00:00 . Wabup Kunjungi Museum Petroleum Geo Heritage Wonocolo   |   23:00 . Intip Kemeriahan Festival Geopark 2   |   22:30 . Tari Jaranan Buka Festival Geopark 2   |   22:00 . Panorama Geopark Teksas Wonocolo - Festival Geopark 2   |   21:30 . Menikmati Sate Angkringan di Ngasem   |   21:00 . Awal Pekan, Harga Emas Dibuka Turun Rp 3.000 Per Gram   |   20:30 . Sekjen DPP PDIP Minta Kader Partai Diperkuat   |   20:00 . Pertamina Gelar Khatam Al-Quran dan Santunan ke Anak Yatim   |   19:30 . Keren..! 5 Buku Mahasiswa Kampus Ungu Terbit   |   19:00 . Tertib Pengelolaan Aset Desa, Pemdes Dilatih dengan Apilkasi SIPADES   |   18:30 . Hujan Disertai Angin Patahkan Tower Kominfo dan Tumbangkan Pohon   |   18:00 . Dijatah 500 Blangko KTP-el Tiap Bulan, Prioritaskan Pemohon Pemula dan Lansia   |   17:30 . Pelayanan Kebutuhan Masyarakat, Kualitas Pengelolaan BMD Ditingkatkan   |   17:00 . Anggaran Normalisasi dan Rehab Embung Capai Rp3,5 M   |   16:00 . Kapolres Pimpin Sertijab Kapolsek dan Kenaikan Pangkat Pengabdian   |  
Tue, 10 December 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Monday, 03 September 2018 13:00

Delapan Bulan, Kerugian Kebakaran di Bojonegoro Capai 3 Miliyar

Delapan Bulan, Kerugian Kebakaran di Bojonegoro Capai 3 Miliyar

Reporter: Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Memasuki musim kemarau dan angin kencang yang saat ini sedang berlangsung di wilayah Jawa Timur khususnya wilayah Kabupaten Bojonegoro, membuat masyarakat lebih waspada akan dampak yang ditimbulkan yaitu potensi kebakaran yang meningkat.

Bahkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bojonegoro mengatakan pihaknya sudah banyak menerima laporan kebakaran. Untuk bulan Januari sampai Agustus ini, BPBD Kota Ledre sudah mencatan sebanyak 49 kasus kebakaran.

"Seluruh kebakaran tersebut terjadi di 46 desa  dari 21 kecamatan di Bojonegoro," terang Plt BPBD Bojonegoro, Nadif Ulfia.

Pada umumnya kebakaran yang terjadi di Bojonegoro adalah kebakaran yang menimpa rumah penduduk, seperti korsleting listrik dan barapa api yang lupa dimatikan saat membakar sampah maupun perapian dari kandang ternak. Selain itu kebarakan lainya yang melanda perhutanan, sebenarnya disebabkan oleh hal yang sepele, yaitu putung rokok.

"Banyak kasus terjadi karena awalnya ya bakar sampah tapi tidak diperhatikan barang apa yang berada di sekitar pembakaran itu ditambah dengan cuaca seperti sekarang ini panas dan angin kencang akhirnya dari sampah merambat kemana mana," ujarnya.

Berdasarkan data dari BPBD Kabupaten Bojonegoro, sejak Januari hingga awal Agustus  Dari kejadian ini, taksiran kerugian mencapai hingga Rp3.664.200.000 dengan beberapa korban luka bakar. Bahkan ada juga puluhan ternak warga yang ikut terbakar, seperti kambing dan sapi.

Melihat hal tersebut ia menekankan agar masyarakat segeera melaporkan bila ada kejadian jangan menunggu karena persebaran api di musim kemarau dan angin kencang saat ini lebih cepat. Pihak Pemadam kebakaran selalu siaga dan siap 24 jam untuk membantu masyarakat dengan fasilitas pemadam yang sudah tersedia dan anggota pemadam yang siap selalu turun ke lapangan. 

"Kita sudah ada 7 pos pemadam kebakaran yang berada di wilayah Bojonegoro, dari Bojonegoro timur sampai barat, bahkan di Bojonegoro selatan juga sudah ada," pungkasnya.[din/lis]

Tag : kebakaran, kerugian


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat