Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Penuhi Standar Halal, Disnakan Latih Juru Sembelih Kurban

blokbojonegoro.com | Friday, 10 August 2018 08:00

Penuhi Standar Halal, Disnakan Latih Juru Sembelih Kurban

Reporter: M. Safuan

blokBojonegoro.com - Guna memenuhi standar hukum halal saat penyembelihan hewan kurban, Dinas Peternakkan dan Perikanan (Disnakan) Kabupaten Bojonegoro, memberikan pengetahuan tata cara menyembelih hewan kurban kepada seluruh Takmir Masjid, ustadz, dan juru sembelih hewan qurban.

"Pengetahuan tata cara ini sangat penting bagi mereka semua, terlebih sebentar lagi Hari Raya Idul Adha," ucap Kepala Disnakan Bojonegoro, melalui Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Hewan, Sugiharti S. Rahayu.

Menurutnya, sebelum hewan kurban tersebut disembelih, hewan itu harus memenuhi standar aman, sehat, utuh dan halal (ASUH) baik dari pakan serta kebersihan tempat hewan tersebut.

"Disnakan akan mengecek lapak penjual hewan kurban pada H-10," ucap perempuan yang disapa Yayuk itu.

Untuk memperoleh predikat halal saat penyembelihan kurban, Disnakan langsung mengundang narasumber ketua pusat riset dan pengembangan produk halal yakni dokter hewan Mustofa Helmi Efendi dan Penyelenggara Syariah Kemenag Bojonegoro, Abdulloh Hafidz.

Dari data yang diperoleh blokBojonegoro.com pada tahun 2017 lalu, hewan kurban yang disembelih sebanyak 1.506 ekor sapi dan 16.003 ekor kambing/domba yang tersebar di 28 kecamatan di Bojonegoro.

"Sedangkan untuk tahun 2018 masih belum terdata," beber Yayuk kepada blokBojonegoro.com.

"Dengan adanya pelatihan ini diharapkan bisa memperoleh daging yang sehat dan aman, yakni tidak mengandung bibit penyakit serta daging yang sehat yang diartikan mengandung zat-zat yang berguna bagi kesehatan dan pertumbuhan tubuh," harapnya. [saf/mu]

Tag : disnakan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini