09:00 . 341 Pasien di Jatim Sembuh, 242 Kasus Baru   |   08:00 . Pasien Sembuh di Bojonegoro 3 Orang, Tambahan 4 Positif Covid-19   |   07:00 . 5 Alasan Memarahi Anak di Tempat Umum Pantang Dilakukan   |   06:00 . Jalan Mulus Kado Hari Jadi Bojonegoro   |   05:00 . Kampung KB Tanggap Covid-19 Dilaunching   |   23:00 . Adu Serangan, Laga Persahabatan Sepakbola FPKT Balen Tantang Gemini FC   |   22:00 . Silaturahim ke Mapolda, AMSI Jatim Bersinergi Lawan Hoax Terlebih saat Pandemi Covid-19   |   21:00 . Proses Pembangunan Jembatan KaRe dalam Tahap Pengajuan Rekomteks   |   20:30 . Bio Farma Siap Produksi Vaksin 17 Juta per Bulan   |   20:00 . Liga 3 Jatim Ditiadakan, Bojonegoro FC Fokus Kompetisi Tahun Depan   |   19:30 . Presiden Ingatkan Antisipasi Lonjakan Covid saat Libur Panjang   |   19:00 . Bupati Pimpin Prosesi Persemayaman Api Abadi HJB   |   18:30 . Positif Covid, Harus Melakukan Apa?   |   18:00 . Ibu Hamil Harus Sehat Saat Pandemi   |   17:00 . Pembeli Dan Pedagang di Pasar Bojonegoro Patuhi Prokes Gunakan Masker   |  
Tue, 20 October 2020
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Saturday, 08 September 2018 07:00

Mengapa Jerawat Sering Tumbuh di Area yang Sama?

Mengapa Jerawat Sering Tumbuh di Area yang Sama?

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Banyak orang sering mengalami jerawat. Intensitasnya beragam, mulai dari jerawat ringan hingga jerawat yang memenuhi wajah. Tak jarang orang yang mengalami jerawat di area yang sama. Meski sudah hilang, beberapa lama kemudian jerawat kembali tumbuh di area tersebut.

Apakah kamu pernah mengalaminya? Pendiri Jakarta Aesthetic Clinic, dr Olivia Ong menjelaskan, hal itu bisa disebabkan karena area yang sebelumnya terdapat jerawat belum mengalami penyembuhan total. Salah satu akibatnya adalah karena tangan sering memegang bagian bekas jerawat tersebut.

" Jerawat kan rumusnya minyak, kotoran, bakteri. Di tempat tersebut dia selalu garuk-garuk. Ya tidak hilang karena di jari banyak bakteri."

Hal itu diungkapkan Olivia saat ditemui di The Hook Cafe, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (7/9/2018).

Kasus tersebut, menurut dia, paling sering dilakukan oleh orang-orang. Di samping penyebab lainnya seperti mengkonsumsi makanan tertentu. Apalagi, hampir semua orang tak bisa lepas dari ponsel.

Padahal, ponsel merupakan sarang bakteri. Menurut dia, kebiasaan seperti itu harus dihilangkan. "HP kumannya lebih banyak dari toilet. Asal kita enggak pegang-pegang (jerawat) lagi bisa hilang. Beda lo dengan kalau tidak kebiasaan seperti itu," tuturnya. Salah satu contohnya adalah seseorang yang mengenakan kerudung.

Biasanya jerawat kerap bermunculan pada area di balik kerudung, meski area wajah depan bebas dari jerawat.

Hal itu karena area di balik kerudung cenderung lembap. Area lembap merupakan tempat yang disukai bakteri untuk berkembang. Olivia lantas membandingkan dengan pakaian yang kita gunakan ketika berada di tempat tropis seperti Jakarta dengan jika di Eropa yang sedang mengalami musim dingin.

Di Jakarta kita mungkin harus setiap hari berganti baju karena baju sudah berkeringat ketika dipakai seharian atau semalaman. Berbeda dengan jika kita tengah berada di negara yang cuacanya sedang dingin. Mungkin selama beberapa hari kita tak perlu berganti baju. "Karena kelembapannya rendah. Kalau kelembapan tinggi, bakteri senang," kata dia.

Sumber: https://lifestyle.kompas.com/read/2018/09/07/213009920/
mengapa-jerawat-sering-tumbuh-di-area-yang-sama.

Tag : jerawat, alami, wajah


* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Saturday, 22 August 2020 20:00

    Duet Wens-Komang Nahkodai AMSI 2020-2023

    Duet Wens-Komang Nahkodai AMSI 2020-2023 Asosiasi Media Siber Indonesa (AMSI) kembali mempercayakan tampuk kepemimpinan kepada Wensesleus Manggut (Pemred Merdeka.com), sebagai Ketua Umum dan Wahyu Dhyatmika/Komang (Pemred Tempo), sebagai Sekretaris Jenderal periode 2020-2023 pada kongres kedua...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat