Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Sidak, Disnakkan Temukan Hewan Kurban Tak Cukup Umur

blokbojonegoro.com | Monday, 13 August 2018 13:00

Sidak, Disnakkan Temukan Hewan Kurban Tak Cukup Umur

Reporter: M Safuan

blokBojonegoro.com - Menjelang Hari Raya Idul Adha tahun 2018 ini, Petugas Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Kabupaten Bojonegoro, Senin (13/8/2018) melakukan inspeksi mendadak ke beberapa lapak pedagang hewan kurban. 

Menurut Kabid Kesehatan Hewan Disnakan Bojonegoro, Sugiharti S Rahayu, Sidak dan penelitian di lapangan ini guna memastikan kondisi kesehatan hewan kurban yang dijual di lapak pedagang. Hal ini juga sebagai langkah antisipatif agar hewan kurban layak dikurbankan dan terhindar dari penyakit menular.

Sasaran Sidak antara lain pedagang kambing atau domba yang ada di Jalan Lisman, Pemuda dan Panglima Sudirman. Satu-persatu, hewan kurban mulai kambing dan domba langsung diperiksa kesehatannya. Pemeriksaan tersebut mulai dari kondisi fisik yang meliputi memeriksa gigi dan juga mata, hal itu dilakukan untuk mengetahui kambing tersebut sudah berumur apa belum.

Hasilnya, Disnakkan menemukan kambing atau domba yang belum cukup umur. Selain itu, banyak pula hewan kurban itu yang mengalami gangguan penyakit mata sehingga harus mendapat pengobatan agar tidak menjadi buta.

"Dari hasil Sidak dibeberapa lapak, kami tidak menemukan hewan yang menyebarkan penyakit menular," ucap wanita yang akrab disapa Yayuk itu.

Secara umum, hewan yang dijual pedagang tersebut dinyatakan layak kurban. Selain itu,  kondisi kesehatan hewan tersebut harus sesuai yang telah ditentukan oleh Disnakkan Bojonegoro yakni domba maupun kambing layak kurban harus lengkap anggota tubuhnya, tanpa cacat sedikit pun.

"Mudah-mudahan dengan Sidak ini dapat mengantisipasi penyebaran penyakit sekaligus memberikan saran bagi pedagang agar terus menjaga kebersihan lapaknya," pungkasnya. [saf/lis]

Tag : hewan, kurban, disnakkan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini