22:00 . Penyerahan Cindera Mata, Buka Milad Serdadu Cinta Bojonegoro   |   21:00 . Sandiaga Uno Janjikan Permudah Lowongan Pekerjaan   |   20:00 . Belum Jelas Tata Caranya, Banyak Guru yang Kebingungan   |   19:00 . KPUK Pastikan 2 Caleg Meninggal Tak Bisa Diganti   |   18:00 . Disambut Spanduk Jokowi, Sandiaga Tetap Santun dan Santai   |   17:00 . Mayat Mengapung di Kabalan, Korban Bunuh Diri Jembatan Glendeng   |   16:00 . Minim Peluang Pasar, Peternak Kelinci Bentuk Asosiasi   |   15:30 . Cawapres Sandiaga Berkunjung ke Bojonegoro   |   15:00 . Beranikah Anggota Dewan Tes Urin Narkoba?   |   14:00 . ´╗┐Meski Otodidak, Seafood Ini Rasanya Bikin Kepincut   |   13:00 . Proktor dan Teknisi UNBK Dapat Pembinaan   |   12:00 . PPPK Pemkab Bojonegoro Diumumkan, Jumlah Formasi 772   |   11:00 . Spanduk Jokowi Sambut Sandiaga Uno di Bojonegoro   |   10:00 . Tak Hanya Pengajuan, Fogging Dilakukan Berdasarkan Indikasi Terjangkit   |   09:00 . Dari Telur Menetas Ekonomi Produktif   |  
Sat, 16 February 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tuesday, 11 September 2018 07:00

Cegah Penurunan Kemampuan Berpikir dengan Tidur Nyenyak

Cegah Penurunan Kemampuan Berpikir dengan Tidur Nyenyak

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Kita mungkin tak perlu durasi tidur yang lama agar sehat, tapi kita wajib mendapatkan tidur nyenyak.

Pakar kesehatan merekomendasikan agar orang dewasa tidur setidaknya 7 jam setiap malam.

Hal ini semakin keras disuarakan mengingat waktu tidur orang modern saat ini semakin berkurang.

Meski demikian, peneliti Jonathan Charlesworth mengatakan bahwa jumlah tidur yang dibutuhkan tiap orang sangat bervariasi, tergantung pada faktor seperti usia dan jenis kelamin.

"Waktu optimal untuk tidur sebagian besar orang mungkin lebih rendah dari apa yang kita pikirkan," katanya.

Hasil penelitiannya menyimpulkan bahwa yang terpenting bukan waktu yang kita habiskan di atas tempat tidur. Karena bisa saja kita sudah berbaring tapi asyik memainkan gawai.

Manfaat optimal dari tidur bisa kita rasakan jika kita tidur dengan nyenyak sepanjang malam. Berapa durasinya, lagi-lagi ini tergantung pada usia dan jenis kelamin.

Tidur singkat

Charlesworth dan timnya dari Fitbit, produsen gadget perancang aktivitas kebugaran, melakukan penelitian untuk mengetahui berapa waktu tidur yang ideal bagi kesehatan mental.

Mereka memakai data tidur dari alat yang bisa dipakai responden dan membandingkannya dengan skor pengguna di Think Fast, sebuah aplikasi pada jam tangan cerdas produksi Fitbit yang dipakai untuk mengukur ketajaman mental.

Hasilnya ditemukan, orang yang tidur rata-rata lima 5 jam 50 menit hingga enam jam 30 menit per malam memiliki hasil tes yang lebih baik daripada yang tidur lebih sedikit atau lebih banyak.

Durasi tidur tersebut lebih singkat daripada durasi yang disarankan oleh para ahli kesehatan.

Pada responden berusia di atas 40 tahun, ternyata fungsi kemampuan berpikir mereka meningkat 10 persen ketika waktu terjaga berkurang. Dengan kata lain, mereka tidur nyenyak sepanjang malam.

Namun, keuntungan tersebut tidak signifikan pada responden berusia 20-40 tahun.

"Ini menunjukkan jika kita dapat mempertahankan kualitas tidur saat usia semakin bertambah, kita dapat mengurangi penurunan kognitif dalam jumlah yang signifikan," paparnya.

*Sumber: kompas.com

Tag : pendidikan, kesehatan

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Wednesday, 24 October 2018 09:00

    LoKer dan Iklan Baris di bB

    Lebih Mudah dan Tepat untuk Promosi

    Lebih Mudah dan Tepat untuk Promosi Untuk mengakomodir permintaan dari masyarakat luas, terutama pembaca setia blokBojonegoro.com, redaksi menyediakan kanal khusus untuk informasi lowongan kerja (LoKer) dan iklan baris....

    read more