Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Pepohonan Ditebang, Beberapa Titik Kota Terlihat Gersang

blokbojonegoro.com | Tuesday, 11 September 2018 15:00

Pepohonan Ditebang, Beberapa Titik Kota Terlihat  Gersang

Reporter : Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Puluhan pohon di sepanjang Jalan KH. Hasyim Asyari, Jalan Pahlawan dan Jalan Imam Bonjol ditebang. Akibatnya, kawasan yang semula hijau rindang kini terasa gersang. Terlebih, pada saat cuaca panas, banyak pengguna jalan menjadi tidak nyaman.

“Tidak tahu kenapa harus ditebangi seperti itu, padahalkan keberadaannya menjadikan jalan lebih sejuk. Apalagi kalau siang hari lagi panas-panasnya,” ucap Hermanto (35), salah seorang pengendara motor yang sedang berhenti.

Pengerjaan penebangan pohon tersebut, sebelumnya dilakukan petugas dengan menggunakan gergaji mesin. Dampak penebangan pohon itu, memang selain membuat kawasan sedikit gersang juga mengakibatkan terik matahari langsung terasa mengenai tubuh.

"Biasanya selain dipakai untuk tempat berhenti warga, sebelumnya juga dipakai untuk pedagang untuk menjajakan jualanya, seperti pedagang rujak, pentol maupun pedagang lainya, tetapi sekarang juga mulai tidak ada," lanjut pria yang berada di Jalan Pahlawan ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bojonegoro, Nurul Azizah, mengatakan penebangan puluhan pohon yang ada di sepanjang Kh. Hasyim Asyari, Jalan Pahlawan, Jalan Imam Bonjol maupun beberapa titik lainya memang sengaja dilakulan untuk pertumbuhan pohon agar lebih baik lagi.

Selain itu, pemotongan tersebut juga dilakukan sebagai antisipasi beberapa pohon yang sudah tua ataupun terlalu mengarah kebahu jalan. Sebab, jika tidak dilakukan ditakutkan pada musim penghujan nanti akan menimbulkan resiko lebih besar yaitu memakan korban saat tertiup angin keras.

"Oleh karena itu kita menutup batang pohon setelah dipotong dengan sebuah plastik, agar saat tumbuh bisa lebih bagus lagi," ujar Nurul Azizah.

Ia juga berharap kepada masyarakat agar bisa memaklumi atas pohon yang ditebang dan menjadikan beberapa titik lebih panas. Sehingga pada musim penghujan pepohanan tersebut bakal kembali tumbuh lebih baik lagi dan hal tersebut sudah terbukti dibeberapa pohon yang telah ditebang.

"Di sisi lain juga ketika pohon ditebang saat musim penghujan, tumbuhnya tidak akan maksimal dan menyebabkan kebusukan pada batang pepohonan itu," pungkasnya..[din/ito]

Tag : jalan, bojonegoro, pohon, dlh



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini