09:00 . Lulus Passing Grade Tak Menjamin Lolos ke SKB   |   08:00 . Panen Hingga Cicipi Olahan Sate Jamur Petani Binaan ExxonMobil   |   07:00 . Anak Pilek, Bolehkah Minum Es?   |   18:00 . Tanah Bantaran Bengawan Solo di Bawah Jembatan Kaliketek Tergerus   |   17:00 . Aksi Bareng Relawan ExxonMobil   |   16:00 . Bangun Sinergitas Babinsa Ngambon Bantu Warga Atasi Longsor   |   15:00 . Pengenalan Keselamatan Berlalu Lintas, Begini Cerita Tino Voigt   |   14:00 . Sukarelawan EMCL Kerjabakti di Desa Ngraho   |   13:00 . Kunjungi Omah Jamur di Ngraho, Icipi Olahan Jamur Tiram   |   12:00 . Keren...!!! Belajar dari Internet, Pemuda Bojonegoro Berhasil Buat Sepeda Listrik   |   11:00 . Tanah Bantaran Bengawan Solo di Bawah Jembatan Kaliketek Longsor   |   10:00 . Aksi Program Relawan ExxonMobil di Desa Ngraho   |   09:00 . 1 April 2020, Parkir Berlangganan Mulai Diterapkan   |   08:00 . Musim Panen, Jasa Perontok Jagung Kebanjiran Sewa   |   07:00 . 4 Stereotip Wanita Karier yang Harus Diubah   |  
Wed, 26 February 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Friday, 17 August 2018 07:00

9 Hal Tentang Mantan yang Tak Boleh Kamu Tanyakan Pada Kekasih

9 Hal Tentang Mantan yang Tak Boleh Kamu Tanyakan Pada Kekasih

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Hal yang wajar jika kamu ingin mengetahui tentang mantannya kekasihmu. Namun, lebih baik kamu berpikir dua kali sebelum menanyakan pertanyaan tertentu pada kekasihmu, apalagi tentang mantan kekasihnya.

Sebab, jika tidak disampaikan dengan baik hal ini bisa berdampak negatif pada hubungan kalian.

Sebenarnya tak masalah jika kamu merasa nyaman menanyakannya. Hanya saja, jangan tanyakan dengan cara yang buruk.

Psikoterapis pasangan Tina B. Tessina, LMFT, PhD menjelaskan, tak masalah jika kita menanyakan apa yang salah pada hubungan masa lalu kekasih atau apa yang salah dengan mantan kekasihnya.

"Ini akan menunjukkan bagaimana kamu bisa belajar dari hal itu dan memperbaiki diri sehingga hubunganmu dengan kekasih tidak akan berakhir pada masalah yang sama," ujarnya.

Namun, pastikan kamu siap menerima jawaban yang mungkin menyakitkan. Karenanya penasehat kencan dan hubungan, Carla Romo mengingatkan, jangan tanya jika kamu hanya berniat membandingkan.

Pada intinya, hal ini terserah padamu. Namun, lebih baik pikirkan matang-matang sebelum menanyakan sembilan hal ini pada kekasihmu tentang mantannya.

1. Nama mantan

Bukan masalah jika kamu ingin mengetahui nama mantannya kekasihmu. Namun, kamu bisa saja tergoda untuk mencari tahu tentang dia di internet, terutama media sosial.

Pakar hubungan dan ahli strategi komunikasi, Anna Gonowon mengatakan, hal tersebut harus dihindari. Menurutnya, kamu harus fokus dengan hubungan saat ini bukan justru menggali tentang mantannya kekasih di dunia online.

Selain itu, mencari tahu tentang mantan di internet cenderung membuatmu membandingkan diri dengannya. Hal ini sangat tidak produktif dalam sebuah hubungan.

2. Penampilan mantan

Hindari mencari tahu penampilan mantannya kekasihmu di media sosial. Namun, ketika kamu sudah melakukannya, hindari menanyakan tentang detail fisik mantannya.

Meskipun, di dunia digital sangat mudah untuk mencaritahu tentang sosok mantan tersebut.

"Aku tahu banyak orang terobsesi membandingkan diri dengan mantannya kekasih mereka. Namun, ini akan berdampak buruk pada sebuah hubungan," kata ahli strategi hubungan di Seeking, Alexis Germany.

"Ingatlah, mereka menjadi "mantan" karena sebuah alasan."

Tentu saja setiap hubungan berbeda-beda. Jadi, mungkin saja kamu dan kekasihmu adalah tipe yang santai untuk membicarakan tentang masing-masing mantan kekasih.

Namun, berhati-hatilah ketika menanyakan tentang hal ini karena pasangan akan merasa diintai dan tidak aman.

Untuk hubungan yang sehat, lebih baik tinggalkan segala sesuatu tentang masa lalu.

3. Apakah kekasih lebih mencintai mantannya

Berhati-hatilah ketika menanyakan pertanyaan seperti ini.

Pakar kencan dan hubungan dari Double Trust Dating, Jonathan Bennet menyampaikan, banyak orang membandingkan diri dengan mantannya kekasih. Apalagi jika hubungan kekasihmu dan mantannya sudah berjalan cukup lama.

Namun, selain akan membuat kekasihmu merasa tertuduh, hal ini akan membuatmu merasa insecure alias tidak aman. Pada akhirnya percakapanmu dan kekasih bisa menjadi tidak sehat.

4. Apakah kekasih masih tertarik dengan mantannya

Jika kamu khawatir kekasihmu masih tertarik dengan mantannya atau masih memiliki hubungan tertentu, tanyakan lah padanya.

Hal ini akan menghindarkanmu dari kekhawatiran tidak perlu sambil membuka komunikasi tentang bagaimana hubungan kekasihmu dengan mantannya.

Namun, jika kamu merasa hubunganmu dengan kekasih baik-baik saja, kamu perlu berpikir ulang untuk menanyakan hal ini.

Tidak hanya akan menumbuhkan rasa tidak aman, kamu juga belum tentu mendapatkan jawaban yang tegas.

"Mungkin saja kekasihmu masih tertarik dengan mantannya, tapi tentu saja dia harus berbohong," kata Bennet.

Namun, jika kekasihmu menjawab tegas dan mengatakan "ya", maka hal itu juga menjadi masalah.

"Selama kamu dan kekasihmu bahagia, tidak perlu fokus dengan perasaan yang mungkin masih tersisa pada masing-masing mantan kekasih," ujarnya.

5. Yang disukai dari sosok mantan

Mempelajari tentang mantannya kekasihmu menjadi suatu hal yang berguna jika kamu ingin membangun hubungan yang sehat.

Misalnya, kamu bisa menanyakan apa yang salah dari mantannya kekasihmu. Sehingga kamu dan kekasih bisa berupaya menghindari kesalahan yang sama.

Namun, jangan terlalu bersikeras menanyakan pertanyaan yang menimbulkan rasa tidak aman.

"Mendengarkan hal-hal indah tentang kekasihmu dan mantannya mungkin akan membuatmu sakit meskipun hal itu terjadi jauh sebelum kamu hadir," kata Germany.

Kecuali, jika kamu yakin bisa kuat mendengarkan apapun jawaban dari kekasihmu.

6. Putus-nyambung

Berapa kali kekasihmu dan mantannya kembali "nyambung" setelah memutuskan hubungan mungkin menjadi hal yang membuatmu penasaran.

Namun, selama informasi ini tidak berdampak pada hubunganmu, maka hal ini tak perlu kamu tanyakan.

Romo menjelaskan, pertanyaan ini berpotensi memunculkan kecurigaan tertentu.

"Hal ini bisa mengacu pada pertanyaan bagaimana perasaan kekasihmu terhadap mantannya. Celah ini bisa memicu pikiran-pikiran tentang harga diri, yang tentunya dihindari," kata Romo.

7. Apakah keluarga kekasihmu menyukainya

Masa lalu adalah masa lalu. Jadi, apakah keluarga kekasihmu menyukai mantannya kekasihmu, adalah hal yang tidak terlalu perlu.

Hal ini tak perlu ditanyakan, apalagi jika kamu sudah memiliki perasaan tidak aman sebelumnya. Menurut Romo, membandingkan diri dengan mantannya kekasih sangatlah berbahaya.

"Kamu dan mantannya kekasihmu adalah orang yang berbeda. Mengetahui jawaban dari pertanyaan tersebut akan membuatmu merasa perlu membuktikan diri. Pada akhirnya, hal terpenting adalah menjadi diri sendiri dalam sebuah hubungan," kata Romo.

Jika kamu merasa tidak aman, akan lebih sehat jika kamu membangun kepercayaan diri dalam hubungan tersebut dan membangun kepercayaan yang lebih tinggi.

Salah satu tempat terbaik adalah mulai bicara dengan kekasihmu tentang perasaanmu, ketimbang terus-menerus membandingkan diri dengan mantannya.

8. Apakah kamu sama dengan sang mantan

Mungkin kamu tergoda untuk membandingkan dirimu dengan mantannya kekasihmu. Namun, hal ini bisa menjadi bencana.

Pakar hubungan dan CEO Platinum Poire, Rori Sassoon mengatakan, hal itu tak diperlukan untuk keberlangsungan hubunganmu.

Justru, hal ini akan membuat kekasihmu membandingkanmu dengan mantannya dan bernostalgia dengan hal-hal masa lalu.

Jadi, ketimbang mempertanyakan hal ini, lebih baik kamu melakukan sesuatu yang membuatnya senang dan tak perlu bertanya.

9. Kehidupan seks

Objek ini mungkin akan sedikit membuat canggung. Sebetulnya, akan lebih sehat jika kamu menanyakan tentang apa yang disukai kekasihmu di tempat tidur.

Namun, berhati-hatilah pertanyaan itu akan memantik ingatan pengalaman seks masa lalunya.

Bennet mengatakan, ketika kamu sudah membandingkan dirimu dengan mantannya kekasih dalam urusan ranjang, percakapan ini tak akan pernah berujung positif.

"Tidak ada seorang pun yang ingin mendengar kebiasaan kekasihnya di ranjang bersama mantannya. Jadi, simpan saja informasi tersebut sebagai bagian dari masa lalu," ujarnya.

*Sumber: kompas.com

Tag : pendidikan, kesehatan


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat