20:00 . BLT DD Tahap Kedua di Bojonegoro Mulai Cair   |   19:30 . 1 Orang Positif Covid-19 di Bojonegoro Dinyatakan Sembuh   |   19:00 . Pembunuhan Terhadap Janda, Terdakwa Divonis 12 Tahun Penjara   |   18:00 . Usai Lebaran, Tren Gadai Barang Kembali Ramai   |   17:00 . Pembatasan Wilayah, ini Dampaknya bagi Perusahaan Jasa Travel   |   16:00 . 1.361 CJH Batal Berangkat Jadi Prioritas Berangkat Haji Tahun Depan   |   15:00 . Diduga Peras Kades, 2 Oknum LSM Dicokok Polisi di Warung Kopi   |   14:00 . Pasein Covid-19 di RS Bhayangkara Wahyu Tetuko Diberikan Terapi Pernapasan   |   13:00 . Ribuan CJH Asal Bojonegoro Gagal Berangkat Tahun ini   |   12:00 . Pasca Lebaran, Omzet Pedagang Daging Sapi Menurun Drastis   |   11:00 . 12 Instansi Ikuti Penandatangan MoU Mall Pelayanan Publik   |   10:00 . Santunan Jasa Raharja untuk Korban Cacat Tetap Menempati Posisi Paling Rendah   |   09:00 . Kejaksaan Negeri Bojonegoro Menuju Predikat WBK 2020   |   08:00 . Melihat Proses Pembuatan Jajanan Jadul 'Ladu'   |   07:00 . Cegah Covid-19, Perlukah Tahan Napas saat Berdekatan dengan Orang?   |  
Tue, 02 June 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tuesday, 21 August 2018 17:00

BDI EMCL Salurkan Hewan Kurban untuk Warga Sekitar Proyek

BDI EMCL Salurkan Hewan Kurban untuk Warga Sekitar Proyek

Kontributor: Abdul Rokhim

 blokBojonegoro.com - Badan Dakwah Islam (BDI) ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) menyalurkan hewan kurban kepada masyarakat sekitar Kecamatan Gayam Kabupaten Bojonegoro, Selasa (21/8/2018). Hewan kurban yang terdiri dari tiga ekor sapi dan 31 kambing itu secara simbolik diserahkan perwakilan karyawan kepada desa-desa penerima dengan disaksikan ulama setempat. 

"Kurban ini merupakan kerelaan karyawan muslim di EMCL yang sepenuhnya peduli kepada warga sekitar," tutur Ketua BDI EMCL, Dasep Alfiah.

Menurut Dasep, BDI EMCL sebagai organisasi keagamaan karyawan muslim, setiap tahun menyalurkan qurban dari karyawan kepada warga sekitar. Bagi dia, warga Kecamatan Gayam sebagai tetangga terdekat juga merupakan bagian dari keluarga. "Hubungan harmonis kami dengan warga sekitar yang terjalin selama ini mencerminkan kekeluargaan yang telah kita bangun," ungkapnya.

Kata Dasep, setiap tahun jumlah hewan yang disalurkan bervariasi. Biasanya disebabkan tidak setiap tahun karyawan yang sama melakukan kurban. "Karena kita juga sadar bahwa kurban itu sesuai kemampuan, dan kondisi para jemaah di BDI EMCL yang menitipkan tidak sama setiap tahunnya," jelasnya.

Sehingga, jelas Dasep, jumlah hewan qurban yang disalurkan BDI EMCL jumlahnya berbeda-beda di setiap desa. Jika tahun ini desa mendapat 3 kambing, belum tentu tahun depan mendapatkan jumlah yang sama. "Terkadang harapan penerima berbeda, dan itu kita fahami," imbuhnya sambil tersenyum lebar.

Kurban bagi Dasep merupakan ibadah individu muslim yang mampu. Dengan berkurban, karyawan muslim EMCL telah meneladani ketaatan dan keikhlasan Nabi Ibrahim AS. Selain itu, dengan berqurban di sekitar tempat bekerja, karyawan mewujudkan rasa kepeduliaan terhadap sesama. "Jadi ini amalan individu, bukan perusahaan," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Mojodelik, Yuntik Rahayu menyampaikan terima kasih kepada karyawan EMCL yang telah memberikan hewan qurban ke desanya. Dia menyebut bahwa warganya senang bisa bertetangga dengan sesama muslim yang peduli. "Ini harus kita syukuri," cetusnya.

Hal yang sama disampaikan Kepala Desa Gayam, Winto. Dia mengapresiasi karyawan yang senantiasa mengamalkan ibadah sunah Nabi Ibrahim ini. “Semoga barokah dan rezekinya semakin lancar, BDI EMCL juga dilancarkan segala urusan dakwahnya,” tuturnya mendoakan. [im/lis]

Tag : hewan, kurban


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat