22:00 . Penyerahan Cindera Mata, Buka Milad Serdadu Cinta Bojonegoro   |   21:00 . Sandiaga Uno Janjikan Permudah Lowongan Pekerjaan   |   20:00 . Belum Jelas Tata Caranya, Banyak Guru yang Kebingungan   |   19:00 . KPUK Pastikan 2 Caleg Meninggal Tak Bisa Diganti   |   18:00 . Disambut Spanduk Jokowi, Sandiaga Tetap Santun dan Santai   |   17:00 . Mayat Mengapung di Kabalan, Korban Bunuh Diri Jembatan Glendeng   |   16:00 . Minim Peluang Pasar, Peternak Kelinci Bentuk Asosiasi   |   15:30 . Cawapres Sandiaga Berkunjung ke Bojonegoro   |   15:00 . Beranikah Anggota Dewan Tes Urin Narkoba?   |   14:00 . ´╗┐Meski Otodidak, Seafood Ini Rasanya Bikin Kepincut   |   13:00 . Proktor dan Teknisi UNBK Dapat Pembinaan   |   12:00 . PPPK Pemkab Bojonegoro Diumumkan, Jumlah Formasi 772   |   11:00 . Spanduk Jokowi Sambut Sandiaga Uno di Bojonegoro   |   10:00 . Tak Hanya Pengajuan, Fogging Dilakukan Berdasarkan Indikasi Terjangkit   |   09:00 . Dari Telur Menetas Ekonomi Produktif   |  
Sat, 16 February 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Wednesday, 12 September 2018 11:00

Mantab..! Kelas Komunikasi untuk Kader Gayam

Mantab..! Kelas Komunikasi untuk Kader Gayam

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com – Untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi kader kesehatan di tingkat desa, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) yang bekerjasama dengan STIKes ICsada Bojonegoro menggelar kelas komunikasi di Pusat Informasi Kesehatan (PIK), Desa Mojodelik Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur pada Rabu (12/9/2018).

Puluhan kader dari Desa Mojodelik, Gayam, Bonorejo, dan Brabowan, Kecamatan Gayam itu dilatih kemampuan komunikasi efektif. Bagaimana mengemas pesan dan metode penyampaian pesan yang efektif.

“Kegiatan ini dibagi dua tahap, dengan masing-masing kelompok untuk dua desa. Tiap desa diwakili minimal 10 kader,” kata koordinator kagiatan dari Kampus Ungu, STIKes ICsada Bojonegoro, Yusuf.

Hari ini tahap pertama untuk peserta dari Desa Gayam dan Mojodelik resmi dibuka. Kelas pertama ini diisi oleh Muhammad Abdul Qohhar, CEO blokMedia Group yang menaungi blokBojonegoro.com dan blokTuban.com. Praktisi media lulusan Magister Komunikasi UNITOMO Surabaya ini menyampaikan teknik komunikasi dan komunikasi publik (public speaking).

Sedangkan materi pesan kesehatan disampaikan oleh dosen D3 Kebidanan STIKes ICsada Bojonegoro, Andin Ajeng. Bersama kedua pembicara ini peserta diberi pemahaman konsep dan diajari prakteknya.

“Tujuannya agar peserta memahami konsep dan mampu menerapkan kemampuan komunikasi ini dengan baik dalam kehidupan sehari-hari,” imbuh Yusuf.

Sementara itu perwakilan EMCL, Ichwan Arifin memberikan apresiasi atas diselenggarakannya kelas komunikasi ini. Sebab, menurutnya keahlian komunikasi akan sangat menunjang keseharian kader yang aktivitasnya dekat dengan masyarakat. Jika komunikasi bertambah bagus, maka ke depan akan semakin bisa lebih tepat saat mengedukasi warga.

“Agar bisa berkomunikasi dengan baik, maka dibutuhkan materi pesan yang baik pula. Karena, pemahaman yang baik mengenai materi, bisa menambah rasa percaya diri kader,” jelasnya.

Terpisah, Ketua Yayasan Dharma Cendekia yang membawahi STIKes ICsada, Nurul Jariyatin menambahkan, kelas komunikasi merupakan kebutuhan kader. Dia mengisahkan bahwa sebelumnya pernah melakukan kegiatan yang sama di Desa Gayam atas permintaan Ibu Kepala Desa.

“Akhirnya kelas komunikasi ini kita perluas di empat desa, agar program di masyarakat lebih efektif,” pungkasnya.

Setelah kelas komunikasi pertama ini, akan ada pertemuan lanjutan untuk praktik komunikasi publik. Kelompok peserta tahap satu ada kader dari Gayam dan Mojodelik, setelah itu baru Bonorejo dan Gayam. [ito/mu]

Tag : Kelas, komunikasi, stikes, icsada, gayam, Bojonegoro

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Wednesday, 24 October 2018 09:00

    LoKer dan Iklan Baris di bB

    Lebih Mudah dan Tepat untuk Promosi

    Lebih Mudah dan Tepat untuk Promosi Untuk mengakomodir permintaan dari masyarakat luas, terutama pembaca setia blokBojonegoro.com, redaksi menyediakan kanal khusus untuk informasi lowongan kerja (LoKer) dan iklan baris....

    read more