18:00 . Persibo Bojonegoro Ditunjuk Tuan Rumah Liga 3 Nasional   |   16:00 . 67 Orang Lolos Verifikasi Administrasi Calon Komisioner KPU Bojonegoro   |   14:00 . Puluhan Korban Arisan Bodong Lapor ke Polres Bojonegoro, Kerugian Capai Rp925 Juta   |   14:00 . Belum Genap 3 Bulan 74 Kasus HIV Jadi Catatan Dinkes   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Buka Posko Aduan Bagi Karyawan Swasta Tak Dapat THR   |   21:00 . EMCL Ajak Media Bikin Konten Kreatif Dukung UMKM Naik Kelas   |   15:00 . Diduga Korsleting Listrik, Empat Rumah dan 1 Ekor Sapi di Bojonegoro Ludes Terbakar   |   13:00 . Kemenag Bojonegoro Bentuk Satgas Khusus Tangani Kasus Pelecehan Seksual   |   20:00 . Kelompok 23 Buka Program AM UNUGIRI di MA Tanwiriyah Baureno   |   19:00 . Musrenbang Perempuan, Anak dan Disabilitas, Ini Harapan PDKB   |   15:00 . Musrenbang, PJ Bupati Harapkan Semua Terlibat dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan   |   15:00 . Pemkab Rapat Persiapan Pembukaan Kampus Universitas Brawijaya di Bojonegoro   |   10:00 . Wali Murid Minta Kejelasan Kasus Merger, Begini Ungkapan Pj Bupati Bojonegoro    |   07:00 . Ramadan, BRI Group Salurkan 128 Ribu Paket Sembako Ke Seluruh Penjuru Negeri   |   22:00 . Kolaborasi Pemkab dan Media, Membangun City Branding Kabupaten Bojonegoro   |  
Thu, 28 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

8 Kesalahan Saat Memasak Ayam

blokbojonegoro.com | Monday, 10 September 2018 07:00

8 Kesalahan Saat Memasak Ayam

Reporter: --

blokBojonegoro.com - Makanan dari olahan daging ayam pasti digemari banyak orang. Selain harga yang relatif murah, daging ayam sangat mudah diolah menjadi masakan apa pun yang menggugah selera. Sayangnya, banyak orang yang masih melakukan kesalahan ketika mengolahnya. Padahal, jika tak ditangani dengan hati-hati, daging ayam yang nikmat ini bisa menjadi ancaman besar bagi kesehatan. Laman Reader Diggest, merangkum sederet kesalahan yang kerap dilakukan ketika mengolah daging ayam. 

1. Membiarkan daging ayam terlalu lama 

Banyak koki yang menaruh ayam di atas meja terlalu lama. Padahal, pada suhu kamar daging dapat mengembangkan bakteri berbahaya. Jika dikonsumsi, bakteri yang dikembangkan oleh daging tersebut dapat mengakibatkan berbagai penyakit bawaan alias mengakibatkan keracunan makanan. Jadi, simpan ayam di lemari es segera usai berbelanja. Ambil ayam ketika akan memasaknya saja. Jika ayam dibekukan, cairkan dalam kulkas dua hari sebelum dimasak. 

2. Menyimpan dengan cara yang salah 

Daging ayam tak bisa ditempatkan di mana saja, meski kita menyimpannya di lemari es. Cairan dari daging bisa merembes di luar wadahnya, yang bisa mengontaminasi makanan lainnya. Sebaiknya, kita menyimpan ayam di atas piring. Lalu, tutup dan simpan di rak kulkas paling bawah. 

3. Mencuci ayam sebelum memasaknya 

Sebaiknya, kita tidak mencuci ayam yang akan kita masak. Mencucinya, terutama dengan cara dibilas, justru menyebabkan bakteri pada ayam menyebar dan melekat di permukaan sekitar. Jadi, lebih baik kita langsung menggorengnya atau memasaknya dengan suhu yang tepat. 

4. Memberi bumbu dengan cara yang salah 

Membaluri ayam dengan bumbu akan membuatnya terasa nikmat. Selain itu, ini cara termudah agar daging ayam lebih empuk. Namun, merendam ayam dengan bumbu terlalu lama bisa membuat daging ayam tercemar bakteri. Bakteri akan tumbuh lebih baik dalam suhu hangat. Selain itu, jangan gunakan kembali bumbu yang sudah bersentuhan dengan daging mentah. Lebih baik kita merendam ayam dengan bumbu dalam kantong plastik atau wadah tertutup lainnya di kulkas. Lalu, buang wadah yang kita gunakan setelah selesai.

5. Memakai kembali alat yang telah bersentuhan dengan daging mentah 

Jangan pernah menggunakan alat yang telah bersentuhan dengan daging ayam mentah untuk memasak makanan lainnya. Alat yang telah bersentuhan dengan daging ayam mentah berisiko tercermar salmonella. Jadi, kita harus mencuci seluruh bagian yang telah bersentuhan dengan daging ayam usai memakainya. 

6. Mencampur daging ayam mentah dengan bahan lainnya

Bagi mereka yang bekerja di dapur kecil, menghemat tempat menjadi hal wajib yang harus dilakukan. Namun, menempatkan potongan daging ayam mentah di tempat yang sama dengan bahan makanan lainnya dapat membahayakan kesehatan. Bakteri pada daging ayam bisa menyebar dan mencemari bahan makanan lainnya. Jadi, kita harus menghindari menempatkan ayam mentah di dekat bahan yang belum dimasak. Baca juga: Temperatur Kulkas yang Tepat untuk Menyimpan Makanan 

7. Lupa mencuci tangan 

Tangan menjadi 'alat' terbaik untuk memegang dan membumbui bahan makanan. Tapi, ketika tangan kita bersentuhan dengan ayam, bakteri pada ayam tentu akan menempel dan mencemari apapun yang kita sentuh. Jadi, kita harus berhati-hati dan jangan menyentuh apapun setelah memegang ayam mentah. Setelah menyentuh ayam mentah, pastikan untuk segera mencuci tangan. Untuk lebih memastikan kebersihan, sebaiknya kita memegangnya dengan satu tangan saja. Dengan begitu, tangan yang lain bisa kita pakai untuk menyentuh apa pun, seperti mengambil garam atau menyalakan air ketika dibutuhkan. 

8. Mengabaikan kebersihan spons pencuci piring 

Berhati-hati saat mencuci peralatan yang bersentuhan dengan daging ayam mentah tidak cukup menjamin kebersihannya. Spons yang kita gunakan untuk mencuci juga menunjang kebersihan karena bisa menjadi sarang patogen dan bakterio yang berbahaya. Apalagi, jika kita telah menggunakannya untuk mencuci alat yang telah menyentuh daging ayam mentah, maka risiko terkontaminasi dengan bakteri akan lebih besar. Sebaiknya,  bersihkan spons pencuci piring yang kita pakai setiap dua hari sekali, dan secara teratur membersihkan handuk piring yang kita pakai. Kita juga bisa meletakan spons cuci piring yang basah di bawah microwave selama dua menit untuk memastikannya bebas dari bakteri. Demi menjamin kebersihan, kita harus mengganti spons dan kain pembersih setiap 2-3 minggu, tergantung seberapa sering alat-alat tersebut bersentuhan dengan daging unggas. Memang terdengar merepotkan. Tapi, seiring berjalannya waktu kita akan terbiasa untuk melakukannya. Demi memastikan kesehatan tubuh, sebaiknya kita tak boleh malas melakukannya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "8 Kesalahan Saat Memasak Ayam", https://lifestyle.kompas.com/read/2018/09/06/220000120/8-kesalahan-saat-memasak-ayam. 

 

Tag : ayam, masak



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat