07:00 . Doa-doa dari Al-Quran untuk Dibaca Suami Istri Selama Masa Kehamilan   |   19:00 . Tinggal Hitungan Hari, Porprov Jatim Segera Bergulir   |   18:00 . Kuota Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua Terpenuhi   |   17:00 . Pagu Siswa SMA Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua Terpenuhi   |   16:00 . PPDB Offline Jalur Inklusi Sepi Peminat   |   15:00 . Dua Desa Dipastikan Tak Bisa Ikut Pilkades Serentak   |   14:00 . Oktober 2019, Refita Diberangkatkan di Kejurnas   |   13:00 . 524 Siswa SMKN2 Resmi Diwisuda, ini Harapan Para Guru   |   12:00 . Kurang Pagu, PPDB Jalur Offline Dibuka Sehari   |   11:00 . Suami Ketua Ansor, Istri Ketua Fatayat Bersaing di Samberan   |   10:00 . Dari 38, Bojonegoro Peringkat 8 Perolehan Medali   |   09:00 . Bisa Daftar dari Rumah, SMAN 4 Bojonegoro Tetap Buka Layanan   |   08:00 . Sempat Melambung Tinggi, Kini Harga Kencur Anjlok   |   07:00 . Manfaat Menatap Mata Bayi   |   22:00 . Wabup Berharap Santri Bojonegoro Terus Berprestasi   |  
Tue, 18 June 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Wednesday, 12 September 2018 11:00

Mantab..! Kelas Komunikasi untuk Kader Gayam

Mantab..! Kelas Komunikasi untuk Kader Gayam

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com – Untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi kader kesehatan di tingkat desa, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) yang bekerjasama dengan STIKes ICsada Bojonegoro menggelar kelas komunikasi di Pusat Informasi Kesehatan (PIK), Desa Mojodelik Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur pada Rabu (12/9/2018).

Puluhan kader dari Desa Mojodelik, Gayam, Bonorejo, dan Brabowan, Kecamatan Gayam itu dilatih kemampuan komunikasi efektif. Bagaimana mengemas pesan dan metode penyampaian pesan yang efektif.

“Kegiatan ini dibagi dua tahap, dengan masing-masing kelompok untuk dua desa. Tiap desa diwakili minimal 10 kader,” kata koordinator kagiatan dari Kampus Ungu, STIKes ICsada Bojonegoro, Yusuf.

Hari ini tahap pertama untuk peserta dari Desa Gayam dan Mojodelik resmi dibuka. Kelas pertama ini diisi oleh Muhammad Abdul Qohhar, CEO blokMedia Group yang menaungi blokBojonegoro.com dan blokTuban.com. Praktisi media lulusan Magister Komunikasi UNITOMO Surabaya ini menyampaikan teknik komunikasi dan komunikasi publik (public speaking).

Sedangkan materi pesan kesehatan disampaikan oleh dosen D3 Kebidanan STIKes ICsada Bojonegoro, Andin Ajeng. Bersama kedua pembicara ini peserta diberi pemahaman konsep dan diajari prakteknya.

“Tujuannya agar peserta memahami konsep dan mampu menerapkan kemampuan komunikasi ini dengan baik dalam kehidupan sehari-hari,” imbuh Yusuf.

Sementara itu perwakilan EMCL, Ichwan Arifin memberikan apresiasi atas diselenggarakannya kelas komunikasi ini. Sebab, menurutnya keahlian komunikasi akan sangat menunjang keseharian kader yang aktivitasnya dekat dengan masyarakat. Jika komunikasi bertambah bagus, maka ke depan akan semakin bisa lebih tepat saat mengedukasi warga.

“Agar bisa berkomunikasi dengan baik, maka dibutuhkan materi pesan yang baik pula. Karena, pemahaman yang baik mengenai materi, bisa menambah rasa percaya diri kader,” jelasnya.

Terpisah, Ketua Yayasan Dharma Cendekia yang membawahi STIKes ICsada, Nurul Jariyatin menambahkan, kelas komunikasi merupakan kebutuhan kader. Dia mengisahkan bahwa sebelumnya pernah melakukan kegiatan yang sama di Desa Gayam atas permintaan Ibu Kepala Desa.

“Akhirnya kelas komunikasi ini kita perluas di empat desa, agar program di masyarakat lebih efektif,” pungkasnya.

Setelah kelas komunikasi pertama ini, akan ada pertemuan lanjutan untuk praktik komunikasi publik. Kelompok peserta tahap satu ada kader dari Gayam dan Mojodelik, setelah itu baru Bonorejo dan Gayam. [ito/mu]

Tag : Kelas, komunikasi, stikes, icsada, gayam, Bojonegoro

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 02 June 2019 08:00

    IPNU-IPPNU Temayang Gelar Grand Finas Festival Oklek

    IPNU-IPPNU Temayang Gelar Grand Finas Festival Oklek Mengambil tema "Pelajar Millineal Menjaga Tradisi Budaya Lokal" Pimpinan Anak Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Temayang gelar grand final Festival Oklek Ke-7,...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Friday, 24 May 2019 13:00

    Apprentice Program PEPC 2019

    Akan Ditutup, Pendaftar Beasiswa Diploma Membludak

    Akan Ditutup, Pendaftar Beasiswa Diploma Membludak Beberapa jam lagi menjelang penutupan pendaftaran, jumlah pelamar beasiswa pendidikan diploma guna menjaring Calon Operator Proyek Jambaran-Tiung Biru yang dikelola oleh PT Pertamina EP Cepu (PEPC). Hingga Jumat (25/4/2019) pagi...

    read more