08:00 . Mahasiswa Cerdas Bermedia Sosial   |   07:00 . 8 Tanda Kamu Terlalu Bergantung dengan Kekasih   |   19:00 . Peringati Hari Peduli Sampah, Bersihkan Sampah Bengawan   |   18:00 . Utamakan Keselamatan Pasien Dengan Standar Akreditasi   |   17:00 . PWI Bojonegoro Selenggarakan Workshop   |   16:00 . Banyak Kendala, Para Peternak Berbagi Pengalaman   |   15:00 . Santunan Kematian, Ahli Waris Harus Memiliki Rekening   |   14:00 . 44S Poultry Berikan Pelatihan Kepada 57 Peternak Ayam   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Bakal Tingkatkan Kemampuan PMKS   |   12:00 . DLH dan Polres Bojonegoro Bersih Sampah di TBS   |   11:00 . Diburu Pembeli, Laju Penjualan Laptop-Komputer Meningkat   |   10:00 . Tanya Kejejelasan Nasib Persibo, Suporter akan Turun Jalan   |   09:00 . Jelang UNBK, Laptop Baru dan Bekas Masih Diburu   |   08:00 . Ini Alasan Pupuk Organik Lebih Disarankan Dibanding Kimia   |   07:00 . Awas, Jangan Biarkan Batuk Berkepanjangan   |  
Thu, 21 February 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Saturday, 15 September 2018 15:00

Ngraseh Deklarasi Diri Sebagai Desa Jajanan Menyok

Ngraseh Deklarasi Diri Sebagai Desa Jajanan Menyok

Reporter: M. Safuan

blokBojonegoro.com - Meski Desa Ngraseh Kecamatan Dander, Bojonegoro bukan sebagai desa penghasil ketela pohon (singkong/menyok,jawa), bukan berarti warganya tidak ingin berkreasi membuat aneka olahan makanan berbahan dasar menyok.

Hal itu coba diwujudkan oleh warga dengan menggelar festival 100 olahan makanan berbahan dasar menyok, sehingga menjadi aneka makaan olahan yang lezat dan nikmat.

Selain itu, pihak desa juga mendeklarasikan diri sebagai desa wisata olahan menyok, Sabtu (15/9/2018) siang.

Gelaran festival ini muncul karena banyak olahan makanan dari menyok ini berhasil dibuat oleh warga, oleh karenanya festival ini murni dorongan dari masyarakat.

Kepala Desa Ngraseh, Kozin menyambut baik Festival 100 Olahan menyok, karena berhasil memunculkan banyak variasi makanan berbahan baku menyok. Ia menilai kuliner menyok berpeluang menjadi andalan desanya dalam pengembangan Desa Wisata yang fokus untuk jajanan dan oleh-oleh aneka kuliner menyok.

"Selain itu kegaiatan ini wujud implementasi dari warga setelah beberapa kali mendapatkan pelatihan pengolahan kuliner dari menyok," terang Kozin di sela-sela acara kepada blokBojonegoro.com.

Masih kata Kozin dengan festival ini diharapkan aneka olahan menyok bisa menjadi makanan favorit dan disukai bagi semua kalangan. "Meski bahannya dari menyok bisa menambah nilai jual apabila diolah dengan penuh variasi," katanya.

Pada kesempatan itu, hadir sejumlah tamu undangan seperti Ketua DPRD Bojonegoro, perwakilan Disperinaker, Disdag, Dinas Koperasi dan UMKM, Muspika Dander dan beberapa tamu undangan lain. Pada kegiatan itu juga digelar pameran olahan makanan berbahan dasar menyok serta pengunjung pun dihibur dengan pertunjukkan musik dan lomba cipta kreasi resep.

DPRD Bojonegoro, Sigit Kusharianto mengungkapkan, inisiatif desa wisata ini harus didukung dan perlu diberikan fasilitas agar olahan menyok bisa go publik.

Oleh karenanya diharapkan dinas terkait juga turut membantu mulai dari mencarikan pasar serta terus memberikan pelatihan kepada warga Desa Ngraseh.

"Festival ini juga sebagai agenda tahunan jelang HJB," tambah Sigit.

Di akhir kegiatan, seluruh elemen desa juga turut mendeklarasikan Desa Ngraseh sebagai desa wisata jajanan dan oleh-oleh dari bahan dasar menyok, dengan harapan masyarakat desa setempat bisa meningkatkan ekonominya. [saf/mu]

menyok-3

Tag : menyok, singkong, olahan singkong

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 18 February 2019 08:00

    Petani Kalitidu Menyemai Refugia

    Petani Kalitidu Menyemai Refugia Mengendalikan OPT padi dengan cara menanam Refugia juga dilakukan petani di Desa Pumpungan Kecamatan Kalitidu, Bojonegoro, Jawa Timur....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Wednesday, 24 October 2018 09:00

    LoKer dan Iklan Baris di bB

    Lebih Mudah dan Tepat untuk Promosi

    Lebih Mudah dan Tepat untuk Promosi Untuk mengakomodir permintaan dari masyarakat luas, terutama pembaca setia blokBojonegoro.com, redaksi menyediakan kanal khusus untuk informasi lowongan kerja (LoKer) dan iklan baris....

    read more