16:00 . Setiap Bulan, Jumlah Warga Bojonegoro Daftar TKI Bisa Ratusan   |   15:00 . BMG Punya Dua Wartawan Utama   |   14:00 . Ribuan Masyarakat Antusias Saksikan Lomba Drumband di Tejo   |   13:00 . 19 Regu Meriahkan Lomba Drumband di Tejo   |   12:00 . Meriah, Trail Gayam Menantang dan Pacu Adrenalin   |   11:00 . Pemenang Motor Spirit Asian Games ini Gemetar dan Bersyukur   |   10:30 . PPLIPI Bagikan Air Mineral Kepada Pengunjung CFD   |   10:00 . Spirit Asian Games, 10 Ribu Masyarakat Bojonegoro Kompak Goyang Dayung   |   09:00 . Pelaku Seni Harus Punya NIK, ini Gunanya...   |   08:00 . 41 Wartawan Ikut UKW, 3 Dinyatakan Belum Kompeten   |   07:00 . 4 Tips Mencegah Badan Pegal Linu Ketika Bangun Tidur   |   06:00 . Ada Udang di Balik Fitnah   |   20:00 . Besok, Spirit Asian Games 2018 Kembali Digelar di Alun Alun   |   19:00 . Komitmen BMG Jadi Media Prefesional   |   18:00 . 16.468 KPM di Bojonegoro Terima Tuan Rasidi   |  
Sun, 23 September 2018
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tuesday, 11 September 2018 14:00

Kesulitan Air Bersih Terus Bertambah di Bojonegoro

Kesulitan Air Bersih Terus Bertambah di Bojonegoro

Reporter : Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Wilayah Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, yang terdampak kekeringan maupun krisis air bersih terus bertambah. Bahkan, kekeringan tahun ini melewati pemetaan yang telah dilakukan. Padahal, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bojonegoro telah memetakan sebanyak 26 desa dari 10 kecamatan.

"Kekeringan pada 2018 ini meluas menjadi 27 Desa dari 12 Kecamatan, yaitu Kecamatan Ngraho, Kepohbaru, Tambakrejo, Sugihwaras, Kedungadem, Sukosewu, Purwosari, Sumberrejo, Temayang, Ngambon, Kasiman dan Sekar," terang Pelaksana Tugas (Plt) BPBD Bojonegoro, Nadif Ulfia.

Menurutnya, prediksi tersebut muncul berdasarkan hasil pemetaan terhadap wilayah yang mengalami kekeringan maupun krisis air bersih saat terjadi kemarau panjang pada tahun tahun sebelumnya. Sementara pada tahun 2017, kata dia, berdasarkan data telah tercatat sebanyak 26 desa di sepuluh kecanatan yang mengalami kekeringan maupun krisis air bersih.

Diperkirakan jumlah desa yang mengalami kekeringan maupun krisis air bersih masih akan bertambah karena berdasarkan prakiraan cuaca yang dikeluarkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), musim kemarau berlangsung hingga bulan Oktober.

"Kekeringan kali ini bisa dikatan lebih kering dari tahun 2017 lalu," lanjut Ulfa.

Selain itu, BPBD Kabupaten Bojonegoro juga telah menganggarkan Rp 200 juta untuk antisipasi kekeringan di musim kemarau dan  jumlah alokasi anggaran tersebut cukup untuk penyediaan kebutuhan air bersih.
Pasalnya sejumlah daerah di Bojonegoro merupakan daerah rawan kekeringan.

"200 juta bisa dipakai untuk pengadaan sekitar 500 air tangki bersih dengan menggunakan mobil penyaluran air yang mampu mempuat sampai 6000 liter air," pungkasnya.[din/ito]

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.


You need to sign in or register for this service



Video bB

Redaksi

  • Sunday, 23 September 2018 15:00

    UKW ke-24 PWI Jatim

    BMG Punya Dua Wartawan Utama

    BMG Punya Dua Wartawan Utama Blok Media Group (BMG) yang membawahi blokBojonegoro.com dan blokTuban.com punya dua wartawan dengan kompetensi Utama. Hal itu dipastikan dua perwakilan BMG; Chief Executif Officer (CEO) BMG, Muhammad Abdul Qohhar dan Pemimpin Redaksi blokTuban.com, Sri Wiyono dinyatakan berkompeten dan lulus Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan 24 yang digelar Persatuan Wartawan Indonesia...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Friday, 21 September 2018 21:00

    Meriah, Acara The Power of Public Speaking STAI ATTANWIR

    Meriah, Acara The Power of Public Speaking STAI ATTANWIR Jumat, (21/8/2018) menjadi hari yang istimewa bagi keluarga Kampus STAI ATTANWIR. Hari ini Aula Kampus STAI ATTANWIR tampak mahasiswa ceria mengikuti The Power of Public Speaking dengan Narasumber, Indah Fajrotuz Zahro,M.Psi dengan moderator rekanita Iza Afadha, Duta Pelajar Jawa Timur....

    read more

Tabloid bB