14:00 . Model Baru Buku Nikah Tunggu dari Kementrian Pusat   |   13:00 . SDN MT Ikuti Lomba Budaya Mutu   |   12:00 . Musim Hujan, 50 Embung Bakal Ditabur Benih Ikan Tawes dan Nila   |   11:00 . Dugaan Pungutan di SMAN 1 Bojonegoro, ini Kata Kepala Cabdindik   |   10:00 . Staf Ahli Bidang Pendidikan APKASI Kunjungi Bojonegoro   |   09:00 . Gebyar Si Joni Heroik, Senyap untuk Krisna   |   08:00 . Lebih Dekat dengan SKD saat Tes CPNS, Intip Yuk!   |   07:00 . 5 Adegan Sinetron yang Bertentangan dengan Logika dan Kenyataan   |   22:00 . UNUGIRI Kalahkan UNHASY 6-1 di Liga Futsal Mahasiswa   |   21:00 . Pengenalan Jurusan, Himagri Unigoro Gelar Makrab   |   20:30 . Haddad Alwi Sihir Masyarakat Bojonegoro dengan Lagu Religinya   |   20:00 . SMK Diharap Jadi Sekolah Berbasis Akademis dan Produksi   |   19:30 . Sempat Diguyur Hujan, Ratusan Masyarakat Padati Peringatan HSN   |   18:00 . 9 Kota di Jatim, Ikuti Pelatihan Lukis Kain di Bojonegoro   |   17:00 . Memprihatinkan, 71 Desa Ini Alami Kekeringan   |  
Tue, 23 October 2018
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Saturday, 15 September 2018 09:00

Ingin Dapat Beasiswa Pemkab, Ini Syarat dan Triknya

Ingin Dapat Beasiswa Pemkab, Ini Syarat dan Triknya

Reporter: Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro setiap tahun memberikan beasiswa kurang mampu kepada mahasiswa yang berasal dari Bojonegoro. Beasiswa itu difokuskan untuk mahasiswa tingkat akhir atau untuk semester 7 sampai semester 8, yang bisa digunakanan untuk pembiayaan ujian skripsi.

Dari beasiswa tersebut, setiap mahasiswa akan mendapatkan uang Rp2 juta dengan persyaratan pengajuan kepada Pemkab disertai Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari Desa, KHS semester, Surat Keterangan Aktif Kuliah, Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) dan minimal harus memiliki IPK 3.00.

"Itu persyaratan pertama yang harus dilengkapi saat ingin mengajukan Beasiswa Kurang mampu di Pemkab," ujar Kasubag pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bojonegoro, Muhammad Fadholi.

Untuk kuota sendiri, Fadholi menjelaskan, setiap tahunya Pemkab menyediakan 400 kuota beasiswa. Bahkan kuota tersebut biasanya sampai penuh dan mahasiswa yang mengajukan harus rela mengantre, khususnya bagi mahasiswa semester dibawah 7, lantaran lebih diutamakan bagi mahasiswa yang akan menempuh ujian skripsi.

"Kalau yang untuk yang mengajukan beasiswa, antara mahasiswa yang kuliah di Bojonegoro dan luar Bojonegoro itu sama banyak, tetapi harus melalui seleksi terlebih dahulu," ugkap Pria asal Desa Simo, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban ini.

Selain berasal dari kalangan kurang mampu dengan identifikasi penghasilan orang tua di bawah 3 juta, mahasiswa tersebut juga tidak dalam mendapatkan beasiswa lain. Sehingga, jika ada mahasiswa yang sudah mendapatkan beasiswa maka otomatis langsung akan gugur dan akan diberikan kepada mahasiswa lainya.

"Untuk anak PNS tidak bisa mendapatkan, sedangkan bagi anak perangkat desa masih ada harapan mendapatkan, tetapi dengan syarakat daerahnya berada di tempat yang gersang, seperti Bojonegoro barat ataupun Bojonegoro selatan," imbuhnya kepada blokBojonegoro.com.

Ia juga berpesan, untuk mahasiswa yang ingin mengajukan beasiswa Pemkab lebih bagusnya saat semester 3 ataupun 4. Sebab, uang tersebut akan turun saat mereka semester 6 ataupun 7, sehingga pas digunakan untuk pembiayaan skripsi.

"Untuk kuota penerima beasiswa tahun 2019 sudah kita ajukan pada bulan Juli kemarin, sehingga bagi yang semester tua yang baru akan mengajukan harus menunggu pada tahun 2020 mendatang," pungkasnya.[din/lis]

Tag : beasiswa, pemkab

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Sunday, 14 October 2018 11:30

    3th blokTuban.com dan HJT ke-725

    AMSI Jatim Ajak Masyarakat Lebih Cerdas Konsumsi Berita

    AMSI Jatim Ajak Masyarakat Lebih Cerdas Konsumsi Berita Dalam kesempatannya menghadiri agenda Gowes 3 tahun blokTuban.com berkarya di Bumi Wali yang dibalut nuansa semarak menyambut Hari Jadi Tuban (HJT) ke-725, Ketua Asosiasi Media Siber Indonesia Wilayah Jawa Timur...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 22 October 2018 21:00

    Pengenalan Jurusan, Himagri Unigoro Gelar Makrab

    Pengenalan Jurusan, Himagri Unigoro Gelar Makrab Sebagai bagian pengenalan jurusan serta menjalin keakraban sesama mahasiswa, Himpunan Mahasiswa Agribisnis (Himagri) Universitas Bojonegoro (Unigoro) menggelar malam keakraban. Acara yang dilaksanakan selama dua hari mulai tanggal 21 Oktober hingga...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat