedukasi melalui teater, serta kami juga memberikan pengetahuan tentang BPJS yang memang harus dimiliki oleh masyarakat,” tambahnya.

Teater yang mengajak sekretaris desa, bidan desa dan kader kesehatan di Desa Brangkal ini cukup menarik perhatian dari masyarakat, karena juga menampilkan pertunjukan dari murid sekolah dasar dan madrasah ibtidaiyah setempat.

“Acara yang dilakukan ini cukup bagus karena bisa untuk membantu perilaku dan cara berfikir masyarakat di desa ini yang masih mempercayai mitos-mitos yang belum tentu baik untuk kesehatan. Dari teater ini masyarakat jadi lebih mudah mengerti, informasi yang disampaikan mudah mengena karena berbeda dari yang pernah ada,” ungkap Siti Khoiriyah, Bidan Desa Brangkal.

Acara ini menjadi penutup PKL dari mahasiswa FKM di Desa Brangkal setelah melaksanakan tiga acara sebelumnya yakni: pembuatan buku panduan memasak MP-ASI bagi bayi 0 sampai 11 bulan, demo masak MP-ASI dan Lomba masak MP-ASI, serta Kajian Islam mengenai Hipertensi pada Ibu hamil. [mu]

*Pengirim adalah Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Airlangga Surabaya.

Tag : fkm unair, unair, mahasiswa unair

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 18 February 2019 08:00

    Petani Kalitidu Menyemai Refugia

    Petani Kalitidu Menyemai Refugia Mengendalikan OPT padi dengan cara menanam Refugia juga dilakukan petani di Desa Pumpungan Kecamatan Kalitidu, Bojonegoro, Jawa Timur....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Wednesday, 24 October 2018 09:00

    LoKer dan Iklan Baris di bB

    Lebih Mudah dan Tepat untuk Promosi

    Lebih Mudah dan Tepat untuk Promosi Untuk mengakomodir permintaan dari masyarakat luas, terutama pembaca setia blokBojonegoro.com, redaksi menyediakan kanal khusus untuk informasi lowongan kerja (LoKer) dan iklan baris....

    read more