Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Pengembangan Wisata di Bojonegoro Butuh Dukungan Masyarakat

blokbojonegoro.com | Friday, 07 September 2018 11:00

Pengembangan Wisata di Bojonegoro Butuh Dukungan Masyarakat

Reporter : Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Kabupaten Bojonegoro mempunyai sumberdaya alam yang melimpah. Selain sebagai sumber deposit minyak bumi terbesar di Indonesia, Kabupaten yang memiliki luas 2.384,02 km persegi ini, ternyata juga mempunyai sebuah potensi yang bisa menjadi kekuatan ekonomi baru Kota Ledre, yaitu melalui sektor pariwisata.

Bahkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Bojonegoro dari sektor pariwisata pada 2017 mencapai 1 miliar. Pendapatan tersebut jauh melampau target yang telah ditentukan sebelumnya, dari Rp350 juta sampai Rp400 juta pada tahun 2016 dan menjadi PAD yang paling tinggi.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro sendiri, sedang gencar-gencarnya menggalakan pariwisata sebagai aset modal pendapatan daerah, dimana tanpa dukungan masyarakat rencana tersebut tidak akan terwujud. Selain sebagai aset modal daerah, pariwisata juga sebagai cara meningkatkan aktivitas ekonomi masyarakat Kota Ledre.

"Kita membutuhkan dukungan dari banyak elemen, baik masyarakat, pengelola maupun pemerintah juga," terang Plt Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar) Bojonegoro, Muhammad Ridwan.

Sebagai upaya untuk peningkatan wisatawan, Disbudpar selalu meningkatkan pembangunan fasilitas di obyek wisata untuk menciptakan suasana aman dan nyaman bagi wisatawan yang mengunjungi obyek-obyek wisata di daerah, khususnya wisata yang dikelola oleh Pemkab. Selain pembangunan fasilitas wisata, Sumber Daya Manusia (SDM) di obyek wisata juga ditingkatkan melalui pelatihan agar menjadi pelayan wisata yang baik.

"Kalau peningkatan SDM kita melakukan pelatihan kepada pekerjanya, agar mereka bisa membuat pengunjung lebih nyaman dan menimbulkan sebuah kesan kepada wisatawan agar mau kembali berkunjung lagi," ujar Ridwan.

Ridwan juga mengungkapkan berbagai kendala yang dialami oleh Disbudpar dalam memajukan wisata di Bojonegoro, salah satu terletak pada masyarakat Bojonegoro sendiri, yang dirasa tidak terlalu percaya diri dengan wisata yang dimiliki Bojonegoro. Sehingga, banyak masyarakat Bojonegoro yang lebih suka berwisata di luar Bojonegoro.

"Padahal jika masyarakat Bojonegoro sendiri berlibur di lokal, bisa membantu perputaran ekonomi di daerah tersebut, khususnya yang dikelola oleh Pokdarwis. Serta berwisata itu tidak harus mengeluarkan banyak uang, melainkan bisa menyenangkan," tutupnya kepada blokBojonegoro.com.[din/ito]

Tag : wisata, bojonegoro, disbudpar



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini