Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Terserang Hama Tikus, Hasil Panen Kacang Hijau Ngumpakdalem Minim

blokbojonegoro.com | Tuesday, 28 August 2018 15:00

Terserang Hama Tikus, Hasil Panen Kacang Hijau Ngumpakdalem Minim

Reporter: M Safuan

blokBojonegoro.com - Hasil panen kacang hijau petani Desa Ngumpakdalem Kecamatan Dander pada musim panen kali ini diprediksi menurun lantaran diserang hama tikus. 

"Serangan hama tikus terus menyerang tanaman sehingga pertumbuhan tanamannya tidak maksimal," ucap Wiji salah satu petani desa setempat.

Menurutnya, memang saat masuk musim kemarau hampir seluruh lahan pertanian di desa ini ditanami tanaman kacang hijau, pasalnya tanaman itu dirasa mudah dan tidak banyak mengeluarkan biaya dalam perawatannya.

Selain hama tikus, pertumbuhan tanaman kacang hijau kurang maksimal tersebut disebabkan karena saat awal tanam lalu, bibit kacang hijau itu terkena guyuran hujan, sehingga berpengaruh pada pertumbuhan dan hasil kacang hijau.

Menurut petani lain, Indari tanam tahun ini, pertumbuhan tanaman kacang hijau miliknya kurang maksimal apalagi hama tikus juga kerap merusak tanaman.

"Beruntung, meski begitu tanaman miliknya masih banyak yang hidup, dan kurang lebih 2 minggu lagi bisa dipanen," cakap Indari petani desa setempat.

Saat ini sebagian petani Desa Ngumpakdalem sudah memasuki masa panen, walaupun begitu petani setempat bersyukur meski hasil panen kacang hijau miliknya tidak sebaik tahun lalu. Dengan masa panen tahun ini petani berharap harga jual bisa memuaskan sehingga petani bisa sedikit terobati akan hasil panen yang kurang masksimal ini. [saf/lis]

Tag : petani, kacang hijau



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini