Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

HUT Republik Indonesia ke 73

Rangkaian HUT RI, Tumpeng Sambut Warga Usai Upacara di Kalianyar

blokbojonegoro.com | Friday, 17 August 2018 10:00

Rangkaian HUT RI, Tumpeng Sambut Warga Usai Upacara di Kalianyar

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com - Sekitar pukul 07.00 WIB di halaman Balai Desa Kalianyar, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro pemerintah desa melaksanakan upacara bendera memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-73, bersama BPD, RT, Linmas, pemuda karang taruna, tokoh agama, masyarakat serta siswa-siswi dari SD dan MI desa setempat.

Usai upacara yang berlangsung hidmat dipimpin oleh kepala desa itu, langsung dilaksanakan lomba tumpeng yang sudah disediakan masing-masing RT sebelum upacara.

Tumpeng-tumpeng disajikan dengan menarik. Ada nasi kuning yang dibentuk kotak serta bucu paling atas diberi bendera, ada juga lauknya yang ditata semenarik mungkin, telur puyuh warna-warni, hingga dua ikan lele ukuran jumbo melingkari nasi dan lauk.

Kepala Desa Kalianyar, Ibnu Ismail kepada blokBojonegoro.com menjelaskan, adanya lomba tumpeng itu sudah berlangsung sejak tahun 2014.

"Tumpengan ini sebagai rasa syukur dan mewujudkan masyarakat Desa Kalianyar ini guyup dan rukun," terang Kades Ibnu.

Selain itu, adanya tumpeng yang dilombakan ini, juga merupakan rangkaian dari acara untuk menyemarakkan HUT RI ke-73 di desa tersebut, dari lomba-lomba yang sudah dilaksanakan sejak awal bulan higga bulan September mendatang yang digerakkan Karang Taruna (Kartar) Taruna Jaya Desa Kalianyar.

Di dalam lomba tumpeng itu sendiri, penilaian dilakukan oleh 3 dewan juri dengan kreteria dari tampilan, rasa serta nilai ekonomis. Dalam penilaian itu, juara pertama diraih oleh RT 3 dengan total nilai 543, juara dua dari RT 10 mendapat nilai 531 dan juara 3 dari RT 5 yang meraih nilai 526.

Setelah dilakukan penilaian, tumpeng-tumpeng dinikmati bersama oleh para peserta upacara.Bukan hanya tampilan tumpeng saja yang menarik, rasanya juga tambah nikmat ketika disantap bersama-sama. [ito/lis]

 

Tag : HUT, RI, tumpeng



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini