17:00 . Persiapan UN, Dinas Pendidikan Masih Validasi Data Siswa   |   16:00 . Rapat DPRD Molor, Wabup: Sudah Biasa   |   15:00 . Wow...! Pemkab Siapkan Rp12 Milyar Untuk Gaji Kenaikan PNS   |   14:00 . Banyak Doorprize, Tandai Lahirnya Pojok Kependudukan di YSM Margoagung   |   13:00 . Peringati Hari Anti Korupsi, Kejari Ajak Anak SMP Lomba Pidato   |   12:00 . Pembangunan Lapangan Terbang Dipastikan Kandas   |   11:00 . Sosialisasi Perda HIV, Masyarakat Harus Ikut Mendukung   |   10:00 . Pemuda di Banjarsari Nekat Gantung Diri   |   08:00 . Jumlah Ponpes di Bojonegoro Terus Meningkat   |   07:00 . 8 Pertanyaan yang Dibenci Pria Ketika Kencan   |   23:00 . Tampilan Jean Sebastian Pukau Penonton   |   20:00 . Peduli Sesama, FKPAI Bantu Air Bersih di Kedungadem   |   19:00 . Nita Artsen dan Jean Sebastian Tampil Memukau   |   18:00 . Kios di Kacangan Terbakar, Kerugian Capai Rp50 Juta   |   17:00 . Wabup Resmikan Nasi Buwohan jadi Makanan Khas Bojonegoro   |  
Wed, 21 November 2018
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tuesday, 11 September 2018 10:00

Ratusan Warga Ikuti Lomba 'Gogo Iwak' di Embung

Ratusan Warga Ikuti Lomba 'Gogo Iwak' di Embung

Reporter: Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Masih dalam rangka memeriahkan Hari Kemerdekaan RI ke-73 dan Hari Jadi Desa Tejo, Kecamatan Kanor, Kabupaten Bojonegoro yang ke-637, turut menyelenggarakan lomba menangkap ikan atau gogo.

Ratusan warga, mulai dari anak-anak, remaja dan orang tua ikut berburu ikan dengan iringan musik di embung Tejo, Selasa (11/9/2018).

Meski embung Bang Boto, sebutan embung Tejo ditebari ikan sebanyak 1000 ekor, ternyata tidak mudah untuk menangkapnya. Apalagi ibu-ibu yang tidak biasa menangkap ikan. Suara tawa, teriakan bercampur sehingga embung yang berada di sawah tersebut sangat meriah.

“Ini baru pertama kali digelar dan insyaAllah tahun depan akan diadakan lagi dan penyelenggaraan akan semakin disempurnakan,” kata Kepala Desa Tejo, M. Qomarudin.

Selain melepaskan 1000 ekor ikan, pihak panitian juga melepasakan 3 ikan lele dengan berat sekitar 3 Kilogram. Sedangkan jika ada salah satu warga yang bisa mendapatkanya otomatis akan menjadi pemenang dengan rincian juara 1, 2 dan 3.

Di sisi lain, dari panitia juga akan mempersiapkan hadiah kepada masyarakat yang mendapat ikan gabus yang paling besar dan mendapatkan ikan yang terbanyak.

"Berarti di sini ada 3 kategori, yaitu maskot ikan lele, maskot ikan gabus dan peserta yang paling banyak mendapatkan ikan," lanjut Qomarudin.

Gogo sendiri merupakan cara dari orang-orang terdahulu untuk mencari dan menangkap ikan di sungai tanpa menggunakan alat apapun atau tangan kosong. Sehingga hal tersebut harus kembali digalakkan dan dikenalkan kepada masyarakat luas untuk selalu menjaga tradisi yang pernah ada.

"Selain itu juga gogo ini juga melatih masyarakat untuk bersikap jujur, sebab di sini tidak boleh menggunakan alat apapun untuk mendapatkan ikan dan hasil dari  peserta tidak boleh dicampur dengan peserta lain," ujarnya kepada blokBojonegoro.com.

Sementara itu, salah seorang peserta Muhammad Budiawan mengatakan, kegiatan gogo iwak (ikan) ini menjadi acara yang paling ditunggu-tunggu dari pada perlombaan lainnya. Karena mencari ikan sendiri adalah kegemarannya dan mengasyikkan jika berbaur dengan masyarakat.

"Kalau persiapan tidak ada, paling cuma berdoa semoga mendapatkan juara, kalau tidak juara, semoga bisa mendapatlan ikan yang banyak sehingga bisa dipakai untuk lauk pauk," tutup pemuda asal Dukuh Nero ini. [din/mu]

Tag : hut, lomba, lomba gogo ikan

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Wednesday, 14 November 2018 14:00

    Pelatihan Menulis Bersama EMCL dan Tempo Institute

    Tulisan Tiga Wartawan Bojonegoro Terbaik

    Tulisan Tiga Wartawan Bojonegoro Terbaik Selama tiga hari, mulai Senin hingga Rabu (12-14/11/2018), awak media dari Kabupaten Bojonegoro, Tuban dan Blora mengikuti pelatihan menulis feature/story telling dan digital marketing di Disaster Oasis, KM 21,5, Sleman,...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Saturday, 10 November 2018 20:00

    MINU Karakter Bojonegoro Gelar Educatif of Leadership

    MINU Karakter Bojonegoro Gelar Educatif of Leadership Hari Sabtu adalah hari libur bagi anak-anak MINU Karakter Bojonegoro. Tetapi tidak untuk Sabtu (10/11/2018) ini. Mengetahui akan pentingnya menjadi pemimpin yang baik sejak dini, diadakanlah Outbond di Maibit, Kecamatan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Wednesday, 24 October 2018 09:00

    LoKer dan Iklan Baris di bB

    Lebih Mudah dan Tepat untuk Promosi

    Lebih Mudah dan Tepat untuk Promosi Untuk mengakomodir permintaan dari masyarakat luas, terutama pembaca setia blokBojonegoro.com, redaksi menyediakan kanal khusus untuk informasi lowongan kerja (LoKer) dan iklan baris....

    read more