17:00 . Menumbuhkan Partisipasi Pemilu   |   16:00 . Diduga Kelelahan, 4 Penyelenggara Pemilu Meninggal Dunia   |   15:00 . Buka Diklat Dasar KSR, Wakil Rektor 3 Ingin Seluruh Peserta Lolos Bersertifikat   |   14:00 . Diantar Masyarakat, Cakades Margomulyo Mulai Mendaftar   |   13:00 . EMCL Gelar Pemeriksaan Kesehatan dan Pengobatan di Gayam   |   12:00 . Tinggal Satu Desa, Hitung Suara Di PPK Kecamatan Dander   |   11:00 . 34 Peserta, Tunjukkan Kemampuan Berbahasa Inggris dalam Speech Contest   |   10:00 . Diduga Darah Rendah, Pria ini Meninggal Saat Gali Lubang Septic Tank   |   09:00 . Kelola Keuangan Daerah, Pemprov Launching EKD   |   07:00 . 7 Tanda Anda Akan Diterima Kerja Setelah Interview   |   21:00 . Ketua FTBM Harap Pemkab Adakan Festival Hari Membaca   |   20:00 . Masih Lesu, Budaya Literasi di Bojonegoro Harus Digalakkan   |   19:00 . VIRAL..! PENTOL WAYAHE WAYAHE SAAT PEMILU   |   18:00 . Kampung Dekat Kali Brantas ini Menjadi Lebih Indah   |   17:00 . Kembangkan Pertanian Bojonegoro, Hara Gandeng Ponpes   |  
Wed, 24 April 2019
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Saturday, 15 September 2018 15:00

Ngraseh Deklarasi Diri Sebagai Desa Jajanan Menyok

Ngraseh Deklarasi Diri Sebagai Desa Jajanan Menyok

Reporter: M. Safuan

blokBojonegoro.com - Meski Desa Ngraseh Kecamatan Dander, Bojonegoro bukan sebagai desa penghasil ketela pohon (singkong/menyok,jawa), bukan berarti warganya tidak ingin berkreasi membuat aneka olahan makanan berbahan dasar menyok.

Hal itu coba diwujudkan oleh warga dengan menggelar festival 100 olahan makanan berbahan dasar menyok, sehingga menjadi aneka makaan olahan yang lezat dan nikmat.

Selain itu, pihak desa juga mendeklarasikan diri sebagai desa wisata olahan menyok, Sabtu (15/9/2018) siang.

Gelaran festival ini muncul karena banyak olahan makanan dari menyok ini berhasil dibuat oleh warga, oleh karenanya festival ini murni dorongan dari masyarakat.

Kepala Desa Ngraseh, Kozin menyambut baik Festival 100 Olahan menyok, karena berhasil memunculkan banyak variasi makanan berbahan baku menyok. Ia menilai kuliner menyok berpeluang menjadi andalan desanya dalam pengembangan Desa Wisata yang fokus untuk jajanan dan oleh-oleh aneka kuliner menyok.

"Selain itu kegaiatan ini wujud implementasi dari warga setelah beberapa kali mendapatkan pelatihan pengolahan kuliner dari menyok," terang Kozin di sela-sela acara kepada blokBojonegoro.com.

Masih kata Kozin dengan festival ini diharapkan aneka olahan menyok bisa menjadi makanan favorit dan disukai bagi semua kalangan. "Meski bahannya dari menyok bisa menambah nilai jual apabila diolah dengan penuh variasi," katanya.

Pada kesempatan itu, hadir sejumlah tamu undangan seperti Ketua DPRD Bojonegoro, perwakilan Disperinaker, Disdag, Dinas Koperasi dan UMKM, Muspika Dander dan beberapa tamu undangan lain. Pada kegiatan itu juga digelar pameran olahan makanan berbahan dasar menyok serta pengunjung pun dihibur dengan pertunjukkan musik dan lomba cipta kreasi resep.

DPRD Bojonegoro, Sigit Kusharianto mengungkapkan, inisiatif desa wisata ini harus didukung dan perlu diberikan fasilitas agar olahan menyok bisa go publik.

Oleh karenanya diharapkan dinas terkait juga turut membantu mulai dari mencarikan pasar serta terus memberikan pelatihan kepada warga Desa Ngraseh.

"Festival ini juga sebagai agenda tahunan jelang HJB," tambah Sigit.

Di akhir kegiatan, seluruh elemen desa juga turut mendeklarasikan Desa Ngraseh sebagai desa wisata jajanan dan oleh-oleh dari bahan dasar menyok, dengan harapan masyarakat desa setempat bisa meningkatkan ekonominya. [saf/mu]

menyok-3

Tag : menyok, singkong, olahan singkong

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Wednesday, 27 March 2019 21:00

    Petani di Balen Mulai Panen Kelengkeng

    Petani di Balen Mulai Panen Kelengkeng Seorang petani di Desa Kedungdowo, Kecamatan Balen, Abdul Mukarom merasa senang karena pohon Lengkeng yang ia tanam dua tahun yang lalu sekarang ini buahnya sudah bisa dinikmati. Setelah empat pohon...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 16 April 2019 09:00

    Hilang STNK NoPol S-3761-DJ

    Hilang STNK NoPol S-3761-DJ Telah hilang Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK): No.Pol: S-3761-DJ Merk/Type: HONDA Warna: Hitam Tahaun pembuatan: 2012 Nomor Rangka: MH1JB8110CK809201 Nomor Mesin: JB81E1806215 Atas Nama: DASINAH Alamat: Dusun Kawis RT.01/RW.02 Desa Geger Kecamatan Kedungadem, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur....

    read more