16:00 . Musrenbangkab Pemkab Bojonegoro Susun Arah Kebijakan Daerah 20 Tahun ke Depan   |   13:00 . War Takjil Fenomena Toleransi Berdampak Ekonomi Masyarakat   |   07:00 . Rugi 925 Juta, Korban Arisan Bodong Lapor Polisi   |   21:00 . Ada Apa dengan Puasa?   |   18:00 . Persibo Bojonegoro Ditunjuk Tuan Rumah Liga 3 Nasional   |   16:00 . 67 Orang Lolos Verifikasi Administrasi Calon Komisioner KPU Bojonegoro   |   15:00 . Puluhan Korban Arisan Bodong Lapor ke Polres Bojonegoro, Kerugian Capai Rp925 Juta   |   14:00 . Belum Genap 3 Bulan 74 Kasus HIV Jadi Catatan Dinkes   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Buka Posko Aduan Bagi Karyawan Swasta Tak Dapat THR   |   21:00 . EMCL Ajak Media Bikin Konten Kreatif Dukung UMKM Naik Kelas   |   15:00 . Diduga Korsleting Listrik, Empat Rumah dan 1 Ekor Sapi di Bojonegoro Ludes Terbakar   |   13:00 . Kemenag Bojonegoro Bentuk Satgas Khusus Tangani Kasus Pelecehan Seksual   |   20:00 . Kelompok 23 Buka Program AM UNUGIRI di MA Tanwiriyah Baureno   |   19:00 . Musrenbang Perempuan, Anak dan Disabilitas, Ini Harapan PDKB   |   15:00 . Musrenbang, PJ Bupati Harapkan Semua Terlibat dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan   |  
Fri, 29 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Cegah Penurunan Kemampuan Berpikir dengan Tidur Nyenyak

blokbojonegoro.com | Tuesday, 11 September 2018 07:00

Cegah Penurunan Kemampuan Berpikir dengan Tidur Nyenyak

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Kita mungkin tak perlu durasi tidur yang lama agar sehat, tapi kita wajib mendapatkan tidur nyenyak.

Pakar kesehatan merekomendasikan agar orang dewasa tidur setidaknya 7 jam setiap malam.

Hal ini semakin keras disuarakan mengingat waktu tidur orang modern saat ini semakin berkurang.

Meski demikian, peneliti Jonathan Charlesworth mengatakan bahwa jumlah tidur yang dibutuhkan tiap orang sangat bervariasi, tergantung pada faktor seperti usia dan jenis kelamin.

"Waktu optimal untuk tidur sebagian besar orang mungkin lebih rendah dari apa yang kita pikirkan," katanya.

Hasil penelitiannya menyimpulkan bahwa yang terpenting bukan waktu yang kita habiskan di atas tempat tidur. Karena bisa saja kita sudah berbaring tapi asyik memainkan gawai.

Manfaat optimal dari tidur bisa kita rasakan jika kita tidur dengan nyenyak sepanjang malam. Berapa durasinya, lagi-lagi ini tergantung pada usia dan jenis kelamin.

Tidur singkat

Charlesworth dan timnya dari Fitbit, produsen gadget perancang aktivitas kebugaran, melakukan penelitian untuk mengetahui berapa waktu tidur yang ideal bagi kesehatan mental.

Mereka memakai data tidur dari alat yang bisa dipakai responden dan membandingkannya dengan skor pengguna di Think Fast, sebuah aplikasi pada jam tangan cerdas produksi Fitbit yang dipakai untuk mengukur ketajaman mental.

Hasilnya ditemukan, orang yang tidur rata-rata lima 5 jam 50 menit hingga enam jam 30 menit per malam memiliki hasil tes yang lebih baik daripada yang tidur lebih sedikit atau lebih banyak.

Durasi tidur tersebut lebih singkat daripada durasi yang disarankan oleh para ahli kesehatan.

Pada responden berusia di atas 40 tahun, ternyata fungsi kemampuan berpikir mereka meningkat 10 persen ketika waktu terjaga berkurang. Dengan kata lain, mereka tidur nyenyak sepanjang malam.

Namun, keuntungan tersebut tidak signifikan pada responden berusia 20-40 tahun.

"Ini menunjukkan jika kita dapat mempertahankan kualitas tidur saat usia semakin bertambah, kita dapat mengurangi penurunan kognitif dalam jumlah yang signifikan," paparnya.

*Sumber: kompas.com

Tag : pendidikan, kesehatan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat