18:00 . Pemantau Pemilu Harus Bersertifikasi Bawaslu RI   |   17:00 . Persiapan UN, Dinas Pendidikan Masih Validasi Data Siswa   |   16:00 . Rapat DPRD Molor, Wabup: Sudah Biasa   |   15:00 . Wow...! Pemkab Siapkan Rp12 Milyar Untuk Gaji Kenaikan PNS   |   14:00 . Banyak Doorprize, Tandai Lahirnya Pojok Kependudukan di YSM Margoagung   |   13:00 . Peringati Hari Anti Korupsi, Kejari Ajak Anak SMP Lomba Pidato   |   12:00 . Pembangunan Lapangan Terbang Dipastikan Kandas   |   11:00 . Sosialisasi Perda HIV, Masyarakat Harus Ikut Mendukung   |   10:00 . Pemuda di Banjarsari Nekat Gantung Diri   |   08:00 . Jumlah Ponpes di Bojonegoro Terus Meningkat   |   07:00 . 8 Pertanyaan yang Dibenci Pria Ketika Kencan   |   23:00 . Tampilan Jean Sebastian Pukau Penonton   |   20:00 . Peduli Sesama, FKPAI Bantu Air Bersih di Kedungadem   |   19:00 . Nita Artsen dan Jean Sebastian Tampil Memukau   |   18:00 . Kios di Kacangan Terbakar, Kerugian Capai Rp50 Juta   |  
Wed, 21 November 2018
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Saturday, 08 September 2018 06:00

Blok Buku

Defeated by Love

Defeated by Love

Peresensi: Dewi Fatimah Kusumawati*

Ghina Nauvalia, perempuan kelahiran Jakarta 16 agustus 1999 ini baru saja lulus dari SMK Jurusan Farmasi dan bernait untuk melanjutkan pendidikannya. Ketertarikannya pada menulis saat Ghina berada di kelas X. Awalnya menulis hanya sebuah keisengan pada waktu luang, ia menumpahkan imajinasinya dalam bentuk tulisan di aplikasi di handphone.

Defeated by Love merupakan karya pertamanya yang diterbitkan. Baginya, menulis novel itu tidaklah mudah. Butuh banyak kata yang harus dirangkai, banyak juga hambatan dan rintangan yang ia lalui. Kamu bisa menikmati karya-karya lainnya di akun Wattpad-nya.

Novel ini menceritakan sosok, murid pindahan, Alika yang harus mengalami bullying yang menjengkelkan. Ini semua gara-gara ia dekat dengan Dika, cowok bad boy idola para cewek. Karena merasa iri, Bella dan geng cewek fans berat Dika mem-bully Alika habis-habisan.

Untungnya, Dika selalu ada untuk membela Alika. Sejak itu Alika menilai Dika sebagai cowok yang baik meskipun ia suka jail dan membuat gemas para guru. Bunga-bunga cinta di hati Alika bermekaran, ia mulai menggantng harapannya kepada cowok itu.

Tetapi, untuk memperjuangkan cintanya, Alika ragu. Ia harus kuat menghadapi geng Bella yang terus saja menghantuinya. Belum lagi fakta masa lalu tentang Dika yang menghancurkan hatinya. Mampukah rasa cinta membereskan semuanya.

Alika baru saja pindah sekolah, karena dia harus ikut pindah dengan ayahnya di Jakarta. Bang Adit yang setia mengantar Alika untuk ke sekolah barunya, saat sampai di sekolah barunya Alika dapat pandangan yang sinnis-sinis, ia tak menyangka abangnya itu cukup populer disekolahnya, banyak yang berteriak-teriak bang Adit. Sesampai di depan ruang kepala sekola bang Adit masuk dan Alika mengikuti dibelakangnya dengan nurut. Bahkan Alika sempat takut kalau dia akan dibully di sekolah barunya karena dia sangat sering melihat di tv kalau sekolah Jakarta anaknya sangat lah kejam-kejam, dengan sabar Bang Adit mengatakan bahwa dia akan siap sedia melindungi adik kesayangannya itu.

Alika mendapat teman baru bernama Via, hanya Via yang baik kepadanya semua membenci Alika karena dia duduk bersama Dika , Dika adalah siswa bad boy yang sangat populer terutama para siswa cewek-cewek disana. Saat pulang sekolah bang Adit sudah berjanji akan pulang bersama, setelah Alika menunggu abang nya itu dia dikagetkan sms masuk, bahwa Bang Adit tidak bisa pulang bareng karena dia harus latihan basket. Bang Adit menyuruh temannya untuk mengantar Alika pulang ke rumah.

Dalam perjalanan Dika dan Alika hanya diam saja dalam mobil sangat hening, Alika tak menyangka abang nya itu menyuruh Dika untuk mengantarnya, siapa yang tidak senang diantar oleh cowok tampan dan populer ini. Di dalam hati Dika tidak karuan dia merasa sangat canggung, dia sangat senang saat Bang Adit menyuruhnya untuk mengantar adiknya. Sesampai di rumah Alika berterima kasih dan langsung masuk ke dalam rumah, perasaan nya sangat senang diantar oleh Dika.

Semakin hari Dika dan Alika semakin dekat, bahkan mereka sedang pacaran, tetapi hanya pura-pura pacaran, mereka berdua mendapat tantangan dari Via, Harry,dan Viko sahabat-sahabat Dika. Bella cewek yang nge fans dengan Dika sangat marah karena Alika bisa dekat dengan cowok impiannya. Saat ia ke kamar mandi Alika dikerjain oleh Bella dan geng nya, kebetulan Dika menyaksikan Bella sedang mengerjain Alika, Dika yang geram melihat itu ia langsung membawa Bella ke kepala sekolah, ia dihukum karena telah mengerjain Alika.

Besoknya Alika mendapat tantangan untuk datang kebelakang sekolah, saat pulang sekolah Alika langsung menuu ke belakang sekolah, Alika kesakitan karena dia sudah berkali-kali dipukul oleh Bella dan geng nya, untung Dika mengetahuinya yang sangat lah marah ia tidak terima bahwa pacarnya itu dikeroyok oleh Bella. Dika juga mengajak orang tua Bella, melihat itu, Ayah Bella sangat marah dan langsung meminta Bella untuk segera pindah. Alika yang sangat ketakutan karena sudah dipukuli oleh teman-teman Bella, dengan sigap Dika memeluk Alika dengan erat.

Alika dan Dika saling suka dan secara kebetulan orang tua mereka juga telah menjodohkan mereka. Setelah lulus SMA Dika dan Alika melangsungkan acara tunangan. Sahabat-sahabatnya sangat senang melihat mereka berdua. Hubungan mereka berdua baik-baik saja sebelum datang anak baru anak yang bernama Vita. Vita adalah mantan dari Dika dan tak sengaja Alika melihat Dika berpelukkan dengan Vita, melihat itu Alika marah dan berlari hingga ia tak menyadari bahwa ada mobil yang melaju dengan cepat menabraknya, Alika yang langsung dilarikan rumah sakit. Dika hanya menyesal perbuatannya sebelumnya, ia tak sengaja memeluk Vita.

Hingga pada akhirnya Alika siuman dari masa komanya dan dia amnesia. Dia tidak mengingat apapun apa yang terjadi, dengan sabar Dika berusaha membantu mengingatkannya, tetapi hasilnya nihil, dengan sabar dia memperkenalkan keluarga dan sahabat-sahabat Alika. Alika sangat senang ternyata banyak sekali yang sayang kepadanya. Saat memasuki kuliah Alika sangat senang meskipun ia berbeda dengan jurusan teman-temannya tetapi ia sangat bahagia, karena teman-temannya sudah selalu ada buat nya terutama Dika yang selalu disamping Alika. 

Hingga akhirnya tak sengaja Alika bertemu seorang cowok yang bernama Rey, Rey mulai jatuh cinta kepada Alika, cinta pada pandangan pertama. Dia mendapat berita bahwa Alika pacaran dengan Dika karena terpaksa, maka dari itu ia sangat bersemangat untuk mendapatkan Alika. Dika yang mengetahui itu ia sangat marah kepada Rey karena sudah berani mau merebut Alika. Dika menjelaskan kepada Rey bahwa Alika sudah menjadi tunangannya, dan setelah nanti ia akan melangsungkan pernikahan. Jika penasaran dengan cerita lanjutannya, silakan diburu saja buku mungil ini.  

Covernya sangat menarik, dengan adanya sisi kertas yang timbul. Selain itu, bahasanya juga mudah dipahami dan kertasnya menggunakan kertas khusus novel, sehingga mata tidak capek jika membaca, terasa sejuk dimata. Namun, sayangnya masih banyak terdapat kata-kata yang salah dan banyak penyebutan nama yang salah, sehingga membuat pembaca bingung.

Identitas novel

Penulis : Defeated by Love

Penerbit : PT Bentang Pustaka

Tahun terbit : Juli 2017

Jumlah halaman : 152 hal; Tebal:  20,8 cm

*Mahasiswa STIKes ICSada, anggota LPM Kampus Ungu.

 

 

Tag : novel, resensi

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Wednesday, 14 November 2018 14:00

    Pelatihan Menulis Bersama EMCL dan Tempo Institute

    Tulisan Tiga Wartawan Bojonegoro Terbaik

    Tulisan Tiga Wartawan Bojonegoro Terbaik Selama tiga hari, mulai Senin hingga Rabu (12-14/11/2018), awak media dari Kabupaten Bojonegoro, Tuban dan Blora mengikuti pelatihan menulis feature/story telling dan digital marketing di Disaster Oasis, KM 21,5, Sleman,...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Saturday, 10 November 2018 20:00

    MINU Karakter Bojonegoro Gelar Educatif of Leadership

    MINU Karakter Bojonegoro Gelar Educatif of Leadership Hari Sabtu adalah hari libur bagi anak-anak MINU Karakter Bojonegoro. Tetapi tidak untuk Sabtu (10/11/2018) ini. Mengetahui akan pentingnya menjadi pemimpin yang baik sejak dini, diadakanlah Outbond di Maibit, Kecamatan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Wednesday, 24 October 2018 09:00

    LoKer dan Iklan Baris di bB

    Lebih Mudah dan Tepat untuk Promosi

    Lebih Mudah dan Tepat untuk Promosi Untuk mengakomodir permintaan dari masyarakat luas, terutama pembaca setia blokBojonegoro.com, redaksi menyediakan kanal khusus untuk informasi lowongan kerja (LoKer) dan iklan baris....

    read more