15:00 . Jajanan Khas Kampung Ini Tembus Pasaran Luar Kota   |   13:00 . H-10 Pengerjaan dan Material Proyek Jalan Nasional Sudah Bersih   |   12:00 . Kapolres Cek Jalan Nasional Jelang Arus Mudik Lebaran   |   11:00 . Pengamanan Hasil Pemilu, 400 Aparat Gabungan Disiapkan   |   10:00 . Puasa Ramadan, Peserta Upacara Harkitnas Mengeluh Pusing Dan Mual   |   08:00 . Tes Wawancara, Tentukan 10 Nama Calon KPU   |   07:00 . Tips Mengurangi Bau Mulut di Saat Puasa   |   22:00 . Antisipasi Aksi 22 Mei, Polres Bojonegoro Siaga di Stasiun   |   21:00 . Gandeng Pemuda NU, Ahbabul Musthofa Tebar Ta'jil di Kedungadem   |   20:00 . PC IPNU IPPNU Bojonegoro Ngaos Administrasi   |   19:30 . Baksos Ramadan dan Parenting Connection JCI Bojonegoro   |   19:00 . Viking Bojonegoro Bagi Takjil dan Santunan Anak Yatim   |   18:30 . Bersama Komunitas Offroad, Kapolres Bojonegoro Bagi Takjil   |   18:00 . Bedah Keorganisasian, Tingkatkan Keterampilan Kader Jalankan SOP   |   17:00 . Pentingnya Pendidikan Agama untuk Anak   |  
Mon, 20 May 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Saturday, 15 September 2018 09:00

Ingin Dapat Beasiswa Pemkab, Ini Syarat dan Triknya

Ingin Dapat Beasiswa Pemkab, Ini Syarat dan Triknya

Reporter: Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro setiap tahun memberikan beasiswa kurang mampu kepada mahasiswa yang berasal dari Bojonegoro. Beasiswa itu difokuskan untuk mahasiswa tingkat akhir atau untuk semester 7 sampai semester 8, yang bisa digunakanan untuk pembiayaan ujian skripsi.

Dari beasiswa tersebut, setiap mahasiswa akan mendapatkan uang Rp2 juta dengan persyaratan pengajuan kepada Pemkab disertai Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari Desa, KHS semester, Surat Keterangan Aktif Kuliah, Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) dan minimal harus memiliki IPK 3.00.

"Itu persyaratan pertama yang harus dilengkapi saat ingin mengajukan Beasiswa Kurang mampu di Pemkab," ujar Kasubag pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bojonegoro, Muhammad Fadholi.

Untuk kuota sendiri, Fadholi menjelaskan, setiap tahunya Pemkab menyediakan 400 kuota beasiswa. Bahkan kuota tersebut biasanya sampai penuh dan mahasiswa yang mengajukan harus rela mengantre, khususnya bagi mahasiswa semester dibawah 7, lantaran lebih diutamakan bagi mahasiswa yang akan menempuh ujian skripsi.

"Kalau yang untuk yang mengajukan beasiswa, antara mahasiswa yang kuliah di Bojonegoro dan luar Bojonegoro itu sama banyak, tetapi harus melalui seleksi terlebih dahulu," ugkap Pria asal Desa Simo, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban ini.

Selain berasal dari kalangan kurang mampu dengan identifikasi penghasilan orang tua di bawah 3 juta, mahasiswa tersebut juga tidak dalam mendapatkan beasiswa lain. Sehingga, jika ada mahasiswa yang sudah mendapatkan beasiswa maka otomatis langsung akan gugur dan akan diberikan kepada mahasiswa lainya.

"Untuk anak PNS tidak bisa mendapatkan, sedangkan bagi anak perangkat desa masih ada harapan mendapatkan, tetapi dengan syarakat daerahnya berada di tempat yang gersang, seperti Bojonegoro barat ataupun Bojonegoro selatan," imbuhnya kepada blokBojonegoro.com.

Ia juga berpesan, untuk mahasiswa yang ingin mengajukan beasiswa Pemkab lebih bagusnya saat semester 3 ataupun 4. Sebab, uang tersebut akan turun saat mereka semester 6 ataupun 7, sehingga pas digunakan untuk pembiayaan skripsi.

"Untuk kuota penerima beasiswa tahun 2019 sudah kita ajukan pada bulan Juli kemarin, sehingga bagi yang semester tua yang baru akan mengajukan harus menunggu pada tahun 2020 mendatang," pungkasnya.[din/lis]

Tag : beasiswa, pemkab

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat