08:00 . LSP Pertanian Gelar Uji Kompetensi di SMK Migas Bojonegoro   |   07:00 . Doa-doa dari Al-Quran untuk Dibaca Suami Istri Selama Masa Kehamilan   |   19:00 . Tinggal Hitungan Hari, Porprov Jatim Segera Bergulir   |   18:00 . Kuota Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua Terpenuhi   |   17:00 . Pagu Siswa SMA Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua Terpenuhi   |   16:00 . PPDB Offline Jalur Inklusi Sepi Peminat   |   15:00 . Dua Desa Dipastikan Tak Bisa Ikut Pilkades Serentak   |   14:00 . Oktober 2019, Refita Diberangkatkan di Kejurnas   |   13:00 . 524 Siswa SMKN2 Resmi Diwisuda, ini Harapan Para Guru   |   12:00 . Kurang Pagu, PPDB Jalur Offline Dibuka Sehari   |   11:00 . Suami Ketua Ansor, Istri Ketua Fatayat Bersaing di Samberan   |   10:00 . Dari 38, Bojonegoro Peringkat 8 Perolehan Medali   |   09:00 . Bisa Daftar dari Rumah, SMAN 4 Bojonegoro Tetap Buka Layanan   |   08:00 . Sempat Melambung Tinggi, Kini Harga Kencur Anjlok   |   07:00 . Manfaat Menatap Mata Bayi   |  
Tue, 18 June 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tuesday, 11 September 2018 07:00

Cegah Penurunan Kemampuan Berpikir dengan Tidur Nyenyak

Cegah Penurunan Kemampuan Berpikir dengan Tidur Nyenyak

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Kita mungkin tak perlu durasi tidur yang lama agar sehat, tapi kita wajib mendapatkan tidur nyenyak.

Pakar kesehatan merekomendasikan agar orang dewasa tidur setidaknya 7 jam setiap malam.

Hal ini semakin keras disuarakan mengingat waktu tidur orang modern saat ini semakin berkurang.

Meski demikian, peneliti Jonathan Charlesworth mengatakan bahwa jumlah tidur yang dibutuhkan tiap orang sangat bervariasi, tergantung pada faktor seperti usia dan jenis kelamin.

"Waktu optimal untuk tidur sebagian besar orang mungkin lebih rendah dari apa yang kita pikirkan," katanya.

Hasil penelitiannya menyimpulkan bahwa yang terpenting bukan waktu yang kita habiskan di atas tempat tidur. Karena bisa saja kita sudah berbaring tapi asyik memainkan gawai.

Manfaat optimal dari tidur bisa kita rasakan jika kita tidur dengan nyenyak sepanjang malam. Berapa durasinya, lagi-lagi ini tergantung pada usia dan jenis kelamin.

Tidur singkat

Charlesworth dan timnya dari Fitbit, produsen gadget perancang aktivitas kebugaran, melakukan penelitian untuk mengetahui berapa waktu tidur yang ideal bagi kesehatan mental.

Mereka memakai data tidur dari alat yang bisa dipakai responden dan membandingkannya dengan skor pengguna di Think Fast, sebuah aplikasi pada jam tangan cerdas produksi Fitbit yang dipakai untuk mengukur ketajaman mental.

Hasilnya ditemukan, orang yang tidur rata-rata lima 5 jam 50 menit hingga enam jam 30 menit per malam memiliki hasil tes yang lebih baik daripada yang tidur lebih sedikit atau lebih banyak.

Durasi tidur tersebut lebih singkat daripada durasi yang disarankan oleh para ahli kesehatan.

Pada responden berusia di atas 40 tahun, ternyata fungsi kemampuan berpikir mereka meningkat 10 persen ketika waktu terjaga berkurang. Dengan kata lain, mereka tidur nyenyak sepanjang malam.

Namun, keuntungan tersebut tidak signifikan pada responden berusia 20-40 tahun.

"Ini menunjukkan jika kita dapat mempertahankan kualitas tidur saat usia semakin bertambah, kita dapat mengurangi penurunan kognitif dalam jumlah yang signifikan," paparnya.

*Sumber: kompas.com

Tag : pendidikan, kesehatan

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 02 June 2019 08:00

    IPNU-IPPNU Temayang Gelar Grand Finas Festival Oklek

    IPNU-IPPNU Temayang Gelar Grand Finas Festival Oklek Mengambil tema "Pelajar Millineal Menjaga Tradisi Budaya Lokal" Pimpinan Anak Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Temayang gelar grand final Festival Oklek Ke-7,...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Friday, 24 May 2019 13:00

    Apprentice Program PEPC 2019

    Akan Ditutup, Pendaftar Beasiswa Diploma Membludak

    Akan Ditutup, Pendaftar Beasiswa Diploma Membludak Beberapa jam lagi menjelang penutupan pendaftaran, jumlah pelamar beasiswa pendidikan diploma guna menjaring Calon Operator Proyek Jambaran-Tiung Biru yang dikelola oleh PT Pertamina EP Cepu (PEPC). Hingga Jumat (25/4/2019) pagi...

    read more