19:00 . Novemberan, Ketika para Seniman Beradu Lestarikan Sastra   |   18:00 . Pemantau Pemilu Harus Bersertifikasi Bawaslu RI   |   17:00 . Persiapan UN, Dinas Pendidikan Masih Validasi Data Siswa   |   16:00 . Rapat DPRD Molor, Wabup: Sudah Biasa   |   15:00 . Wow...! Pemkab Siapkan Rp12 Milyar Untuk Gaji Kenaikan PNS   |   14:00 . Banyak Doorprize, Tandai Lahirnya Pojok Kependudukan di YSM Margoagung   |   13:00 . Peringati Hari Anti Korupsi, Kejari Ajak Anak SMP Lomba Pidato   |   12:00 . Pembangunan Lapangan Terbang Dipastikan Kandas   |   11:00 . Sosialisasi Perda HIV, Masyarakat Harus Ikut Mendukung   |   10:00 . Pemuda di Banjarsari Nekat Gantung Diri   |   08:00 . Jumlah Ponpes di Bojonegoro Terus Meningkat   |   07:00 . 8 Pertanyaan yang Dibenci Pria Ketika Kencan   |   23:00 . Tampilan Jean Sebastian Pukau Penonton   |   20:00 . Peduli Sesama, FKPAI Bantu Air Bersih di Kedungadem   |   19:00 . Nita Artsen dan Jean Sebastian Tampil Memukau   |  
Thu, 22 November 2018
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Wednesday, 15 August 2018 06:00

Desa Kalianyar Rencanakan Pembangunan IPAL

Desa Kalianyar Rencanakan Pembangunan IPAL

Pengirim: Ika Farihatunnisa' R.*

blokBojonegoro.com - Desa Kalianyar, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro terus berbenah. Setelah tahun lalu masuk di Gerakan Bojonegoro Bersinar (GBB) dan tahun ini Desa Berseri tingkat Pratama di provinsi, untuk menambah penataan lingkungan menjadi lebih baik lagi, di desa ini merencanakan pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL).

Pada sosialisasi IPAL yang dilaksanakan Selasa (14/8/2018) malam, yang dihadiri Babhinkamtibmas, BPD, Ketua RT, tokoh agama dan masyarakat serta petani, Kepala Desa (Kades) Kalianyar, Ibnu Ismail menyampaikan, pentingnya adanya IPAL demi terciptanya kebersihan dan kesehatan lingkungan.

"Saat ini, masih banyak air limbah rumah tangga yang mengalir ke kali, atau mampat di saluran pembuangan di sekitar rumah. Selain tak sedap dipandang juga bisa menjadi sumber penyakit," ujar Kades.

Dengan adanya pembangunan IPAL ini nantinya, diharapkan lingkungan menjadi lebih bersih dan sehat, serta air limbah yang sudah diolah bisa memiliki daya guna yang lebih baik untuk lingkungan.

Sementara itu, aktivis lingkungan dan ahli IPAL, Solikin menjelaskan, air limbah rumah tangga, baik dari dapur, cucian maupun kotoran manusia dapat mencemari lingkungan dan merusak unsur dalam tanah, salah satu contohnya adalah tidak ada cacing di sekitar air limbah itu.

"Beruntung jika sudah memakai air PAM. Bahanya, jika memakai dan mengkonsumsi air dari tanah yang ada di sekitar air limbah. Sama halnya mengkonsumsi penyakit," papar Solikin.

Untuk pembangunan IPAL di Bojonegoro, sudah dilakukan di Desa Sukorejo dan Kelurahan Ledokkulon, Kecamatan Kota Bojonegoro. Instalasinya, dari saluran pembuangan air dan septicktank  di setiap rumah, langsung disambung menuju ke tempat penampungan.

Di tempat penampungan, air limbah itu diolah. Sehingga air yang keluar dari pengolahan menjadi layak dan aman untuk lingkungan, namun bukan untuk dikonsumi.

"Outputnya, air bisa digunakan untuk mengembalikan unsur tanah yang selama ini sudah tergantung dengan pupuk kimia. Sedangkan jika ada ampas, bisa digunakan untuk media tanam," imbuh Solikin.

Diharapkan, dengan adanya IPAL, bisa menangani masalah pencemaran lingkungan akibat air limbah dari rumah tangga. [ito]

*Pengirim adalah Sekretaris Desa Kalianyar, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro

Tag : ipal, kalianyar, kapas, bojonegoro

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Wednesday, 14 November 2018 14:00

    Pelatihan Menulis Bersama EMCL dan Tempo Institute

    Tulisan Tiga Wartawan Bojonegoro Terbaik

    Tulisan Tiga Wartawan Bojonegoro Terbaik Selama tiga hari, mulai Senin hingga Rabu (12-14/11/2018), awak media dari Kabupaten Bojonegoro, Tuban dan Blora mengikuti pelatihan menulis feature/story telling dan digital marketing di Disaster Oasis, KM 21,5, Sleman,...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Saturday, 10 November 2018 20:00

    MINU Karakter Bojonegoro Gelar Educatif of Leadership

    MINU Karakter Bojonegoro Gelar Educatif of Leadership Hari Sabtu adalah hari libur bagi anak-anak MINU Karakter Bojonegoro. Tetapi tidak untuk Sabtu (10/11/2018) ini. Mengetahui akan pentingnya menjadi pemimpin yang baik sejak dini, diadakanlah Outbond di Maibit, Kecamatan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Wednesday, 24 October 2018 09:00

    LoKer dan Iklan Baris di bB

    Lebih Mudah dan Tepat untuk Promosi

    Lebih Mudah dan Tepat untuk Promosi Untuk mengakomodir permintaan dari masyarakat luas, terutama pembaca setia blokBojonegoro.com, redaksi menyediakan kanal khusus untuk informasi lowongan kerja (LoKer) dan iklan baris....

    read more