21:00 . Pekerja Proyek Gas JTB Ikuti Upacara Bendera   |   20:00 . Wow....! Tari Thengul Tampil di Istana Negara   |   19:00 . Unik, Warga Klangon Dirikan Gapura Bentuk Garuda Raksasa   |   18:00 . Warga Tulungagung Kibarkan Bendera Rakasasa di Tepi Bengawan Solo   |   17:00 . Totalitas Tari Thengul dan Gemuruh Penonton   |   16:00 . Tari Thengul Tampil Memukau di Istana Negera   |   15:00 . 210 Napi Tak Dapat Remisi   |   14:00 . Napi Dapat Remisi HUT Kemerdekaan RI, 4 Orang Bebas   |   13:00 . Banom NU Banjarejo Bagikan Wakaf 1.000 Masker   |   12:30 . Momen Agustusan, Mansabo Kembangkan Potensi Siswa Melalui Lomba   |   12:00 . Banyak Peserta Upacara HUT RI di Alun-alun Bojonegoro Pusing   |   11:00 . Refleksi Hari Kemerdekaan, SLB Putra Harapan Bagi Bendera   |   10:00 . Khidmat, EMCL dan SKK Migas Upacara Hari Kemerdekaan RI di Lapangan Banyu Urip   |   09:00 . Golkar Sepakat Usulkan Mitro'atin Jadi Pimpinan DPRD   |   08:00 . Dua Desa Dipastikan Gagal Gelar Seleksi Perangkat   |  
Sat, 17 August 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Saturday, 15 September 2018 15:00

Ngraseh Deklarasi Diri Sebagai Desa Jajanan Menyok

Ngraseh Deklarasi Diri Sebagai Desa Jajanan Menyok

Reporter: M. Safuan

blokBojonegoro.com - Meski Desa Ngraseh Kecamatan Dander, Bojonegoro bukan sebagai desa penghasil ketela pohon (singkong/menyok,jawa), bukan berarti warganya tidak ingin berkreasi membuat aneka olahan makanan berbahan dasar menyok.

Hal itu coba diwujudkan oleh warga dengan menggelar festival 100 olahan makanan berbahan dasar menyok, sehingga menjadi aneka makaan olahan yang lezat dan nikmat.

Selain itu, pihak desa juga mendeklarasikan diri sebagai desa wisata olahan menyok, Sabtu (15/9/2018) siang.

Gelaran festival ini muncul karena banyak olahan makanan dari menyok ini berhasil dibuat oleh warga, oleh karenanya festival ini murni dorongan dari masyarakat.

Kepala Desa Ngraseh, Kozin menyambut baik Festival 100 Olahan menyok, karena berhasil memunculkan banyak variasi makanan berbahan baku menyok. Ia menilai kuliner menyok berpeluang menjadi andalan desanya dalam pengembangan Desa Wisata yang fokus untuk jajanan dan oleh-oleh aneka kuliner menyok.

"Selain itu kegaiatan ini wujud implementasi dari warga setelah beberapa kali mendapatkan pelatihan pengolahan kuliner dari menyok," terang Kozin di sela-sela acara kepada blokBojonegoro.com.

Masih kata Kozin dengan festival ini diharapkan aneka olahan menyok bisa menjadi makanan favorit dan disukai bagi semua kalangan. "Meski bahannya dari menyok bisa menambah nilai jual apabila diolah dengan penuh variasi," katanya.

Pada kesempatan itu, hadir sejumlah tamu undangan seperti Ketua DPRD Bojonegoro, perwakilan Disperinaker, Disdag, Dinas Koperasi dan UMKM, Muspika Dander dan beberapa tamu undangan lain. Pada kegiatan itu juga digelar pameran olahan makanan berbahan dasar menyok serta pengunjung pun dihibur dengan pertunjukkan musik dan lomba cipta kreasi resep.

DPRD Bojonegoro, Sigit Kusharianto mengungkapkan, inisiatif desa wisata ini harus didukung dan perlu diberikan fasilitas agar olahan menyok bisa go publik.

Oleh karenanya diharapkan dinas terkait juga turut membantu mulai dari mencarikan pasar serta terus memberikan pelatihan kepada warga Desa Ngraseh.

"Festival ini juga sebagai agenda tahunan jelang HJB," tambah Sigit.

Di akhir kegiatan, seluruh elemen desa juga turut mendeklarasikan Desa Ngraseh sebagai desa wisata jajanan dan oleh-oleh dari bahan dasar menyok, dengan harapan masyarakat desa setempat bisa meningkatkan ekonominya. [saf/mu]

menyok-3

Tag : menyok, singkong, olahan singkong

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Wednesday, 07 August 2019 15:00

    26 Peserta UKW PWI Jatim Dinyatakan Kompeten

    26 Peserta UKW PWI Jatim Dinyatakan Kompeten Sebanyak 29 wartawan telah bekerja keras melewati Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan ke-27 Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur, yang bekerjasama dengan SKK Migas dan KKKS. Selama dua hari 6-7...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 13 August 2019 08:00

    Teladani Auliya, Jemaah Tahli Ziarah dan Wisata Religi

    Teladani  Auliya, Jemaah Tahli Ziarah dan Wisata Religi Demi memperkuat spiritual keagamaan dan meneladani perjuangan para waliyullah, sekaligus menyambut Kemerdekaan RI-47, jemaah tahlil Dukuh Ngantulan, RT.19/RW.03, Desa Bulu, Kecamatan Balen, mengadakan ziarah ke makam auliya. Selain itu dalam...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat