18:00 . Woww...! DBH Bojonegoro Capai 2,284 Triliun   |   17:00 . Suasana Pedesaan, RM 'Omah Tepi Sawah' Hadir di Sukowati   |   16:00 . Kekurangan Guru Mapel, Disdik Mewacanakan Pemerataan GTT   |   15:00 . Ndoro Kakung Ajak Jurnalis Bojonegoro Diskusi Bareng   |   14:00 . Disdik Bojonegoro Targetkan Kekosongan Kasek SD Terisi Sebelum TAB   |   13:00 . Hujan Terus Menerus, Bawang Merah di Sekar Sebagian Boler   |   12:00 . Seorang Pemuda Asal Kedungadem Bojonegoro Dilaporkan Hilang   |   11:00 . Kapolsek Sumberejo Sosialisasikan Larangan Knalpot Brong   |   10:00 . DPRD Bojonegoro Dorong Pencairan Dana Hibah   |   09:00 . Padi Gadu di Caruban Mulai Panen   |   07:00 . Kenali, Efek Negatif Kebanyakan Makan Mi Instan   |   21:00 . Berikut, Cabor Andalan Bojonegoro pada Porprov Mendatang   |   20:00 . Isi Liburan, MAI At-Tanwir Talun Adakan Pelatihan Fasilitator PMR   |   19:00 . Resah Ulat Bulu, Tangani dengan Damkar   |   18:00 . KONI: Meski Sudah Bagus, Performa Atlet Porprov Terus Ditingkatkan   |  
Mon, 17 December 2018
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Saturday, 01 September 2018 18:00

#Bojonegoroaduskopi

Tak Sekadar Seduh Kopi, Perhitungan Menciptakan Rasa

Tak Sekadar Seduh Kopi, Perhitungan Menciptakan Rasa

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com - Di salah satu stand kedai kopi pada acara #Bojonegoroaduskopi, tepatnya di Copitalist, tampak pemuda sedang menyiapkan kopi untuk dinikmati pengunjung.

Diambilnya beberapa biji kopi jenis Ampel Gading dari toples, kemudian digiling dengan alat manual. Setelah jadi bubuk, selanjutnya ditempatkan di alat penyeduh manual yang terdiri dari corong bebebentuk cangkir, di bawahnya ada teko kaca dan alat ukur digital.

Perlahan, tangannya menuangkan air panas pada bubuk kopi di dalam corong yang sudah dilapisi tisu. Tak asal menuang, air panas yang keluar itu menyiram bubuk dengan cara memutar setiap sisi corong.Selanjutnya seduhan kopi langsung tertampung pada teko kaca. Sesekalai pemuda itu menghentikan tuangannya sambil melihat angka pada alat.

"Alat ini namanya v-sixty (V-60) untuk mengukur rasio perbandingan antara air dan bubuk untuk meniciptakan rasa sesuai keinginan," ujar pemuda yang bernama Billy itu.

Menurutnya, menyeduh bukan sekadar menuangkan air pada bubuk kopi saja. Melainkan ada hitunganya sendiri. Untuk ukuran normalnya 1:13. Artinya setiap 1 gram bubuk, diseduh dengan 13 mililiter air panas. Begitu juga untuk kelipatannya, misalan 10 gram bubuk, butuh 130 mililiter air.

"Selain ukuran, suhu juga berpengaruh. Pun demikian juga dengan cara menyeduh. Bisa saja langsung menuangkan air ke tengah bubuk, dan kopi cepat tersaji. Namun ekstraksi lebih terasa jika menuangkan perlahan dan merata lewat sisi saringan," paparnya panjang lebar.

Dengan proses seperti itu, aroma dan rasa kopi yang disajikan bisa maksimal. Serta, rasa khas setiap jenis kopi bisa lebih terasa dan tidak hilang.

Dalam acara Pesta Kopi di halaman parkir supermarket di Jalan Veteran Bojonegoro itu, ada 14 stand yang diisi kedai-kedai lokal di Kota Ledre. Rata-rata, semua memiliki alat seduh manual dan menggunakan tehnik dalam menyeduh kopi.

Pengelola Supermarket, Ary KDS mengapresiasi semangat para penyeduh kopi di Bojonegoro untuk menyelenggarakan even Pesta Kopi ini. Menurutnya, antusias mereka luar biasa. Bahkan ada dari luar kota juga yang ingin bergabung dalam even ini, namun belum bisa mengakomodir.

"Kami memfasilitasi antusiasme para penyeduh kopi di Bojonegoro untuk memsyarakatkan kopi. Untuk event ini, khusus bagi kedai lokal dulu," jelas Ary.

Diharapkan dengan adanya even ini, masyarakat bisa tahu jenis-jenis kopi serta bagaimana penyajiannya. "Ketika sudah menemukan kopi favoritnya, bisa langsung ke kedai penyeduh kopi di Bojonegoro ini," harapnya. [ito/lis]

Tag : kedai, kopi, bojonegoro

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Wednesday, 05 December 2018 08:00

    BMG Buka Lowongan Reporter bB, Berikut Syaratnya!

    BMG Buka Lowongan Reporter bB, Berikut Syaratnya! erkembangan blokMedia Group (blokBojonegoro media dan blokTuban media) semakin pesat belakangan ini dengan pembaca yang terus meningkat untuk wilayah Bojonegoro dan sekitarnya. Hal itu membuat manajemen melakukan pembenahan, termasuk menambah...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Thursday, 13 December 2018 09:00

    Gadget Sebagai Pengganti Buku

    Gadget Sebagai Pengganti Buku Gadget? Siapa yang tidak tahu dengan perangkat mobile satu ini? Sebagian besar remaja zaman sekarang merasa bahwa dirinya sangat tergantung dengan gadget....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Wednesday, 24 October 2018 09:00

    LoKer dan Iklan Baris di bB

    Lebih Mudah dan Tepat untuk Promosi

    Lebih Mudah dan Tepat untuk Promosi Untuk mengakomodir permintaan dari masyarakat luas, terutama pembaca setia blokBojonegoro.com, redaksi menyediakan kanal khusus untuk informasi lowongan kerja (LoKer) dan iklan baris....

    read more