13:00 . Sambut Hari Kartini Pemkab Bojonegroro Gelar Lomba Masak Nasi Goreng   |   11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |  
Sat, 20 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Kahyangan Api Masih Jadi Wisata Andalan

blokbojonegoro.com | Saturday, 08 September 2018 10:00

Kahyangan Api Masih Jadi Wisata Andalan

Reporter: Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Wisata api abadi atau biasa disebut Kahyangan Api yang terletak di Kecamatan Ngasem, Kabupaten Bojonegoro, menjadi salah satu nominator dari 3 wisata yang dikelola Dinas Budayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Bojonegoro dengan pengunjung paling banyak.

Jumlah kunjungan wisatawan di Kahyangan Api tercatat mencapai 36.885 orang hingga Agustus tahun ini.

Jumlah kunjungan wisatawan tersebut datang dari masyarakat dalam maupun luar Bojonegoro setiap tahun mengalami peningkatan. "Jumlah wisatawan sampai Agustus ada 36.885 wisatawan. Data ini belum dihitung akhir tahun nanti. Kemungkinan bisa meningkat dari tahun sebelumnya," terang Plt Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar), M. Ridwan.

Selain Kahyangan Api, ada juga Waterpark yang menjadi destinasi wisata dengan jumlah pengunjung terbanyak kedua, dengan jumlah 34.338. Sedangkan ketiga ada Waduk Pacal dengan jumlah pengunjung sebanyak 17.614 orang.

Ketiga wisata tersebut setiap tahunya selalu direnovasi, baik tempat bermain baru ataupun pembaruan warna untuk mendongkrak wisatawan. Selain itu Disbudpar juga melakukan berbagai even setiap tahunnya, untuk memperkenalkan wisata di Bojonegoro.

"Kita juga ada festival budaya, kesenian, maupun kegiatan atau festival yang dilakukan oleh salah satu desa, seperti festival salak yang sudah kami masukan kedalam kalender tahunan Bojonegoro," papar Ridwan.

Selain wisata yang dikelola Pemkab, ada juga wisata yang dikelola oleh Pokdarwis atau desa, yang tak kalah bagus juga dengan wisata yang dikelola oleh Pemkab. Sehingga Disbudpar terus berupaya untuk memaksimalkan potensi wisata alam yang dimiliki untuk mendongkrak kunjungan wisatawan.

“Kita ada 21 wisata desa, baik wisata budaya, edukasi, wisata alam dan masih banyak wisata lainnya. Serta pengunjung di 21 wisata itu belum sepenuhnya terdata dan kemungkinan sudah ada ratusan ribu," lanjutnya kepada blokBojonegoro.com.

Ia juga berharap masyarakat turut andil dalam memajukan wisata di Kota Ledre dengan cara mengunggah foto ke sosial media setelah berkunjung. Sehingga dengan menggunggah foto itu, akan ada banyak masyarakat yang mengetahui dan ingin berlibur ke wisata tersebut.

"Dengan menguplud foto paling tidak sudah berperan untuk memajukan wisata di Bojonegoro. Sebab, kalau bukan kita terus siapa lagi," tutup Muhammad Ridwan.[din/mu]

Tag : wisata kahyangan api



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat