13:00 . Sambut Hari Kartini Pemkab Bojonegroro Gelar Lomba Masak Nasi Goreng   |   11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |  
Sat, 20 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Mantab..! Kelas Komunikasi untuk Kader Gayam

blokbojonegoro.com | Wednesday, 12 September 2018 11:00

Mantab..! Kelas Komunikasi untuk Kader Gayam

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com – Untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi kader kesehatan di tingkat desa, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) yang bekerjasama dengan STIKes ICsada Bojonegoro menggelar kelas komunikasi di Pusat Informasi Kesehatan (PIK), Desa Mojodelik Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur pada Rabu (12/9/2018).

Puluhan kader dari Desa Mojodelik, Gayam, Bonorejo, dan Brabowan, Kecamatan Gayam itu dilatih kemampuan komunikasi efektif. Bagaimana mengemas pesan dan metode penyampaian pesan yang efektif.

“Kegiatan ini dibagi dua tahap, dengan masing-masing kelompok untuk dua desa. Tiap desa diwakili minimal 10 kader,” kata koordinator kagiatan dari Kampus Ungu, STIKes ICsada Bojonegoro, Yusuf.

Hari ini tahap pertama untuk peserta dari Desa Gayam dan Mojodelik resmi dibuka. Kelas pertama ini diisi oleh Muhammad Abdul Qohhar, CEO blokMedia Group yang menaungi blokBojonegoro.com dan blokTuban.com. Praktisi media lulusan Magister Komunikasi UNITOMO Surabaya ini menyampaikan teknik komunikasi dan komunikasi publik (public speaking).

Sedangkan materi pesan kesehatan disampaikan oleh dosen D3 Kebidanan STIKes ICsada Bojonegoro, Andin Ajeng. Bersama kedua pembicara ini peserta diberi pemahaman konsep dan diajari prakteknya.

“Tujuannya agar peserta memahami konsep dan mampu menerapkan kemampuan komunikasi ini dengan baik dalam kehidupan sehari-hari,” imbuh Yusuf.

Sementara itu perwakilan EMCL, Ichwan Arifin memberikan apresiasi atas diselenggarakannya kelas komunikasi ini. Sebab, menurutnya keahlian komunikasi akan sangat menunjang keseharian kader yang aktivitasnya dekat dengan masyarakat. Jika komunikasi bertambah bagus, maka ke depan akan semakin bisa lebih tepat saat mengedukasi warga.

“Agar bisa berkomunikasi dengan baik, maka dibutuhkan materi pesan yang baik pula. Karena, pemahaman yang baik mengenai materi, bisa menambah rasa percaya diri kader,” jelasnya.

Terpisah, Ketua Yayasan Dharma Cendekia yang membawahi STIKes ICsada, Nurul Jariyatin menambahkan, kelas komunikasi merupakan kebutuhan kader. Dia mengisahkan bahwa sebelumnya pernah melakukan kegiatan yang sama di Desa Gayam atas permintaan Ibu Kepala Desa.

“Akhirnya kelas komunikasi ini kita perluas di empat desa, agar program di masyarakat lebih efektif,” pungkasnya.

Setelah kelas komunikasi pertama ini, akan ada pertemuan lanjutan untuk praktik komunikasi publik. Kelompok peserta tahap satu ada kader dari Gayam dan Mojodelik, setelah itu baru Bonorejo dan Gayam. [ito/mu]

Tag : Kelas, komunikasi, stikes, icsada, gayam, Bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat