14:00 . DPRD: Pemkab Harus Segera Cairkan Dana Hibah   |   13:00 . Puluhan Kasek Datangi DPRD, Ada Apa?   |   12:00 . Mengendalikan 'Cah Bagus'   |   11:00 . Selalu Ramai, Ternyata Ini Keistimewaan Geprek Alu   |   10:00 . Siapkan Mental, 14 Atlet Panahan Tanding di Pati   |   09:00 . Disdik Siapkan Rp756 Juta untuk Guru Daerah Terpencil   |   08:00 . Pohon Akasia di Baureno Mendadak Jadi Spot Foto Menarik   |   07:00 . 5 Cara Menghilangkan "Holiday Blues", Rasa Sedih Saat Liburan   |   22:00 . Kasi Pidsus Baru Komitmen Lanjutkan Kasus Inspektorat   |   21:00 . Bojonegoro Raih Predikat Kepatuhan dari Ombudsman RI   |   20:00 . Bejat Pria Ini Tega Cabuli Wanita di Temayang   |   19:00 . Sinergi Antar Field, Sahabat Pertamina Kunjungi Cepu Field   |   18:00 . Polres Bojonegoro Mendapatkan Status WBK dari Kemenpan RB   |   17:30 . Ada 3 Problem Pendidikan di Wilayah Hutan   |   17:00 . Kasi Pidsus Kejari Bojonegoro Agus Budiarto Diganti, Ini Penggantinya   |  
Tue, 11 December 2018
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Saturday, 15 September 2018 15:00

Ngraseh Deklarasi Diri Sebagai Desa Jajanan Menyok

Ngraseh Deklarasi Diri Sebagai Desa Jajanan Menyok

Reporter: M. Safuan

blokBojonegoro.com - Meski Desa Ngraseh Kecamatan Dander, Bojonegoro bukan sebagai desa penghasil ketela pohon (singkong/menyok,jawa), bukan berarti warganya tidak ingin berkreasi membuat aneka olahan makanan berbahan dasar menyok.

Hal itu coba diwujudkan oleh warga dengan menggelar festival 100 olahan makanan berbahan dasar menyok, sehingga menjadi aneka makaan olahan yang lezat dan nikmat.

Selain itu, pihak desa juga mendeklarasikan diri sebagai desa wisata olahan menyok, Sabtu (15/9/2018) siang.

Gelaran festival ini muncul karena banyak olahan makanan dari menyok ini berhasil dibuat oleh warga, oleh karenanya festival ini murni dorongan dari masyarakat.

Kepala Desa Ngraseh, Kozin menyambut baik Festival 100 Olahan menyok, karena berhasil memunculkan banyak variasi makanan berbahan baku menyok. Ia menilai kuliner menyok berpeluang menjadi andalan desanya dalam pengembangan Desa Wisata yang fokus untuk jajanan dan oleh-oleh aneka kuliner menyok.

"Selain itu kegaiatan ini wujud implementasi dari warga setelah beberapa kali mendapatkan pelatihan pengolahan kuliner dari menyok," terang Kozin di sela-sela acara kepada blokBojonegoro.com.

Masih kata Kozin dengan festival ini diharapkan aneka olahan menyok bisa menjadi makanan favorit dan disukai bagi semua kalangan. "Meski bahannya dari menyok bisa menambah nilai jual apabila diolah dengan penuh variasi," katanya.

Pada kesempatan itu, hadir sejumlah tamu undangan seperti Ketua DPRD Bojonegoro, perwakilan Disperinaker, Disdag, Dinas Koperasi dan UMKM, Muspika Dander dan beberapa tamu undangan lain. Pada kegiatan itu juga digelar pameran olahan makanan berbahan dasar menyok serta pengunjung pun dihibur dengan pertunjukkan musik dan lomba cipta kreasi resep.

DPRD Bojonegoro, Sigit Kusharianto mengungkapkan, inisiatif desa wisata ini harus didukung dan perlu diberikan fasilitas agar olahan menyok bisa go publik.

Oleh karenanya diharapkan dinas terkait juga turut membantu mulai dari mencarikan pasar serta terus memberikan pelatihan kepada warga Desa Ngraseh.

"Festival ini juga sebagai agenda tahunan jelang HJB," tambah Sigit.

Di akhir kegiatan, seluruh elemen desa juga turut mendeklarasikan Desa Ngraseh sebagai desa wisata jajanan dan oleh-oleh dari bahan dasar menyok, dengan harapan masyarakat desa setempat bisa meningkatkan ekonominya. [saf/mu]

menyok-3

Tag : menyok, singkong, olahan singkong

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Wednesday, 05 December 2018 08:00

    BMG Buka Lowongan Reporter bB, Berikut Syaratnya!

    BMG Buka Lowongan Reporter bB, Berikut Syaratnya! erkembangan blokMedia Group (blokBojonegoro media dan blokTuban media) semakin pesat belakangan ini dengan pembaca yang terus meningkat untuk wilayah Bojonegoro dan sekitarnya. Hal itu membuat manajemen melakukan pembenahan, termasuk menambah...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Wednesday, 05 December 2018 21:00

    HMI Bojonegoro Gelar Seminar Anti Hoax

    HMI Bojonegoro Gelar Seminar Anti Hoax Di tengah serbuan informasi di era digital ini, millenials menghadapi tantangan baru dalam memerangi berita hoax. Sebagai populasi yang paling banyak di Indonesia, sudah sepatutnya generasi muda bisa memilah mana...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Wednesday, 24 October 2018 09:00

    LoKer dan Iklan Baris di bB

    Lebih Mudah dan Tepat untuk Promosi

    Lebih Mudah dan Tepat untuk Promosi Untuk mengakomodir permintaan dari masyarakat luas, terutama pembaca setia blokBojonegoro.com, redaksi menyediakan kanal khusus untuk informasi lowongan kerja (LoKer) dan iklan baris....

    read more