Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

200 Kader Pertanian Dilatih Gunakan Aplikasi Data

blokbojonegoro.com | Thursday, 06 September 2018 16:00

200 Kader Pertanian Dilatih Gunakan Aplikasi Data

Reporter : M Safuan

blokBojonegoro.com - Meningkatkan kemakmuran petani di wilayah Kabupaten Bojonegoro dalam mengelola lahan pertanian agar lebih efektif, Dinas Pertanian (Disperta) Bojonegoro bersama HARA dan Komunitas Pelatihan Anak Tani Remaja (PATRA) melakukan pelatihan terhadap 200 Kader Pertanian tentang penggunaan aplikasi data.

"Pelatihan terhadap kader pertanian memang sangat diperlukan, guna peningkatan kesejahteraan kepada petani," kata Kabid Agribis Tanaman Pangan dan Holtikultura, Disperta Bojonegoro, Zaenal Fanani.

Pada pelatihan itu, ke depan kehidupan petani di Bojonegoro bisa menjadi sejahtera, dengan mengelola lahan pertanian yang dimilikinya. Ada 21 kecamatan yang menjadi sasaran yang nanti akan disosialisasikan oleh kader tersebut kepada petani secara langsung.

Adapun 21 kecamatan sasaran pertanian tersebut diantaranya Balen Sugihwaras, Kapas, Padangan, Ngraho, Kalitidu, Kanor, Malo, Kedewan, Ngasem, Temayang, Trucuk Kedungadem, Sukosewu, Sumberejo, Tambakrejo. Sasaran itu, guna membangun petani didaerah tersebut agar menjadi wirausahawan di bidang pertanian.

Terpisah, ketua PATRA Bojonegoro, Yaumidin Sugianto mengatakan pelatihan ini, merupakan tahap lanjutan dari para Kader Pertanian (KP), selain itu, para KP itu diberikan pemahaman tentang pentingnya data pertanian guna menentukan wilayah bantuan yang diberikan kedepannya.

"Tidak hanya itu, para KP ini ke depan bisa membuka akses petani serta mencarikan mulai dari permodalan," tambahnya.

Seperti diketahui, Disperta Bojonegoro bersama HARA dan PATRA merupakan bentuk kerjasama perusahaan Big Data Analytics Dattabot dengan Pemerintah Kabupaten Bojonegoro melalui Dinas Pertanian, kerjasama itu sebagai lanjutan dari nota Kesepahaman No.188/23/412.11/2016 antara Pemerintah Kabupaten Bojonegoro dengan Dattabot.

Dattabot memulai kegiatan pendataan pertanian dengan menggunakan aplikasi HARA, yakni sejak awal tahun 2018. Kegiatan itu dilakukan berdasarkan Surat Instruksi Bupati Bojonegoro Nomor: 521.52/70/412.223/2018 tertanggal 5 Maret 2018, tentang Pendataan Lahan Pertanian Menggunakan aplikasi HARA.[saf/ito]

Tag : pertanian, bojonegoro, dinas



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini