11:00 . Camat Balen: Saya Belum Terima Laporan P-APBDes dan SK Panitia   |   10:00 . Warga Pertanyakan Seleksi Perangkat Desa Mulyorejo   |   09:00 . Saat Haji, Diprediksi Suhu Capai 47 Derajat   |   08:00 . Cegah Narkoba, Sosialisasi Wacana Tes Urine Calon Pengantin Dilakukan   |   07:00 . Mengapa Selalu Lapar Menjelang Tidur Malam ? Ini Sebab Paling Berbahaya   |   19:00 . Belasan CJH Bojonegoro Dipastikan Gagal Berangkat ke Tanah Suci   |   18:00 . Jamaah Haji Bojonegoro Bakal Diberangkatkan Mulai 31 Juli   |   17:00 . Puluhan CJH Bojonegoro Termasuk Kelompok Risti   |   16:00 . Jelang Idul Adha, Harga Cabai Merangkak Naik   |   15:00 . Musim Kemarau, Disnakkan Klaim Petani Ikan Sudah Panen   |   14:00 . Laga Kontra Arema Malang United Jadi Uji Coba Terakhir Persibo   |   13:00 . DPD AGPAII Bojonegoro Resmi Dikukuhkan   |   12:00 . Perkuat Pengembangan Operasional Kilang Nasional, Pertamina Gandeng 5 PTN   |   11:00 . Penetapan Caleg Tepilih, KPU Hanya Diberi Waktu Lima Hari   |   10:00 . Ratusan Guru PAI se-Bojonegoro Ikuti Pembinaan dan Halal Bihalal   |  
Sun, 21 July 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tuesday, 11 September 2018 10:00

Ratusan Warga Ikuti Lomba 'Gogo Iwak' di Embung

Ratusan Warga Ikuti Lomba 'Gogo Iwak' di Embung

Reporter: Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Masih dalam rangka memeriahkan Hari Kemerdekaan RI ke-73 dan Hari Jadi Desa Tejo, Kecamatan Kanor, Kabupaten Bojonegoro yang ke-637, turut menyelenggarakan lomba menangkap ikan atau gogo.

Ratusan warga, mulai dari anak-anak, remaja dan orang tua ikut berburu ikan dengan iringan musik di embung Tejo, Selasa (11/9/2018).

Meski embung Bang Boto, sebutan embung Tejo ditebari ikan sebanyak 1000 ekor, ternyata tidak mudah untuk menangkapnya. Apalagi ibu-ibu yang tidak biasa menangkap ikan. Suara tawa, teriakan bercampur sehingga embung yang berada di sawah tersebut sangat meriah.

“Ini baru pertama kali digelar dan insyaAllah tahun depan akan diadakan lagi dan penyelenggaraan akan semakin disempurnakan,” kata Kepala Desa Tejo, M. Qomarudin.

Selain melepaskan 1000 ekor ikan, pihak panitian juga melepasakan 3 ikan lele dengan berat sekitar 3 Kilogram. Sedangkan jika ada salah satu warga yang bisa mendapatkanya otomatis akan menjadi pemenang dengan rincian juara 1, 2 dan 3.

Di sisi lain, dari panitia juga akan mempersiapkan hadiah kepada masyarakat yang mendapat ikan gabus yang paling besar dan mendapatkan ikan yang terbanyak.

"Berarti di sini ada 3 kategori, yaitu maskot ikan lele, maskot ikan gabus dan peserta yang paling banyak mendapatkan ikan," lanjut Qomarudin.

Gogo sendiri merupakan cara dari orang-orang terdahulu untuk mencari dan menangkap ikan di sungai tanpa menggunakan alat apapun atau tangan kosong. Sehingga hal tersebut harus kembali digalakkan dan dikenalkan kepada masyarakat luas untuk selalu menjaga tradisi yang pernah ada.

"Selain itu juga gogo ini juga melatih masyarakat untuk bersikap jujur, sebab di sini tidak boleh menggunakan alat apapun untuk mendapatkan ikan dan hasil dari  peserta tidak boleh dicampur dengan peserta lain," ujarnya kepada blokBojonegoro.com.

Sementara itu, salah seorang peserta Muhammad Budiawan mengatakan, kegiatan gogo iwak (ikan) ini menjadi acara yang paling ditunggu-tunggu dari pada perlombaan lainnya. Karena mencari ikan sendiri adalah kegemarannya dan mengasyikkan jika berbaur dengan masyarakat.

"Kalau persiapan tidak ada, paling cuma berdoa semoga mendapatkan juara, kalau tidak juara, semoga bisa mendapatlan ikan yang banyak sehingga bisa dipakai untuk lauk pauk," tutup pemuda asal Dukuh Nero ini. [din/mu]

Tag : hut, lomba, lomba gogo ikan

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Wednesday, 17 July 2019 22:00

    KKM MI Kapas Gelar Bimtek K13 Revisi Tahun 2018

    KKM MI Kapas Gelar Bimtek K13 Revisi Tahun 2018 Kelompok Kerja Madrasah (KKM) MI Kecamatan Kapas melaksanakan Bimbingan Teknis K13 Revisi Tahun 2018 yang akan berlangsung selama 4 hari dari tanggal 17 hingga 20 Juli 2019. Kegiatan ini berlangsung...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat